OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Apa Aja Sih Manfaat Daun Kelor untuk Perawatan Kecantikan?

Daun kelor untuk kecantikan ini ternyata diketahui memiliki banyak manfaatnya loh, Ladies. Bahkan beberapa produk skincare kini juga telah menggunakannya sebagai bahan yang terkandung di dalamnya. Sifatnya yang ramah terhadap kulit, tidak heran bahan ini telah diterapkan untuk perawatan kulit sejak dulu, bahkan sejak jaman Yunani loh.

Selain untuk perawatan kulit, ternyata daun kelor ini juga kaya akan nutrisi. Bahkan, bubuk kelor menjadi bahan yang populer untuk tambahan di minuman dan makanan. Tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai dari daun, buah, bunga, hingga bijinya. Yuk, kita simak apa saja sih manfaat tanaman ini bagi kecantikan!

Mengapa daun kelor baik untuk kecantikan?

Dau kelor untuk perawatan wajah
Sumber: istockphoto.com

Daun kelor merupakan ramuan yang telah lama digunakan karena memiliki manfaat untuk kesehatan yang luar biasa. umumnya tanaman ini digunakan sebagai minyak untuk perawatan kulit seperti krim kulit, parfum, kondisioner, hingga sampo loh, Ladies. Bahkan, bahan ini juga dipakai untuk minyak pijat karena akan membuat kulit kamu lembut dan halus.

Karena tanaman ini memiliki banyak mengandung vitamin, mineral, asam amino dan asam lemak pelembap yang membuat tanaman ini sangat efektif dalam hal perawatan kulit. Selain itu, baik untuk kesehatan tubuh kitalo Ladies. Karena tanaman ini dapat membantu kamu mengurang stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh ahli gizi dari London, Cassandra Barns, “Kelor adalah makanan yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, tinggi zat besi, dan beta-karoten, yang digunakan tubuh kita untuk membuat vitamin A, ini adalah nutrisi kekebalan penting. Daun kelor juga memiliki sifat ‘adaptogenik’ yang dapat membantu melindungi dari efek stres.”

Manfaat daun kelor untuk kecantikan

Apa Aja Sih Manfaat Daun Kelor untuk Perawatan Kecantikan?
Sumber: istockphoto.com

Karena daun kelor ini memiliki banyak manfaat sehingga tidak heran tanaman ini banyak digunakan dalam dunia kecantikan. Berikut beberapa manfaat dengan menggunakan tanaman ini dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

1. Meningkatkan pembentukan alami kulit

Diketahui ternyata tanaman ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, ini tujuh kali lebih banyak dibanding dengan jeruk loh. Nicole Simpson, ahli kecantikan, ahli biokimia, dan pendiri Amethyst Skincare mengatakan, “Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel.” Maka dari itu dengan menggunakan bahan dari tanaman ini dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan kulit dan kestabilan kolagen.

Baca juga: Rekomendasi Serum Vitamin C untuk Wajah Kamu

2. Menunda tanda-tanda awal penuaan

Menurut Jessie Cheung, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat mengatakan, “Antioksidan seperti yang ada di kelor menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit kita. Pada dasarnya, senyawa ini membantu ‘mematikan api’ di kulit kita yang akan menyebabkan penuaan kulit.”

Polusi dan radiasi UV yang dapat merusak sel kulit kita, sehingga menyebabkan adanya kerutan dini, garis halus, dan kulit menjadi kendur. Namun, berkat antioksidan tingkat tinggi dari daun kelor termasuk vitamin C, A, dan B yang terkandung di dalamnya, menjadi obat yang tepat untuk mengatasinya.

3. Cocok digunakan untuk kulit berminyak dan kering

Menggunakan tanaman ini dalam perawatan kulit kamu dapat mengatur keseimbangan hormon sehingga dapat menahan minyak berlebih dan mengatasi peradangan pada kulit. Namun, sebaliknya bagi tipe kulit kering. Holly Cutler, ahli kecantikan medis dan pendiri FACE Skincare Medical Wellness mengatakan, “Bahkan bagi mereka yang memiliki kulit kering, minyak meresap ke dalam jaringan kulit untuk mengembalikan kelembapan.”

Baca juga: Stevia sebagai Pengganti Gula: Apakah Benar Menyehatkan, atau Ada Efek Samping Tersembunyi? 

4. Ini mungkin membantu mengelola jerawat

Dengan menggunakan kelor ini juga dapat mengontrol jerawat. Sebum yang berlebih memiliki kemampuan untuk bercampur dengan sel-sel kulit mati dan menghalangi pori-pori, sehingga menghasilkan jerawat. Kelor ini akan mengatur hormon yang menghasilkan sebum berlebih dan dengan mengoleskan minyak kelor pada wajah telah diketahui dapat mencegah jerawat, karena sifat anti-bakterinya.

5. Bermanfaat untuk rambut

Selain untuk wajah tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat untuk rambut loh Ladies. Karena tanaman ini mengandung berbagai macam mineral termasuk seng yang sangat penting dalam memproduksi rambut yang sehat, serta antioksidan yang dapat meningkatkan produksi keratin. Sehingga, ini dapat membantu menguatkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut, serta memperbaiki kerusakan.

Masih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan daun kelor dalam perawatan kecantikan kamu seperti dapat melembapkan bibir, meratakan warna kulit wajah, dan mengecilkan pori-pori. Namun, karena setiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, maka pastikanlah terlebih dahulu dengan konsultasi mengenai kulitmu ya Ladies.

 

 

Sumber: pharmeasy, mindbodygreen, elle

Must Read

Related Articles