OUR NETWORK

Tips Merawat Kuku Kering

Tips Merawat Kuku Kering

Kamu mendambakan kuku panjang yang cantik terawat? Seringkali hal itu nggak berhasil kamu dapatkan karena kamu memiliki kuku yang kering. Kebanyakan orang yang memiliki kuku kering tidak berusaha untuk mencari solusi untuk memperbaikinya tapi mereka mencari solusi untuk menutupinya. Padahal jika dibiarkan, kuku yang kering akan menyebabkan infeksi jamur atau menimbulkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya kuku kering tidak melulu buruk kok kalau kamu tahu cara merawatnya. Coba deh kamu simak beberapa tips merawat kuku kering berikut ini.

1. Usapkan kuku menggunakan minyak zaitun

Jika kamu menginginkan kukumu tumbuh kuat dan halus, kamu bisa banget pakai minyak zaitun secara rutin. Caranya gampang, kamu hanya perlu mengusapkan minyak zaitun secara rutin pada kuku dan kutikulamu. Dengan begitu kuku indah yang kuat dan halus bisa segera kamu dapatkan dengan cara yang mudah.

Baca juga: Tips Mengatasi Rambut Kering dan Kaku

Tips Mengatasi Rambut Kering dan Kaku

2. Hindari pemakaian aseton berlebih

Kamu tahu nggak sih ada banyak orang yang memiliki kuku panjang yang kurang kuat, sehingga kuku yang panjang cenderung rapuh dan kering. Nah jika kamu menemukan kondisi seperti ini pada kukumu, ada baiknya untuk mengurangi penggunaan aseton yang sering digunakan sebagai pembersih kuteks, karena cairan aseton akan membuat kuku semakin rapuh dan semakin kering.

Tips Merawat Kuku Kering
Foto: pexels.com

3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi

Kuku yang rapuh dan kering seringkali menandakan bahwa tubuh kekurangan nutrisi. Untuk itu kamu bisa menambah makanan yang kaya akan nutrisi ke dalam menu harianmu. Dengan banyak mengonsumsi makanan mengandung nutrisi, kuku keringmu perlahan-lahan akan membaik dan akan menguat lagi.

4. Gunakan lotion atau hand cream

Kesehatan kuku juga dipengaruhi oleh keadaan kulit di sekitarnya loh. Jika kulitmu ternyata memiliki permasalahan yang sama dengan kukumu, tak ada salahnya mulai sekarang kamu rutin menggunakan lotion. Selain dapat memberikan kelembapan pada kulitmu, lotion atau hand cream juga bisa membantu melembapkan kuku dan kutikula.

Baca juga: Rekomendasi Hand Cream dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi Hand Cream dengan Harga Terjangkau

5. Bersihkan kuku yang kering

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kukumu, walaupun dalam keadaan yang super kering sekalipun. Justru kuku yang terlalu kering harus mendapatkan perawatan ekstra agar tidak menimbulkan efek lain yang lebih parah. Bersihkan kuku agar tidak menjadi sarang kotoran yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Kalau sudah ada jamur, kukumu akan menjadi tambah rapuh dan butuh perawatan lebih ekstra lagi, Ladies.

6. Melakukan manicure dan pedicure

Sebenarnya tips yang satu ini tidak wajib dilakukan secara rutin. Tapi jika memang sangat diperlukan kamu bisa melakukan manicure dan pedicure sebulan 1 sampai 2 kali. Perawatan ini dapat membantu kuku dan kulit tangan dan kakimu tampak lebih bersih dan sehat. Tapi jika kondisi kukumu sudah benar-benar kering, ada baiknya supaya kamu datang ke tempat salon profesional agar mendapatkan perawatan yang lebih maksimal.

 7. Potong kuku dengan cliper yang tajam

Jangan biarkan kuku kakimu memanjang tak beraturan. Selain akan membuat kesan tak terawat,  kuku kaki yang terlalu panjang akan memudahkan kotoran masuk dan memudahkan kuku keringmu terkena infeksi. Kamu juga harus memperhatikan alat potong kuku yang kamu gunakan, usahakan alat potong tersebut memiliki ketajaman yang maksimal supaya kuku keringmu dengan mudah terpotong tanpa merusak bentuk kukumu.

Nah, cara merawat kuku kering di atas mudah sekali bukan. Walaupun kuku adalah hal yang kecil dan bukan bagian tubuh yang menjadi prioritas, ada baiknya supaya kamu tetap menjaga kesehatan dan keindahan kukumu. Karena membersihkan tubuh itu jangan setengah-setengah, Ladies, harus menyeluruh. Kamu gak mau dong kalau kami dibilang jorok hanya karena kuku yang tak terawat?

Foto cover: Pixabay.com

Comments

Loading...