OUR NETWORK

Amankah Mengonsumsi Lidah Buaya? Berikut Penjelasannya

Amankah Mengonsumsi Lidah Buaya? Berikut Penjelasannya

Belakangan ini kita sering melihat vlogger atupun YouTuber mengonsumsi lidah buaya secara mentah-mentah. Rasanya yang sangat unik (ada sedikit pahit-pahitnya gitu…) tentu saja membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah lidah buaya aman untuk dikonsumsi? Jika kamu tipe orang yang penasaran apakah lidah buaya aman untuk dikonsumsi, yuk, ikuti ulasan selengkapnya seperti berikut ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aloe Vera Gel yang Patut Kamu Coba!

Aman untuk Dikonsumsi

Amankah Mengonsumsi Lidah Buaya? Berikut Penjelasannya
Foto: hindustantimes.com

Lidah buaya merupakan salah satu anggota dari keluarga liliaceae, dengan sekitar 400 spesies aloe. Dan sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu tumbuhan ini menjadi obat tradisional dan sangat berfungsi untuk kecantikan. Misalnya saja, dimanfaatkan untuk mengobati sunburn sampai dengan menurunkan tingkat gula darah yang tinggi. Tambahan, lidah buaya sangat kaya dan lebih dari 75 kandungan aktif di dalamnya. Ada vitamin, mineral, enzim, asam amino, asam lemak, dan lain-lain.

Untuk daun lidah buaya terdapat tiga bagian, yakni kulit, gel, dan latex. Bagian terbaik adalah gel lidah buaya. Sebagian orang menggunakannya untuk kecantikan kulit dan tidak sedikit yang mengonsumsinya. Gel lidah buaya ini sangat bersih, memiliki rasa yang menyegarkan dan bisa ditambahkan untuk berbagai resep seperti halnya smoothies dan salad.

Untuk membuat rasa gel aloe vera jadi nikmat, hilangkan atau singkirkan bagian warna kuning antara kulit dan daun. Bagian berwarna kuning itu terdapat latex dan terlalu banyak mengonsumsinya bisa menimbulkan masalah yang sangat serius. Gel lidah buaya ini sangat aman untuk dikonsumsi. Cuci bersih gel lidah buaya sebelum dikonsumsi supaya tidak mengandung getahnya lagi ya, Ladies.

Jangan Mengonsumsi Skincare Lidah Buaya

Amankah Mengonsumsi Lidah Buaya? Berikut Penjelasannya
Foto: organicfat.net

Gel lidah buaya memang aman untuk dimakan. Namun untuk produk skincare ataupun kecantikan yang lainnya tidak untuk dikonsumsi. Yaiyalaaah. Walaupun di labelnya tertulis ‘99% aloe vera’, tetap saja mereka didesain hanya untuk pemakaian luar. Seperti untuk mengatasi sunburn, mengurangi inflamasi, melembapkan, dan mengobati rasa perih serta mengobati masalah kulit lainnya. Banyak produk lidah buaya diperkaya dengan bahan-bahan yang tidak untuk dikonsumsi. Jadi, jangan coba-coba untuk mengonsumsi produk kecantikan dari lidah buaya!

Manfaat Mengonsumsi Gel Lidah Buaya

Amankah Mengonsumsi Lidah Buaya? Berikut Penjelasannya
Foto: facingacne.com

Buat kamu yang gemar mengonsumsi lidah buaya, ada manfaat kesehatan yang bakalan bisa kamu rasakan. Berikut ini beberapa manfaatnya, siapa tahu setelah membaca ini kamu akan gemar mengonsumsi lidah buaya.

  • Menurunkan tekanan darah. Setelah dilakukan penelitian pada manusia dan juga hewan, lidah buaya membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan meningkatkan sensitivitas dari insulin.
  • Mengurangi plak pada gigi. Jika kamu memanfaatkan lidah buaya untuk pencuci mulut, ini akan mengurangi produksi plak pada gigi.
  • Meningkatkan ketajaman otak. Pada salah satu penelitian pada hewan, mengonsumsi lidah buaya akan meningkatkan ketajaman ingatan dan mengurangi gejala depresi.
  • Kaya antioksidan. Secara berkala mengonsumsi lidah buaya akan meningkatkan tekanan antioksidan pada darah. Dan ini akan menangkal bahaya-bahaya yang disebabkan oleh radikal bebas yang seringkali dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

Baca juga: Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kecantikan

Jadi, Ladies, lidah buaya aman dikonsumsi dan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Namun pastikan untuk membersihkan bagian warna kuningnya, karena pahit dan tidak baik untuk tubuhmu.

Sumber: Healthline, Foto cover: medicalnewstoday.com

Comments

Loading...