OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Simpan Gel Lidah Buaya dengan Cara Ini Agar Awet dan Tahan Lebih Lama

Lidah buaya atau aloe vera dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perawatan kecantikan. Tak hanya bisa mengobati kulit yang terpapar sinar matahari, kamu pun bisa menggunakan lidah buaya untuk berbagai hal. Di antaranya seperti mengatasi rambut kering dan rusak, serta mengurangi bintik hitam di wajah.

Perut sering terasa mulas? Mengonsumsi lidah buaya pun dapat meredakan masalah pencernaan yang melanda. Untuk mendapatkannya (dan bebas dari bahan pengawet), kamu bisa menanamnya di taman rumah dan membuat gel sendiri. Tapi ada cara tertentu agar gel lidah buaya bisa bertahan segar selama mungkin.

Simpan di Tempat Sejuk dan Kering

Simpan Gel Lidah Buaya dengan Cara Ini Agar Awet dan Tahan Lebih Lama
Foto: Pixabay/Дмитрий Дмитрий 

Adapun untuk produk gel aloe vera dalam kemasan biasanya tak akan rusak meski sudah melewati sedikit dari tanggal kedaluwarsanya. Asalkan disimpan dengan baik dan benar di tempat kering dan sejuk, gel aloe vera milikmu pun bisa lebih awet.

Tak lupa, jauhkan juga gel aloe vera dari sinar matahari. Simpan dalam wadah kedap udara yang ditutup rapat. Dengan begitu, gel dapat terhindar dari uap air yang masuk. Selalu periksa tanggal kadaluarsa serta detail cara penyimpanannya. Dengan begitu, gel bisa bertahan hingga tiga tahun lamanya.

Tanam dan Potong Sendiri, Letakkan dalam Lemari Es

Simpan Gel Lidah Buaya dengan Cara Ini Agar Awet dan Tahan Lebih Lama
Foto: Pixabay/mozo190 

Dengan menanam sendiri daun lidah buaya, kamu bisa memotongnya kapan saja ketika membutuhkan gel. Tapi karena rentan rusak dan sensitif, maka kamu harus lebih berhati-hati terkait penyimpanannya.

Baca juga: Amankah Mengonsumsi Lidah Buaya? Berikut Penjelasannya

Agar kesegarannya tetap bertahan, cobalah potong beberapa daun lidah buaya secukupnya sesuai kebutuhan. Kemudian segeralah gunakan jelnya. Kalaupun kamu masih perlu menyimpannya, letakkan di dalam lemari es agar terjaga kesegarannya.

Pastikan kamu menyimpan gel lidah buaya jauh dari suhu yang terlalu panas karena ia sensitif terhadap cahaya. Sebaliknya, taruhlah di tempat kering tanpa uap air yang masuk ke dalam wadahnya.

Jika gel lidah buaya yang kamu buat sudah mengeluarkan bau tak sedap atau busuk, ini berarti gel tersebut sudah rusak dan kadaluarsa. Demikian juga jika gel sudah tak bisa lagi berfungsi melembapkan kulit.

 

 

Sumber: Well and Good

Must Read

Related Articles