OUR NETWORK

Manfaat Cuka Apel Menurut Ahli Nutrisi

Manfaat Cuka Apel Menurut Ahli Nutrisi
Foto: pixabay.com

Cuka apel atau apple cider vinegar tengah menjadi tren nih Ladies karena kandungannya yang baik bagi tubuh. Kalau kamu sangat suka dengan cider apel dan sering menggunakannya sebagai salad dressing atau topping pada menu makanan utamamu, cider apel memang bagus untuk hal tersebut karena tidak berkalori, meningkatkan cita rasa, dan memiliki resiko kesehatan rendah, kecuali untuk asam lambung ya karena sifatnya yang asam.

Baca juga: Sudah Tahu 9 Manfaat Cuka Apel Ini?

Sayangnya jika kamu mengkonsumsi langsung karena rumor tentang cuka apel yang mampu menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan berat badan, pikir-pikir lagi deh, Ladies. Pasalnya, kedua pernyataan tersebut belum didukung dengan pembuktian secara ilmiah.

Manfaat Cuka Apel Menurut Ahli Nutrisi
Foto: unsplash

Jadi, apa manfaat sesungguhnya dari cuka apel?

Cuka apel baik digunakan sebagai salad dressing. Komponen antioksidan yang dihasilkan kultur bakteri dan ragi dalam cider apel adalah elemen yang mampu membantu mengurangi penyakit berat. Seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penurunan fungsi kognitif tubuh. Oleh karena itu sulit untuk mengukur seberapa besar efektivitas dari konsumsi cuka apel terhadap kesehatan tubuh karena produksi antioksidan dari kultur bakteri dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Karena kandungan asam asetat yang memiliki hubungan dengan penurunan kadar kolesterol dalam darah, konsumsi cuka apel mungkin membantu mencegah penyakit jantung, terutama penyumbatan pada pembuluh darah. Namun, para ahli belum menemukan hubungan langsung antara polifenol dan antioksidan sebagai pelindung sel dari kerusakan. Ladies lebih baik ganti salad dressing kamu yang mengandung banyak gula dengan cuka apel yang rendah kalori ya.

Pernyataan yang Salah Tentang Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel Menurut Ahli Nutrisi
Foto: pixabay.com

Nah, sekarang apa saja pernyataan tentang cider apel yang salah? Pertama, konsumsi cuka apel tidak membuat kamu bebas mengonsumsi karbohidrat berlebihan. Memang ada penelitian yang mengatakan cuka apel membantu menurunkan kandungan karbohidrat, makanan dengan indeks glikemik tinggi, dan menurunkan produksi lemak di hati. Tetap saja, ini bukan berarti kamu bebas makan goreng-gorengan dan karbohidrat kompleks ya.

Cuka apel mampu membantu menurunkan kadar gula pada penderita diabetes, tapi bukan obat utama dari penyakit tersebut. Bahkan perlu penghitungan khusus antara konsumsi cider apel dengan insulin yang akan diberikan pada pasien.

Manfaat Cuka Apel Menurut Ahli Nutrisi
Foto: pixabay.com

Meminum langsung cuka apel juga tidak berhubungan dengan penurunan berat badan, tidak membuatmu makan lebih sedikit, juga tidak direkomendasikan untuk penderita konstipasi. Konsumsi cuka apel saat perut kosong justru membakar lambung dan menganggu pencernaan.

Baca juga: Lawan Bekas Jerawat dengan Bahan-Bahan Alami

Kesimpulannya, cuka apel bagus dalam salad, tapi bukan suplemen makanan. Apalagi untuk dikonsumsi langung, karena belum ada penelitian yang mendukungnya. Ladies sebaiknya merencanakan menu makanan sehat dengan bahan makanan beragam dan juga olahraga yang teratur demi kesehatan tubuh.

 

Sumber: goodhousekeeping

Comments

Loading...