Picu Sakit Kepala, Hindari 5 Kebiasaan Ini

Alami sakit kepala bukanlah hal yang aneh dirasakan ketika melakukan aktivitas. Meski terbilang dapat menyerang siapa saja, ternyata, berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, sakit kepala lebih banyak dialami oleh perempuan, loh, dibandingkan laki-laki. Tak jarang sakit kepala itu juga terjadi begitu saja tanpa kita sadari apa pemicunya. Sakit kepala yang diderita pun berbagai macam, mulai dari migrain sampai sakit nyut-nyutan luar biasa. Tapi, tidak berarti tidak ada pemicunya, loh! Dari beragam kemungkinan penyebabnya, terdapat beberapa pemicu utama yang sudah pasti membuat kepalamu sakit, Ladies, dan kamu perlu segera menghindarinya. Apa saja, ya itu? Simak, ulasan berikut ini, yuk!

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu pemicu sakit kepala yang paling umum, dan dapat terjadi pada tubuh anak-anak. Biasanya sakit kepala ini terjadi di bagian depan atau belakang kepala atau bisa jadi pada satu sisi. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh, sebaiknya kamu mengonsumsi 16 hingga 32 ons air secara perlahan. Pastikan tubuh memperoleh cukup cairan agar tetap sehat dan terhidrasi.

2. Melewatkan waktu makan

Kesibukan yang tak henti-hentinya hingga melampaui jam makan dapat menjadi pemicu utama sakit kepala terjadi. Ketika kamu melewatkan waktu makan, kadar gula darah pada tubuhmu akan menurun drastis. Akibatnya hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang yang kemudian menjadi penyebab utama sakit kepala terjadi. Bila kamu tidak sempat menyantap makanan besar tiga kali sehari, maka, lakukanlah santapan-santapan kecil setiap dua hingga tiga jam sekali. Penandanya ialah ketika kamu mulai merasa lapar. Pastikan pula makanan yang kamu masukkan ke dalam perut bukanlah hidangan dengan gula yang tinggi seperti muffin atau soda karena dengan menaikkan kadar gula darah secara drastis juga dapat membuatmu sakit kepala sebagaimana saat belum makan.

3. Mengonsumsi kafein berlebih

Picu Sakit Kepala, Hindari 5 Kebiasaan Ini
Foto: pexels.com

Bagi sebagian orang, kafein bukanlah holy grail-nya, melainkan berita buruk untuk kepalanya. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala. Batasi asupan kafeinmu hingga 200g sehari untuk mencegah datangnya sakit tersebut. Bila kamu sangat membutuhkan asupan kafein, maka, kamu dapat menyantap coklat dan protein bar yang juga memiliki kandungan tersebut.

4. Terlalu lama memandang layar

Menatap layar terlalu lama dapat menjadi berita buruk untuk pembuluh darah otakmu. Pasalnya, sebagian besar gadget memancarkan cahaya yang akan merangsang sakit kepala saat melihatnya terlalu lama. Begitu pula ketika duduk membungkuk di depan komputer, tidak hanya pusing, tubuhmu juga akan mengalami ketengan otot yang memicu sakit kepala. Untuk mencegahnya, belilah pelindung layar untuk mengurangi paparan cahayanya. Selain itu, pastikan matamu beristirahat setiap jam atau lebih. Berjalan-jalan selama makan siang juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk memberikan tubuh istirahat sejenak.

Baca juga: Tips Agar Mata Tetap Sehat

5. Menguncir kuda

Pemicu yang satu ini cukup sederhana, namun, seringkali tidak disadari. Kuncir kuda, kepangan ketat, dan gaya rambut lainnya yang cukup menarik rambutmu, dapat berpotensi meregangkan jaringan di kulit kepala. Pada akhirnya, terjadi semacam ketegangan otot dan saraf yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Bila kamu perlu mengikat rambutmu, pastikan untuk tidak mengikatnya terlalu kencang. Selain mencegah sakit kepala, hal ini juga dapat mencegah kecepatan rambut rontok yang dialaminya.

Nah, dengan menghindari lima pemicu dalam ulasan ini, kamu dapat mengurangi potensi sakit kepala muncul. Meski tampak sederhana, namun, jangan diremehkan, ya Ladies. Pasalnya, gejala sakit yang tampak sederhana ini dapat menjadi pertanda penyakit serius, loh! So, jangan lupa untuk memahami jenis sakit kepalamu, ya, agar pengobatan yang dilakukan pun dapat tepat sasaran.

Sumber: All Women’s Talk

Must Read

Related Articles