Penyebab dan Tips Mengatasi Sakit Kepala Saat Menstruasi

Saat menjelang menstruasi dan beberapa hari setelahnya, akan banyak keluhan yang dirasakan ya, Ladies. Mulai dari mual, nyeri, pegal-pegal, muntah, sampai dengan sakit kepala dan migrain. Dan hal tersebut wajar saja terjadi karena berbagai penyebab. Misalnya saja untuk sakit kepala ataupun juga migrain, hal ini disebabkan lantaran perubahan hormon pada tubuh wanita.

Baca juga: Sering Migrain? Coba Kurangi 4 Makanan Ini

Sering Migrain? Coba Kurangi 4 Makanan Ini

Hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam menstruasi juga berdampak pada senyawa kimia pada penyebab sakit kepada pada otak. Dan tepat sebelum menstruasi, kadar estrogen ataupun juga progesteron di dalam tubuh turun, sehingga sangat bisa menyebabkan yang namanya sakit kepala.

Supaya sakit kepala yang kamu derita tidak mengganggu berbagai kegiatan dan aktivitasmu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan nih…

Penyebab dan Tips Mengatasi Sakit Kepala Saat Menstruasi
Foto: Allure.com

  • Kompres dengan es. Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengusir yang namanya sakit kepala adalah mengompres di bagian yang sakit. Masukkan es ke dalam kain bersih atau wadah plastik, lalu balut dengan handuk, letakkan pada area yang sakit.
  • Latihan relaksasi. Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit kepada adalah dengan berlatih relaksasi.
  • Akupuntur juga bisa menurunkan sakit kepala dan membantumu untuk lebih rileks atau tenang.
  • Jangan terlalu lama di bawah sinar matahari. Usahakan untuk tidak terlalu lama terpapar dengan sinar matahari jika tidak mau semakin lemas.
  • Kurangi minuman keras. Hal lainnya yang perlu untuk kamu lakukan adalah mengurangi konsumsi minuman keras yang memiliki kandungan bernama tyramine tinggi yang bisa memperparah sakit kepala.
  • Ambil Triptans. Konsumsi triptans yang berperan untuk memperkecil pembuluh darah dan meredakan rasa sakit. Obat ini juga bisa meredakan yang namanya mual dan sakit kepala dalam jangka waktu yang cukup singkat, hanya dua jam saja.

Baca juga: Arti di Balik Kram Saat Menstruasi

Arti di Balik Kram Saat Menstruasi

Semua wanita memang unik dan memiliki reaksi sendiri-sendiri terhadap perubahan hormon. Bisa menyebabkan berbagai gangguan, tapi ada juga yang seakan tidak terganggu sama sekali. Namun, jika dirasa keluhan-keluhan saat menstruasi sudah sangat mengganggumu, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan kepada dokter. Dikhawatirkan itu merupakan gejala dari kondisi yang jauh lebih serius, Ladies.

Sumber: Mayoclinic, Alodokter, Foto cover: huffingtonpost.com

Must Read

Related Articles