OUR NETWORK

Sederet Alasan Mengapa Kamu Harus Rutin Mencuci Seprai Tempat Tidur

Sederet Alasan Mengapa Kamu Harus Rutin Mencuci Seprai Tempat Tidur
Foto: pixabay.com

Seberapa sering kamu mencuci seprai tempat tidur? Jika Ladies tidak bisa menjawab pertanyaan tadi, bisa jadi sudah berbulan-bulan lamanya hingga kamu lupa kapan terakhir seprai tersebut dicuci. Kenapa sih seprai perlu dicuci secara rutin? Nah berikut ini alasannya ya, Ladies.

1. Sel kulit mati

Setiap harinya, ada 30.000 sampai 40.000 sel kulit mati yang dihasilkan manusia setiap harinya. Jika seharian kamu tidak beranjak dari tempat tidur, kebayang kan di mana puluhan sel kulit mati itu menumpuk? Mungkin kamu tidak menganggap hal ini beresiko, tapi poin selanjutnya mungkin akan mengubah pemikiranmu.

Sederet Alasan Mengapa Kamu Harus Rutin Mencuci Seprai Tempat Tidur
Foto: pixabay.com

2. Kutu

Sel kulit mati yang menumpuk di kasur akan menjadi makanan bagi kutu kasur. Semakin banyak sel kulit mati di seprai, semakin sejahtera kehidupan kutu-kutu tersebut. Hiii serem ya, Ladies.

3. Cairan ekskresi tubuh

Selain kulit mati, tubuh juga menghasilkan berbagai cairan seperti keringat dan cairan saliva. Jika kamu tidak mengganti seprai, sebenarnya kamu tidur di atas tumpukan berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan sel kulit mati juga cairan ekskresi dari tubuhmu sendiri.

Sederet Alasan Mengapa Kamu Harus Rutin Mencuci Seprai Tempat Tidur
Foto: pixabay.com

4. Jerawat dan Iritasi

Ini nih akibat utama dari seprai yang kotor. Segala penumpukan tadi akan berakibat kulit menjadi jerawatan karena kulit ikut menjadi kotor. Iritasi dapat terjadi karena gesekan kulit dengan seprai yang telah diisi oleh tumpukan kulit mati tadi dan juga karena mikroorganisme yang tinggal di seprai.

Memang seprai yang kotor tidak langsung berakibat fatal bagi kesehatan. Namun, jika seprai yang kotor dibiarkan terlalu lama, lambat laun akan berefek ke kulit kamu, Ladies. Hiiiy… Setidaknya seminggu sekali kamu harus mengganti seprai atau lapisan kasurmu. Tidak hanya seprai, sarung bantal dan guling serta piyama atau baju tidur pun harus diganti dan dicuci secara berkala.

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengganti dan Membersihkan Peralatan Tidurmu

Jika kamu kesulitan untuk mengganti seprai seminggu sekali, kamu bisa mengurangi tingkat penumpukan sel kulit mati dengan cara mandi atau cuci muka sebelum tidur. Tapi tetap harus ganti seprai dan sarung dari ‘teman tidur’ lainnya secara rutin ya. Selain itu Ladies bisa juga membeli beberapa seprai untuk dipakai sehingga tidak perlu menunggu seprai sebelumnya bersih.

Sumber: Self

Comments

Loading...