OUR NETWORK

Peraturan Nyeleneh Tentang Kesehatan di Berbagai Belahan Dunia

Peraturan Nyeleneh Tentang Kesehatan di Berbagai Dunia
Foto: wikimedia.org

Di Indonesia peraturan mengenai kesehatan mungkin masih sebatas dilarang merokok di sembarang tempat ataupun kewajiban menggunakan obat generik di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah. Namun, di beberapa negara dunia, ada peraturan-peraturan nyeleneh terkait kesehatan yang mungkin akan membuatmu geleng-geleng kepala saat mengetahuinya. Yuk, lihat ulasan lebih lengkapnya seperti listicle berikut ini.

Tidak Boleh Ada Truk Es Krim di Iowa, Amerika

Peraturan Nyeleneh Tentang Kesehatan di Berbagai Dunia
Foto: patch.com

Undang-undang satu ini ternyata tidak ada kaitannya dengan kandungan lemak dan gula pada es krim. Ternyata, di Des Moines yang merupakan ibu kota dari Iowa sudah melarang truk es krim dalam kurun waktu cukup lama, sejak 40 tahun lalu. Hal tersebut ditengarai oleh adanya seorang anak kecil berusia 9 tahun tewas menyeberangi jalan setelah membeli camilan sore hari. Padahal, anak itu tidak ditabrak truk es krim. Namun, penduduk Des Moines berjaga-jaga saja menyingkirkan truk es krim.

Anak Usia 16 Tahun ke Bawah Dilarang Tanning di Texas dan Delaware

Di Texas, anak usia di bawah 16 tahun dilarang melakukan tanning. Dan mereka yang berusia 16-19 harus mendapatkan izin orang tua jika ingin melakukannya. Sementara di Delaware, anak berusia 14 tahun ke bawah dilarang tanning tanpa seizin dokter, di bawah 18 tahun memerlukan izin orang tua. Dan dalam hal kesehatan, hal ini merupakan pencegahan terhadap kanker.

Tes Napas Sebelum Mengemudi di Prancis

Peraturan Nyeleneh Tentang Kesehatan di Berbagai Dunia
Foto: now97.7fm.com

Guna memerangi pengemudi mabuk, Prancis memberlakukan undang-undang di tahun 2012, bahwa setiap orang perlu menyimpan breathalyzer di mobil mereka. Gunanya untuk mengetahui tingkat alkohol sebelum mengemudi. Bahkan pengemudi yang tidak membawa perangkat tersebut akan mendapatkan denda.

Dilarang Memberi Merpati di San Fransisco 

Pemerintah San Fransisco melarangmu untuk memberi makan merpati. Pasalnya, burung-burung seperti halnya merati dianggap menyebarkan penyakit, sarangnya mengganggu keindahan kota, dan mereka memicu datangnya tikus. Memberi makan secara berlebihan dianggap membuat burung berkembang biak dengan cepat serta lupa caranya mencari makan sendiri. Jika kamu melakukannya, kamu akan didenda. Jika melihat orang yang melakukannya, bahkan bisa melaporkannya di 911.

Libur Saat Sakit di Washington

Peraturan Nyeleneh Tentang Kesehatan di Berbagai Dunia
Foto: keckmedicine.org

Libur saat sakit di Indonesia merupakan hal yang wajar, asalkan degan surat dari dokter. Namun di negeri barat seperti merupakan hal yang tidak biasa, banyak orang mati-matian tetap berangkat kerja meskipun sakit. Nah, tapi hal ini berbeda dengan Washington yang memberikan izin mereka yang sakit untuk tidak masuk kerja. Perusahaan yang memaksa karyawannya untuk tetap kerja saat sakit berarti melanggar hukum.

Baca juga: Kebijakan Baru Melarang Wanita di Jepang Menggunakan Kacamata Saat Kerja

Libur Saat Melakukan Donor Darah di Brasil

Saat melakukan satu kali donor darah, kamu bisa menyelamatkan 3 nyawa. Biasanya di Indonesia kamu akan mendapatkan sedikit makanan seperti susu, telur, dan juga mi instan. Namun hal tersebut berbeda dengan negara Brasil. Mereka memberikan hari libur bagi mereka yang mendonorkan darahnya. Kalo lagi males kerja, donor darah aja kali ya… hehehe.

Memang sekilas aneh tapi jika ditelusuri lebih dalam, semuanya bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan banyak orang. Jadi mana menurutmu yang paling nyeleneh?

 

Sumber: everydayhealth

Comments

Loading...