OUR NETWORK

Ketika Kamu Bersin atau Batuk, Ternyata Sejauh Ini Bakteri dan Kuman Akan Tersebar

Ketika Kamu Bersin atau Batuk, Ternyata Sejauh Ini Bakteri dan Kuman Akan Tersebar
Foto: pixabay.com

Ketika bersin atau batuk, pasti ada momen di mana Ladies bertanya-tanya; sejauh apa ya bakteri dari bersin atau batuk kita melayang-layang di udara? Menurut Alexander L. Greninger M.D. di majalah online Self, ada penyebaran bakteri yang berjarak dekat seperti flu dan ada yang tersebar di udara secara luas seperti tuberkulosis dan cacar air.

Berapa jarak bakteri tersebar dari sebuah bersin atau batuk? Para ahli tidak bisa menyatakan dengan pasti nih, Ladies. Kenapa? Well, karena berbagai faktor, seperti misalnya seberapa keras bersin yang dilakukan. Ada kan beberapa orang yang bersihnya keras banget kan, Ladies. Walaupun itu bukan kesalahan dia lho karena menurut beberapa penelitian, cara seseorang bersin juga diturunkan lewat gennya.

Baca juga: Ini Penyebab Batuk dan Cara Mengatasinya

CDC memperkirakan bahwa jarak benda-benda yang dikeluarkan ketika bersin atau batuk, termasuk bakteri dan kuman, bisa mencapai 6 kaki atau 1,8 meter.

Dilakukan juga penelitian menggunakan video dengan cara merekam seseorang yang tengah bersin. Video tersebut menunjukkan bahwa partikel terkecil yang dikeluarkan saat bersih bisa menempuh jarak hingga 2.5 meter atau sekitar 8 kaki secara horizontal. Sedangkan secara vertikal bisa mencapai 13 sampai 25 kaki atau 5 hingga 7 meter.

Jadi, adalah respon yang normal ya ladies jika kamu merasa jijik dengan fakta betapa jauhnya bakteri dan kuman dari bersin dan batuk tersebut tersebar di udara. Bahkan walaupun kamu menahan napas saat seseorang di dekatmu bersin atau batuk, hal itu tidak cukup membantu sebenarnya. Keith Roach M.D., Professor di Rumah Sakit Presbiterian New York, mengatakan bahwa kuman bisa bertahan dari beberapa menit hingga berjam-jam di udara. Meski kamu menjauh dari asal bersin tersebut, tapi bakteri sudah menempel di baju dan tetap terbawa bersamamu. Hiiii ngeri ya, Ladies.

Baca juga: Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini

Tapi jangan takut ya, Ladies. Faktor-faktor seperti vaksinasi, daya tahan tubuh yang kuat, dan kebiasaan sanitasi yang baik akan mencegah dirimu terjangkit penyakit dari kuman-kuman hasil bersin dan batuk tadi. Bagi kamu yang ingin bersin atau batuk, disarankan juga untuk menutup mulut tidak dengan tangan, tapi dengan tisu dan langsung dibuang. Dan untuk kamu yang habis bepergian, segera cuci tangan setelah sampai di tempat tujuan, apalagi kalau mau makan…

 

Sumber: Self

Comments

Loading...