OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Perlukan Mencuci Baju Baru? Begini Penjelasan Dermatologist

Punya baju baru memang sangat menyenangkan. Koleksi lemari bisa semakin bertambah setiap hari. Namun, apakah kamu mencuci baju baru sebelum memakainya? Atau sudah biasa langsung pakai? 

Anjuran mencuci baju sebelum memakainya sudah sangat umum di masyarakat. Salah satu alasan yang umum yang kerap didengar adalah, bisa saja baju tersebut disentuh atau dipegang banyak orang, jadi akan semakin banyak kuman virus yang bisa menempel. Apalagi jika tempat belinya di pasar atau pedagang kaki lima.

Namun, bagaimana dengan penjelasan ahlinya, apakah perlu mencuci baju baru sebelum memakainya?

Berdasarkan seorang dermatologist bersertifikat bernama Azaden Shirazi, M.D, ia juga menyarankan untuk melakukannya. Pasalnya, baju baru berpotensi mengandung berbagai bahan iritan, seperti halnya pewarna sintetis atau juga bahan kimia untuk membuatnya tidak kusut selama pengiriman.

Shirazi juga menjelaskan, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, bahan-bahan kimia bisa menyebabkan peradangan kulit yang disebut dengan dermatitis kontak. Gejala utama yang bisa dilihat adalah ruam merah, rasa gatal, sampai dengan terjadinya benjolan.

Bahkan Shirazi secara spesifik menyebutkan sering melihat banyak kasus dermatitis kontak pada pakaian olahraga. Penyebabnya adalah berbagai bahan kimia di pakaian yang terpapar keringan dan gesekan terus menerus. Ada beberapa area yang sangat rentan dengan itu, yakni ketiak, belakang lutut, dan area selakangan.

Jika mengalami dermatitis kontak, ada baiknya untuk sementara waktu mengurangi paparan diri dari berbagai zat kimia berbahaya. Jika masih belum sembuh juga, segera berkonsultasi ke dokter kulit supaya bisa diketahui penyebabnya. Karena selain baju, banyak juga produk lain yang menyebabkan kondisi tersebut. Misalnya saja produk eksfoliator, barang dengan bahan pewangi, pewarna dan lainnya.

Kesimpulannya, sangat disarankan mencuci baju baru jika kamu sering mengalami iritasi kulit. Tapi, jika selama ini merasa baik-baik saja tanpa mencuci baju baru, itu semua ada di tanganmu keputusannya. Lakukan saja yang menurutmu keputusan terbaik ya. Tapi selalu hindari bahan-bahan yang membuat kulit jadi gampang iritasi.

 

Sumber: mindbodygreen.com

Must Read

Related Articles