OUR NETWORK

Tips Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Tips Mengatasi Tumit Pecah-Pecah
Foto: honestdocs.id

Tumit memang bagian dari tubuh yang seringkali terabaikan. Meski bukan area vital pada tubuh kita, tumit juga harus dijaga kesehatannya. Tumit bermasalah pun akan membuat tampilanmu menjadi tidak maksimal. Biasanya masalah yang muncul pada tumit adalah mengeras (kapalan) dan pecah-pecah. Selain mengganggu penampilan, tumit pecah-pecah juga akan mengganggu rasa nyaman karena bisa menimbulkan sensasi perih dan sakit. Efek lain yang mungkin terjadi akibat tumit pecah-pecah ini adalah kemungkinan masuknya bakteri-bakteri jahat lewat sela-sela pecahannya. Duh ngeri juga ya, Ladies?

Baca juga: Tips Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dengan Efektif dan Mudah

Tumit yang keras dan pecah-pecah ini biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit tumit. Kaki yang digunakan untuk berjalan dan menopang berat badan secara terus menerus menyebabkan area kulit di bagian bawahnya menjadi keras (kapalan) dan pada akhirnya pecah-pecah. Ditambah lagi, area kaki memang seringkali terkena bahan kimia seperti sabun dan lain-lain serta jarang mendapat perhatian dan perawatan khusus. Alhasil, kulit di kaki kering dan akhirnya pecah-pecah. 

Tapi, jangan khawatir Ladies! Selalu ada cara untuk mengatasi permasalahanmu, Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah dan mencegahnya terjadi lagi. 

1. Rendam kaki 

Merendam kaki dengan air hangat setelah selesai beraktivitas tidak hanya membantu membuatmu rileks tetapi juga dapat membuat kulit tumitmu yang tebal dapat melembut sedikit demi sedikit. Kamu bisa menambahkan garam di dalam rendaman kakimu. Pastikan garamnya mengandung magnesium dan sulfur untuk mengatasi tumit yang kering dan membunuh bakteri serta jamur. Setelah ditabur garam, rendam kaki 5 menit lagi agar lebih meresap ke kulit. 

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah bagian krusial dalam mengatasi permasalahan tumitmu, Ladies. Sel-sel kulit mati harus diangkat agar tidak menjadi sarang bakteri di dalam kulit tumitmu. Untuk mengeksfoliasi kulit tumitmu kamu bisa menggunakan produk scrub apapun khusus tumit atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan seperti gula pasir, lemon,  madu, dan minyak zaitun. Pijatlah perlahan dengan tekanan yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah, lalu gerakan jarimu secara memutar seperti ketika melakukan scrub wajah. Lakukan selama beberapa menit sampai sel-sel kulit mati terangkat. 

3. Gunakan minyak

Pengobatan terbaik untuk tumit pecah-pecah adalah dengan memasok kelembapan yang sangat dibutuhkan oleh telapak kaki. Minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena minyak lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Kamu bisa gunakan minyak sayur apapun, mulai dari minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa.  

Caranya cukup mudah kok, Ladies. Lumuri telapak kakimu yang bermasalah dengan minyak yang sudah kamu pilih. Kamu bisa menggunakannya secara tebal / banyak. Semakin banyak dan lengket maka semakin lembap kulit tumitmu. Setelah itu, pijatlah pelan-pelan sampai minyak meresap ke pori-pori tumitmu. Lakukan setiap malam sebelum tidur. Minyak akan membantu melembabkan, sementara pijatan akan membantu merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan tumit yang sudah pecah-pecah. 

4. Gunakan pelembap

Carilah krim pelembap yang kental dan kaya, seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Pokoknya, semakin lengket dan berminyak tekstur pelembap yang kamu gunakan semakin bagus untuk menyembuhkan kulit kaki yang terlanjur kering dan pecah-pecah. Lumuri tumitmu dengan pelembap pilihan kamu setiap malam sebelum tidur. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk.

Baca juga: Ini Cara Hilangkan Masalah Sakit Kaki Akibat Sepatu

Ada baiknya kalau kamu rutin-rutin melakukan perawatan ini di rumah agar hasilnya maksimal, Ladies. Selamat mencoba!

 

Sumber: fimela

Comments

Loading...