OUR NETWORK

Punya Sunspot di Wajah? Seperti Ini Cara Menanganinya 

Punya Sunspot di Wajah? Seperti Ini Cara Menanganinya 
Foto: unsplash.com

Sun spot atau bintik matahari dapat berupa noda atau flek hitam akibat terpapar matahari. Prosesnya secara singkat yakni tubuh terpapar sinar matahari, tubuh akan memproduksi melanin. Terkadang melanin dapat menumpuk pada beberapa bagian kulit dan terlihat sebagai bintik hitam. Inilah yang kita sebut sebagai sunspot.

1. Cara menangani sunspot

Sunspot tidak berbahaya dan sebenarnya tidak perlu dihilangkan. Namun, beberapa dari kamu bisa menghilangkannya dengan prosedur tertentu. Produk skincare dengan kandungan hydroquinone, retinoid, atau vitamin C bisa membantu mencerahkan dan memudarkan sun spot. Tapi produk tadi tidak bisa menghilangkan sepenuhnya ya, Ladies.

Punya Sunspot di Wajah? Seperti Ini Cara Menanganinya 
Foto: unsplash.com

Bagi mereka yang ingin menghilangkan sunspot, tidak ada cara lain selain konsultasi ke dermatologist. Biasanya kamu akan diberi resep berupa cream pencerah berdosis tinggi, peeling kimia, atau treatment menggunakan laser. Setelah melakukan treatment menggunakan laser, spot biasanya akan berubah menjadi putih, mengeras, lalu mengelupas. Tempat spot tadi juga akan berbekas seperti warna pink yang akan hilang seiring waktu.

Baca juga: 6 Sunscreen Terbaik Rekomendasi Para Ahli

Terkadang ada jenis spot lain yang disebut seborrheic keratosis yang sering disalah artikan sebagai sunspot. Seborrheic keratosis, seperti halnya sunspot, berupa bintik coklat atau hitam di kulit. Perbedaanya yakni seborrheic keratosis timbul di permukaan kulit sehingga perlu dihancurkan dengan electrocautery, baru kemudian dengan treatment laser layaknya sunspot.

2. Jika ini yang terjadi, segera hubungi dermatologist!

Punya Sunspot di Wajah? Seperti Ini Cara Menanganinya 
Foto: unsplash.com

Meskipun sunspot tidak membahayakan tubuh, tapi ini adalah pertanda bahwa kamu harus lebih melindungi tubuh kamu dari sinar matahari. Terkadang, spot kanker di kulit dapat terlihat seperti sunspot. Sunspot tersebut patut kamu curigai jika spot tersebut tumbuh secara cepat, berubah warna, atau berubah penampilan. JIka kamu merasa memiliki banyak sunspot dan ada spot yang terlihat mencurigakan, segera hubungi dermatologist terdekat. Better safe than sorry kan?

Baca juga: Berapa Banyak SPF yang Sebenarnya Kita Butuhkan?

3. Cara mencegah sunspot

Punya Sunspot di Wajah? Seperti Ini Cara Menanganinya 
Foto: unsplash.com

Bagaimana cara terbaik untuk menghindari sunspot? yakni dengan memakai sunscreen yang sudah mengandung SPF 30 atau lebih setiap harinya. Kamu juga bisa memakai aksesoris seperti topi, kacamata hitam, atau pakaian yang dapat menutupi tubuh dari sinar UV. Pokoknya sebisa mungkin hindari sinar matahari, Ladies!

 

 

Sumber: self

Comments

Loading...