OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Takut Bersin Karena Diliatin Orang? Cek 10 Penyebab dan Cara Menghentikan Bersin!

Bersin sebenarnya tidak berbahaya, Ladies. Cuma di saat pandemi covid-19 seperti ini, tentu bersin di tempat umum menjadi hal yang agak kita tahan-tahan dari sebelumnya ya. Bersin melontarkan sekitar 40.000 partikel ke udara. Tentunya kamu nggak mau dong jadi penyebar virus ke mana-mana. Ada 10 penyebab umum dan cara menghentikan bersin nih, Ladies. Langsung aja ya scroll ke bawah!

Penyebab Bersin:

  1. Alergi Musiman
  2. Debu, Polutan, dan Iritan
  3. Serbuk Bunga
  4. Jamur
  5. Parfum
  6. Pewangi Sintetis
  7. Cahaya Terang
  8. Makanan Pedas
  9. Infeksi
  10. Keturunan

Ada berbagai macam  cara menghentikan bersin, tergantung dari penyebabnya nih, Ladies.

1. Cara Menanggulangi Alergi Musiman

Jika kamu suka bersin di bulan-bulan tertentu aja, ada kemungkinan kamu terkena alergi musiman. Alergi musiman ini sering dihubungkan dengan alergi serbuk bunga. Selain serbuk bunga, rumput, jamur, serta debu dapat menjadi trigger alergi musiman. Kalau sudah begini, sediakan obat antihistamin untuk menghentikan gejala alergi tersebut.

2. Hindari Pemicu Bersin

Takut Bersin Karena Diliatin Orang? Cek 10 Penyebab dan Cara Menghentikan Bersin!
Foto: pexels.com

Ketika kamu bersin, pastikan di sekelilingmu, kira-kira apa ya yang sedang terjadi? Benda apa yang ada di dekatmu dan berpotensi menyebabkan bersin. Cek apakah salah satu dari 10 penyebab bersin tadi ada di sekitarmu saat tengah bersin? Dengan tau apa penyebabnya, kamu bisa menangani bersin dengan lebih mudah.

Baca juga: Cegah Alergi Serbuk Sari Kambuh dengan Cara Ini

3. Pakai Kacamata Hitam

Kenal dengan ACHOO Syndrome? Namanya sendiri sudah seperti suara bersin ya, Ladies. ACHOO Syndrome atau Autosomal Dominant Compelling Helio-Ophthalmic Outburst adalah sindrom saat seseorang bersin karena melihat cahaya yang terlalu terang. Karena itu buat kamu yang suka bersin karena sinar matahari terlalu terik, mulai pakai kacamata hitam nih. Bisa juga dengan topi, atau payung.

4. Gunakan Humidifier

Humidifer terkenal membantu mengurangi alergi serta bersin yang merupakan gejala alergi. Pastikan tingkat kelembaban ruangan kamu cukup ya.

5. Refleksologi

Refleksologi dapat membantu mengurangi stress, salah satu faktor penyebab alergi dan bersin. Tekan bagian atas telapak kaki, tepat di bawah jari-jari kaki yang dipakai bertumpu saat memakai heels. Tekan selama 5 detik dan rasakan perbedaannya.

6. Konsumsi Vitamin C

Takut Bersin Karena Diliatin Orang? Cek 10 Penyebab dan Cara Menghentikan Bersin!
Foto: pexels.com

Vitamin C memiliki fungsi sebagai antihistamin dan antioksidan. Oleh karena itu vitamin C juga mendukung kekebalan dan sistem imun tubuh. Secara teori, dengan konsumsi vitamin C, bersin-bersin yang kamu alami juga akan berkurang, Ladies. Mulai konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C ya!

7. Lakukan Trik Ini!

Jangan mencoba menghentikan bersin dengan menjepit hidung kamu menggunakan jari. Kegiatan tadi meningkatkan tekanan di hidung dan meningkatkan resiko pendarahan di dalam. Sebaiknya, lakukan trik berikut, Ladies! Saat kamu ingin bersin, tekan bagian columella, bagian tengah di antara lubang hidung. Tekan sambil digerakkan ke atas – ke bawah menggunakan jari telunjuk.

8. Katakan Kalimat Lucu

Menurut kata orang dulu, kamu tidak akan jadi bersin jika mengatakan kalimat lucu saat akan bersin. Ada benarnya juga sih, fokus kamu akan teralihkan ke kata lucu tadi dan tidak jadi bersin. Tidak ada dukungan ilmiah untuk hal ini tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, Ladies. Hihihi.

9. Hembuskan Udara dari Hidung

Takut Bersin Karena Diliatin Orang? Cek 10 Penyebab dan Cara Menghentikan Bersin!
Foto: pexels.com

pexels.com

Bersin adalah respon tubuh untuk mengeluarkan iritan dari hidung. Jadi logis dong untuk menghembuskan udara dari hidung layaknya sedang mengeluarkan lendir untuk mengeluarkan iritan keluar. Kalau iritan sudah dikeluarkan, kamu nggak akan bersin-bersin lagi deh.

10. Hindari Wewangian

Jika kamu sering bersin, ada baiknya nih untuk menghindari segala hal yang berbau wangi, baik secara sintetis maupun alami. Produk seperti scented lotion, parfum, sabun, lilin, diffuser, bahkan deterjen yang memiliki wangi dapat memicu bersin.

Jadi, kira-kira apa yang bikin kamu bersin-bersin, Ladies?

 

Sumber: mindbodygreen

Must Read

Related Articles