OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin A

Selama ini vitamin A dikenal dengan manfaatnya yang membantu penglihatan kita tetap sehat dan berfungsi secara optimal. Tapi, manfaatnya tidak sebatas itu, loh, ia juga dapat meningkatkan sistem kekebalan, reproduksi, metabolisme, serta fungsi jantung, paru-paru, ginjal dan otak kita. Sifat antioksidan di dalamnya juga berperan besar dalam melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untungnya, untuk memperoleh vitamin A tidak sulit. Banyak sumber makanan di sekitarmu yang mengandung vitamin ini. Di antaranya, salmon, bayam dan sayuran berdaun lainnya, susu, keju, kuning telur, jeroan, hati sapi, labu, wortel, melon, mangga, dan lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat vitamin ini melalui konsumsi produk seperti sereal sarapan tertentu, Ladies.

Setiap harinya, perempuan dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 700 mikrograms (mcg) vitamin A, sementara laki-laki dewasa memerlukan sekitar 900 mikrograms (mcg). Kadar ini penting untuk diingat, ya Ladies. Ini karena kelebihan maupun kekurangan vitamin ini dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh kita.

Menurut Ahli diet di Sprint Kitchen, Morgyn Clair, kamu perlu memperhatikan kadar vitamin A dari setiap makanan yang kamu konsumsi. Langkah ini penting untuk menghindari potensi ‘overdosis’ pada tubuh. Hal ini diamini oleh Mayo Clinic yang menyatakan, kelebihan vitamin ini, apalagi dalam bentuk suplemen, dapat mengakibatkan mual, muntah, penglihatan kabur, dan vertigo. Dalam jangka panjang, mengonsumsi terlalu banyak vitamin ini dapat menyebabkan sejumlah gejala. Diantaranya, iritasi kulit, nyeri sendi dan tulang, cacat lahir, penipisan tulang, kerusakan hati, dan banyak lagi. Begitu pula ketika kekurangan vitamin ini, tubuhmu akan menunjukkan sejumlah tanda seperti diulas di bawah ini.

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin A
Sumber: medium.com

Mata kering

Salah satu tanda tubuhmu kekurangan vitamin A ialah mata kering. Normalnya mata kita dilindungi oleh lapisan cairan yang disebut tear film. Lapisan air mata ini melindungi dan melumasi mata sekaligus menjaga permukaan mata tetap bersih. Lapisan yang sehat dapat mendukung penglihatan menjadi jelas. Sebaliknya, ketika lapisan ini tidak memiliki kualitas yang baik, penglihatan pun akan terganggu. Kondisi ini diperlihatkan dengan mata yang kering. “Salah satu tanda pertama kekurangan vitamin A ialah sesuatu yang disebut bintik Bitot. Ini merupakan lesi berbusa putih pada kornea,” jelas Dokter Mata di Rumah Sakit Mount Sinai St. Luke, New York, Yuna Rapoport.

Night blindness

Vitamin A adalah bagian penting dari rhodopsin, protein yang menyerap cahaya di retina. “Rhodopsin adalah bagian ‘batang’ dari ‘batang dan kerucut’ yang sangat penting untuk penglihatan malam,” jelas Rapoport. Inilah alasan utama, night blindness atau kebutaan pada malam hari menjadi salah satu tanda tubuhmu kekurangan vitamin yang satu ini.

Baca juga: Sering Terlupakan, Ini Manfaat Vtamin K2 Bagi Kesehatan Jantung

Proses penyembuhan luka bermasalah

Vitamin A berperan penting dalam penyembuhan luka. Tepatnya, ia memoderasi respons peradangan tubuh dan membantu mengendalikan peradangan yang berlebihan. Sehingga, tanpa vitamin ini, tubuh tidak akan memproses penyembuhan dengan baik.

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin A
Sumber: scripps.org

Peningkatan infeksi saluran pernapasan, dada, dan tenggorokan

Kekurangan vitamin A juga dapat berkaitan dengan infeksi tenggorokan, saluran pernapasan, dan dada. Ini karena vitamin ini memiliki efek perlindungan terhadap peradangan berlebihan yang menyertai patogen invasif seperti pilek dan infeksi. “Vitamin A dapat membantu melindungi melalui modulasi peradangan,” ucap Clair. Tapi ketika gejala ini muncul hindari mengonsumsi suplemen vitamin A ya, Ladies. Ini karena suplemen memiliki beberapa efek samping yang cukup serius bila ternyata kebutuhan tubuh tidak sebanyak yang diberikan suplemen. So, sebaiknya ketahui dahulu kadar vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Lebih aman lagi bila memperoleh vitamin ini dari bahan makanan segar, Ladies.

Kulit kering

Bila kamu perhatikan dengan seksama, ada salah satu bahan yang seringkali hadir, bahkan menjadi bahan utama dalam sebuah produk perawatan kulit, yakni retinol. Usut punya usut, ternyata retinol sebenarnya berasal dari vitamin A, loh! Ia juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, diantaranya, mengurangi kerutan, menghaluskan tekstur kulit, dan lainnya. “Kulit mengandung reseptor retinoid. Ketika mendapatkan cukup vitamin A, ia akan membantu menciptakan sel-sel kulit yang baru, mengurangi peradangan, dan mencegah kekeringan,” jelas Kimszal. So, ketika kamu tidak mendapatkan cukup vitamin ini, kulit kering jadi tidak bisa terhindar, Ladies.

Untuk mengetahui apakah kamu kelebihan atau kekurangan vitamin A, kamu dapat melakukan tes darah yang melihat kadar retinol atau beta karoten dalam tubuh. “Tubuh mengatur tingkat vitamin A karena nutrisi ini di simpan di hati. Jika hati terkuras, maka itu menandakan kadar vitamin A dalam tubuhmu rendah,” jelas Ahli Diet di Root Nutrition, Jeanette Kimszal. Well, memang jarang orang mengalami kekurangan vitamin A, tapi bila pola makanmu berantakan, kamu bisa berpotensi mengalami hal ini. So, selalu jaga pola makan dan kebutuhan vitaminmu, ya Ladies.

 

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles