OUR NETWORK

Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini

Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini

Saat pergantian musim, tubuh seringkali mengalami proses adaptasi yang ekstrem. Seringkali karena tubuh tidak kuat menghadapi perubahan musim yang terjadi, sistem kekebalan tubuh jadi melemah. Akibatnya akan banyak penyakit yang datang, mulai dari yang paling remeh seperti halnya batuk, flu sampai dengan gangguan penapasan. Kalau gini terus aktivitas jadi terganggu ya, Ladies?

Maka dari itulah, untuk menghadapi datangnya pergantian musim, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap sehat dan juga bugar. Berikut ini tips mudah yang bisa Ladies terapkan ya.

Tetap terhidrasi

Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini
Foto: cloudcomputingbuzznews.com

Seperti yang kita ketahui sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan, oleh sebab itu usahakan untuk membuatnya tetap terhidrasi. Jangan sampai mengalami dehidrasi, bisa berantakan nanti. Apalagi saat pergantian dari musim penghujan ke panas, perlu tambah pasokan cairan ya. Maka dari itu selalu konsumsi setidaknya 2 liter atau 8 gelas air setiap harinya agar tubuh tetap mendapatkan pasokan cairan yang cukup.

Atur pola makan

Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini
Foto: stylecraze.com

Meskipun kamu sekarang tidak sedang program penurunan berat badan, mengatur pola makan ini merupakan gaya hidup yang baik dilakukan lho Ladies. Karena tak bisa dipungkiri jika pola makan sudah baik, tubuh akan senantiasa sehat dan bugar. Caranya, perbanyak makanan hangat dan segar, hindari yang namanya overeating atau makan berlebihan. Hindari makan makanan yang terlalu berminyak dan lebih memilih serat agar pencernaan bisa lancar.

Konsumsi tanaman herbal

Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini
Foto: drweil.com

Indonesia memiliki segudang tanaman herbal yang bisa kamu konsumsi. Mulai dari rempah-rempah sampai dengan dedaunan yang penuh manfaat. Misalnya saja saat cuaca sedang dingin, kamu bisa menghangatkan tubuh dengan membuat teh jahe atau lain sebagainya. Bisa juga menambahkan madu ke berbagai tanaman herbal yang dikonsumsi. Ini untuk membantu sistem kekebalan tubuh supaya nggak gampang sakit.

Konsumsi suplemen

Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini
Foto: cdn.com

Jika dirasa tanaman herbal kurang, kamu juga bisa menambah asupan suplemen untuk tubuh. Macam suplemen kan banyak sekali ya, dari berbagai vitamin sampai dengan mineral, jadi kamu bisa pilih mana yang paling dibutuhkan tubuh saat itu. Terlebih lagi kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, suplemen ini sangat diperlukan agar tidak ada yang namanya kambuh saat pergantian musim.

Olahraga teratur

Yuk, Jaga Kesehatan di Pergantian Musim dengan Tips Ini
Foto: media.self.com

Tak bisa dipungkiri olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain membuat tubuh aktif bergerak olahraga ini memiliki segudang manfaat, misalnya saja meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun melalui keringat dan membuat tubuh tak kaku serta tetap bugar dalam segala kondisi. Yuk, sempatkan setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk olahraga.

Tak hanya menjaga kesehatan saja yang perlu dilakukan saat pergantian musim, kamu juga perlu tetap merawat kecantikan. Misalnya saja di musim panas bibir akan cepat kering maka dari itu selalu siap sedia lip balm kemanapun kamu pergi. Keseringan berada di ruang ber-AC juga bisa membuat kulitmu kering. Jangan lupa juga selalu membawa pelembab kulit. Jadi, meski sedang pergantian cuaca yang ekstrim kamu bisa tetap sehat sekaligus segar.

Sumber: listdose, teen, Foto cover: rd.com

Comments

Loading...