OUR NETWORK

Perlu Diwaspadai, Ini yang Terjadi Jika Kamu Jarang Mandi!

Perlu Diwaspadai, Ini yang Terjadi Jika Kamu Jarang Mandi!
Foto: wellandgood.com

Perihal mandi, terkadang kita malas melakukannya ya, Ladies. Bisa jadi karena sudah kurang enak badan, dingin, atau sekadar malas saja. Dan kalau melewatkan mandi sekali dua kali memang sangat wajar sekali, namun kalau terlalu lama ada banyak hal negatif yang bisa terjadi jika kamu jarang mandi lho. Apa saja yang akan membayang-bayangimu saat malas mandi setiap hari?

Baca juga: Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin? Ini Dia Kelebihannya Masing-Masing

Keringat dan Bakter Bakteri Bercampur

Perlu Diwaspadai, Ini yang Terjadi Jika Kamu Jarang Mandi!
Foto: anmum.com

Sebenarnya, keringat ini tidak memiliki aroma atau bau. Namun, saat bercampur dengan bakteri alami pada kulit, akan menyebabkan bau badan. “Bau badan itu sendiri berasal dari bakteri yang memproduksi gas,” papar Dr. Nesheiwat, “dan ini bisa memburuk seiring waktu.”

Fakta lainnya, ada dua jenis kelenjar keringat yang menyebabkan berbagai aroma terjadi. Termasuk kelenjar keringat ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin bisa ditemukan pada semua  bagian tubuh sementara kelenjar apokrin hanya ada di daerah dekat folikel rambut seperti halnya ketiak dan selangkangan.

Jerawat Bisa Muncul

Penyebab timbulnya jerawat itu beragam, dan melewatkan mandi bisa memperburuk keadaan. Apalagi kalau kamu juga langsung pergi tidur tanpa membasuh muka sama sekali, Ladies. Bayangin, kamu akan tidur dengan kotoran, minyak, serta makeup yang menumpuk di kulit sepanjang hari. Belum lagi jika tempat tidur sedang tidak bersih, akan menambah jerawat muncul dengan cepat. Hiiiy~

Dr. Nesheiwat menyebutkan jika kulit kotor di wajah bisa menyebabkan komedo, pori-pori yang besar, jerawat, bahkan iritasi kulit. Karena hal itulah, meskipun kamu benar-benar lelah, usahakan untuk membersihkan kulit, dan mandi seperti biasanya di hari berikutnya.

Kuman Bisa Menyebabkan Penyakit

Perlu Diwaspadai, Ini yang Terjadi Jika Kamu Jarang Mandi!
Foto: freedesignfile.com

Saat ini ada jutaan bakteri yang merayapi seluruh tubuh. Dan bahkan meskipun kamu sudah mandi juga akan ada. Namun hal tersebut belum tentu buruk. Dr. Nesheiwat menyebutkan jika kita semua memiliki bakteri baik yang ada di kulit kita. Karena itulah kita perlu membantu bakteri baik itu dengan mandi. Jangan sampai bakteri-bakteri ini mengambil alih tubuh dan menyebabkan penyakit. Aktivitas jadi terganggu.

Bercak Kecoklatan Pada Kulit

Ada kondisi-kondisi ekstrim yang bisa menyebabkan kulit ada bercak coklat setelah satu menit terakhir mandi. Biasanya ini merupakan kasus ekstrim seperti tidak mandi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Kondisi ini disebut dengan dermatitis neglecta yang secara harfiah disebut mengabaikan kulit. Ini merupakan dampak yang begitu nyata dari tindakan tidak mandi.

Bisa Terjadi Infeksi Jamur Parah

Perlu Diwaspadai, Ini yang Terjadi Jika Kamu Jarang Mandi!
Foto: usdermatologypartners.com

Mandi ternyata tidak hanya terasa enak dan menyegarkan, namun juga penting untuk menjaga tubuh. Kulit merupakan pertahanan kita terhadap toxic atau racun yang berada di lingkungan. Jika tidak dirawat dengan baik dengan mandi ataupun mencuci muka kulit memiliki kesempatan untuk terinfeksi jamur seperti halnya kurap, panu, kudis, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Tips Mandi Lebih Cepat dan Efektif

Mandi setelah terpapar permukaan lantai bisa mencegah kulit dari berbagai infeksi. Ada banyak yang perlu untuk kamu khawatirkan, mulai dari serangga, bakteri, sampai dengan parasit yang bersembunyi di bawah kuku, selangkangan, belakang telinga, bahkan ketiak. Karena hal itulah, penting sekali untuk mencuci area-area yang telah disebutkan.

Bagaimana Ladies, apakah masih malas untuk mandi?

 

Sumber: bustle

Comments

Loading...