OUR NETWORK

Kenali Skin Barrier dan Apa Manfaatnya Bagi Kulit Kita

Kenali Skin Barrier dan Apa Manfaatnya Bagi Kulit Kita
Foto: skingurus.gr

Kulit adalah organ dengan bagian terbesar dari tubuh kita ya, Ladies. Kulit juga merupakan salah satu organ pelindung terbaik tubuh dari dunia luar. Tahukah Ladies bahwa produk kecantikan yang kita gunakan setiap hari tidak selalu bekerja secara prima dalam melindungi kulit? Bahkan, alih-alih melindungi kulit, sebagian produk justru dapat menjadi malapetaka bagi kulit kita, lho. Ada beberapa produk kecantikan yang justru membahayakan lapisan kulit terluar kita.

Baca juga: 5 Trik Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Lapisan kulit terluar atau skin barrier

Apa sih lapisan kulit terluar itu? Kulit pelindung atau lebih kita kenal dengan skin barrier adalah bagian luar kulit yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Skin barrier pada dasarnya adalah lapisan terluar sel-sel kulit yang pada umumnya berupa stratum corneum ditambah matriks lipid (terdiri dari ceramide, kolesterol dan asam lemak) yang menyatukan sel-sel tersebut.

Kamu bisa analogikan skin barrier ini seperti sebuah dinding bata: sel-selnya adalah batu bata, dan matriks lipid adalah mortar. Secara keseluruhan, skin barrier ini berfungsi sebagai penghalang untuk perlindungan penting dari iritasi lingkungan dan mikroba berbahaya, tetapi juga sangat mudah ditembus karena teksturnya yang halus.

Apa manfaat skin barrier bagi kita?

Pada dasarnya, skin barrier ini bertanggung jawab untuk menjaga kulit dari bahaya hidrasi, menjaga kelembutan dan kekencangan kulit. Skin barrier juga membantu kita melindungi kulit dari bahan kimia yang berpotensi merusak dan mengiritasi. Ya, mirip-mirip lapisan pelindung luar, Ladies.

Jadi, seberapa penting sih skin barrier ini? Sangat penting dong! Menurut ahli kulit Dr. Peter M. Elias mengatakan bahwa dari semua fungsi pelindung kulit yang paling penting adalah penghalang permeabilitas karena memperlambat proses “kehilangan air dan penguapan transkutan.” Sehingga, hal itu membuat kulit kita tetap lembap dan kenyal.

Skin barrier juga bisa rusak lho, Ladies

Bagaimana kamu bisa mengetahuinya kalau skin barrier kamu rusak? Nah, Ladies pernah nggak merasakan kulit kamu meradang, terkelupas, sensitif, atau kering secara tiba-tiba? Itu tandanya bahwa kulit penghalang Ladies sedang mengalami gangguan. Gangguan skin barrier ini bahkan dapat menyebabkan jerawat atau ruam.

Apa sih yang menyebabkan kerusakan skin barrier ini? Produk perawatan kulit dengan bahan-bahan yang terlalu keras dan pengelupasan berlebih dan lingkungan yang ekstrim (seperti dingin atau angin), adalah dua dari beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab utama kerusakan skin barrier kamu, Ladies. So, be aware ya sama produk skincare yang kamu gunakan!

Baca juga: Perbahan Hormon Turunkan Kesehatan Kulit, Ini Cara Mengatasinya

Sebelum kulit penghalangmu terlanjur rusak, sebaiknya kamu optimalkan upaya untuk menjaganya. Kamu bisa mempertahankan skin barrier yang sehat dengan mengurangi produk-produk yang merusak seperti asam, scrub atau pembersih minyak. Lebih baik gunakan pelembap lembut, minyak wajah atau bahan-bahan yang menenangkan yang akan memperkuat dan menghidrasi kulit kamu, Ladies.

Kalau sudah terlanjur rusak, bagaimana cara memperbaikinya? Pertama, coba cek kembali produk kecantikan yang kamu gunakan, bisa jadi itu karena produk itu nggak cocok atau terlalu keras. Nah, kamu bisa menghentikan penggunaannya. Ciri paling umum kerusakan skin barrier karena persoalan produk ini biasanya timbul ruam di kulit. Jika hal itu masih terus berlanjut ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat membantu kamu menemukan masalah mendasar dan bagaimana cara mengobatinya.

 

Sumber: purewow

Comments

Loading...