OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Apakah Sarung Bantal Sutra Memiliki Manfaat Nyata untuk Rambut dan Kulitmu?

Sarung bantal sutra disebut-sebut memiliki khasiat mengurangi kerutan pada kulit, memperbaiki kulit, serta memiliki manfaat tersendiri untuk rambut? Namun apakah khasiatnya sepadan dengan biayanya sebab sarung bantal sutra pastinya tidak murah, Ladies. Inilah pendapat para ahli mengenai sarung bantal sutra, Ladies, simak di bawah ini!

Sutra vs kapas

Apakah Sarung Bantal Sutra Memiliki Manfaat Nyata untuk Rambut dan Kulitmu?
Foto: goodghousekeeping

Sarung bantal sutra mulai populer digunakan kurang lebih empat tahun yang lalu. Dan kabarnya, ada banyak penggemar sarung bantal katun yang hijra, Ladies. Mereka meyakini bahwa sarung bantal sutra mereka memiliki manfaat kecantikan untuk kulit dan rambut mereka. 

Tentu saja klaim tersebut menyisakan sebuah pertanyaan mahal, harga terendahnya saja sekitar Rp300rb, apakah sarung bantal benar-benar membantu mengurangi kerutan, ujung bercabang, dan rambut keriting? Apakah mereka layak untuk ditebus dengan harga setinggi itu?

Secara umum, dokter kulit mengatakan tampaknya tidak ada kerugian untuk memilikinya, selain dari label harga yang mahal. 

“Kulit kita adalah organ terbesar kita, dan saya percaya bahwa produk apa pun yang dapat membantu menjaga tekstur kulit kita sangat berharga,” kata Orit Markowitz, MD, dokter kulit dari SUNY Downstate University di New York City. “Saya telah melihat ini secara langsung dengan pasien saya ketika mereka masuk dan menunjukkan bahwa mereka telah memperhatikan satu sisi wajah mereka tampak lebih ‘cekung.’ Ketika saya bertanya apakah itu sisi tempat mereka tidur, jawabannya adalah ya.”

Sarung bantal sutra memberi tidur yang lebih lelap, tetapi tidak akan menyelesaikan semua masalah kulit. Jika Ladies siap beralih ke sutra, kulitmu mungkin mendapat manfaat.

“Rasanya enak di kulit. Ini memberi efek bahwa kulit ‘tergelincir’ di sarung bantal,” kata Dennis Gross, MD, dokter kulit yang berbasis di New York. Namun, dia mengingatkan, jangan berpikir bahwa sarung bantal sutra akan menyelesaikan masalah perawatan kulit seperti masalah penuaan.

“Anda harus berinvestasi dalam perawatan kulit klinis yang menggunakan bahan aktif seperti vitamin C, retinol, dan asam alfa dan beta hidroksi untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin Anda. Ini akan membantu mengencangkan kulit sehingga Anda tidak akan melihat garis bantal, apa pun jenis bantal yang Anda gunakan.”

Namun, krim malam yang mahal itu akan lebih cocok dengan sutra, kata Dr. Markowitz. “Kain menyerap kelembapan lebih sedikit daripada kapas, sehingga kulit Anda akan tetap lebih terhidrasi semalaman, dan pelembab malam Anda juga akan bertahan di wajah Anda dibandingkan diserap oleh kain.”

Mengurangi stres pada rambut

Apakah Sarung Bantal Sutra Memiliki Manfaat Nyata untuk Rambut dan Kulitmu?
Foto: nymag

Dengan cara yang sama seperti sutra tidak menghilangkan kelembapan kulit, hal itu mungkin berlaku juga untuk minyak dan produk alami pada rambut. Selain itu, sarung bantal sutra juga bisa menghilangkan tampilan bedhead yang menakutkan.

Dengan gesekan yang lebih sedikit dan kusut yang lebih sedikit, penggemar sarung bantal sutra mengatakan bahwa mereka bangun dengan lebih sedikit kusut dan mengalami lebih sedikit rontok san kerusakan seiring waktu.

Baca juga: Ingin Kulit Wajah dan Rambut Lebih Halus di 2020? Gunakan Sarung Bantal Sutra!

Manfaat sarung bantal sutra

Apakah Sarung Bantal Sutra Memiliki Manfaat Nyata untuk Rambut dan Kulitmu?
Foto: realsimple

Sementara studi tentang sutra dan efeknya pada kulit dan rambut masih sedikit, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 dalam jurnal Dermatology Reports menemukan bahwa mengenakan “pakaian dalam” sutra selama satu bulan terbukti efektif dalam mengobati dermatitis atopik, atau eksim, dengan menenangkan merah, gatal. ruam yang merupakan karakteristik dari kondisi tersebut.

“Penyakit inflamasi kulit seperti dermatitis atopik dan psoriasis cenderung kambuh ketika mereka menemukan bahan kasar seperti sarung bantal katun,” kata Dr. Markowitz. “Oleh karena itu, penggunaan bahan ringan seperti sutra akan sangat bermanfaat untuk jenis kulit ini karena tidak akan mengiritasi kulit saat Anda tidur.”

Dr Markowitz juga mencatat bahwa sutra dapat memberikan efek antimikroba. “Antimikroba juga telah ditemukan dalam tekstil sutra, membuat kasus bahwa orang dengan jerawat dan dermatitis atopik akan mendapat manfaat dari sarung bantal sutra,” katanya. “Antimikroba adalah agen yang membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan sangat membantu dalam penyembuhan kulit yang terkena.”

Bagaimana, tertarik untuk membeli sarung bantal sutra, Ladies?

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles