OUR NETWORK

Berapa Banyak SPF yang Sebenarnya Kita Butuhkan?

Sunscreen woman applying suntan lotion showing bottle. Beautiful smiling happy asian woman with suntan cream in plastic container lying on beach during summer travel vacation. Multiracial female model

SPF atau yang merupakan singkatan dari Sun Protection Factor sangat penting digunakan untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Paparan sinar matahari yang langsung terkena kulit tanpa adanya penghalang bisa menyebabkan berbagai masalah. Mulai dari masalah kecantikan sampai dengan kesehatan.

Di pasaran, saat ini dibanjiri dengan berbagai produk yang mengandung SPF. Mulai dari produk kecantikan seperti halnya foundation, primer, bedak, dan lain sebagainya sudah banyak yang dilengkapi dengan SPF, dengan kadar yang bervariasi. Misalnya SPF 20, 30, dan seterusnya. Lalu sebenarnya, berapa banyak SPF sih yang kita butuhkan agar kulit tetap terjaga dari bahaya sinar matahari?

Via Allure

Mona Gahara, seorang dermatologist dan professor of dermatology di Yale University akan memberikan penjelasan mengenai hal ini.

Mitos: Produk kosmetik harian harus memiliki SPF.

Fakta: Gohara menyebutkan jika setidaknya hanya perlu satu produk saja yang kamu pergunakan setiap hari yang memiliki SPF sekitar 30 ataupun lebih. SPF tetaplah SPF meski menjadi sebuah produk atau dimasukkan ke dalam produk lainnya. Jadi terserah kamu, mau pilih pakai produk SPF ‘asli’ atau kosmetik yang sudah dilengkapi tabir surya di dalamnya.

Mitos: Tingkat SPF 15 pada produk kecantikan sudah cukup menawarkan perlindungan.

Fakta: Gohara menyebutkan jika SPF yang aman digunakan di wajah angka minimumnya adalah SPF 30 bahkan jika digunakan sampai waktu sore sekalipun. Ditambah lagi, kamu perlu menutupi wajah agar tidak terpapar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Bisa menggunakan topi atau produk kecantikan lainnya yang memiliki SPF di dalamnya. Hal ini agar wajah atau kulit mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Mitos: Menggunakan banyak produk dengan SPF memberikan perlindungan yang lebih besar.

Faktanya: Meski kamu menggunakan berbagai SPF yang berbeda, ini bukan masalah kalkulasi. Melainkan perlindungan SPF terkuat yang dimiliki. Jadi, lebih baik menggunakan SPF dengan jumlah tinggi untuk membuat kulit senantiasa terjaga. Bukan masalah kalkulasi dari itu semua. Paham kan, ladies?

Mitos: Kamu tidak perlu pakai SPF setiap dua jam sekali jika sudah menggunakan makeup.

Fakta: Gohara menyebutkan jika SPF memang benar-benar hanya bekerja maksimal selama 2 jam saja. Jadi salah jika ada anggapan yang menyebutkan jika seseorang sudah memakai makeup tak perlu memakai SPF lagi. Takut riasan jadi rusak? Oleh sebab itulah Gohara lebih merekomendasikan bedak tabur yang memiliki SPF yang cukup tinggi, atau bisa juga mengenakan compact yang tentunya memiliki SPF yang tinggi.

Itulah hal-hal yang perlu kamu tahu mengenai penggunaan SPF. Yuk, berikan perlindungan yang maksimal untuk kulit kita.

Sumber: Allure

 

Comments

Loading...