OUR NETWORK

Kamu Sering Merasa Haus di Malam Hari? Waspadai Penyakit-penyakit Ini!

Kamu Sering Merasa Haus di Malam Hari? Waspadai Penyakit-penyakit Ini!

Saat banyak beraktivitas, akan wajar sekali jika tubuh mudah haus ya, Ladies. Ditambah lagi dengan lingkungan yang panas pula. Karena hal itulah, sangat perlu asupan cairan ke dalam tubuh. Lalu bagaimana dengan sering merasa haus saat malam hari? Sekali atau dua kali mungkin merupakan hal yang wajar, lalu bagaimana jika haus di malam hari intensitasnya sangat sering?

Baca juga: Gangguan Metabolisme Bisa Menyebabkan Penyakit Ini, Ladies

Penyebab Paling Umum Rasa Haus di Malam Hari

Kamu Sering Merasa Haus di Malam Hari? Waspadai Penyakit-penyakit Ini!
Foto: mnn.com

Penyebab paling umum munculnya rasa haus di malam hari adalah dehidrasi. Bisa jadi kamu kekurangan minum sebelum tidur. Tidak hanya itu saja, keluarnya keringat saat tidur juga bisa menjadi penyebab kenapa kamu kehausan. Sementara untuk kamu yang suka makanan pedas ataupun juga asin, itu juga menjadi pemicunya. Biasanya tenggorokan akan terasa kering dan membutuhkan air.

Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Kamu Sering Merasa Haus di Malam Hari? Waspadai Penyakit-penyakit Ini!
Nggak gini juga sih… Foto: videoblock.com

Namun, jika kamu merasa rasa haus terlalu sering datang di malam hari sampai menggangu, tidak bisa tidur misalnya mungkin bisa jadi merupakan pertanda adanya beberapa penyakit.

  • Diabetes mellitus – Haus yang berlebihan di malam hari juga bisa disebabkan lantaran kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Rasa haus ini disebut sebagai polydipsia yang merupakan gejala dari mereka yang mengalami diabetes tipe 2.
  • Xerestomia – Yakni kondisi di mana kelenjar ludah tidak bisa memproduksi air liur secara cukup. Mulut kering di sini bisa diakibatkaan dari obat-obatan tertentu. Masalah penuaan ataupun juga efek terapi radiasi kanker.
  • Diabetes insipidus – Selanjutnya adalah diabetes insipidus yang menyebabkan ketidakseimbangan air di dalam tubuh sehingga orang jadi sering buang air kecil dan haus berlebihan.

Cairan yang Baik untuk Dikonsumsi

Kamu Sering Merasa Haus di Malam Hari? Waspadai Penyakit-penyakit Ini!
Foto: mydaynightplumber.com

Untuk membuat tubuh tetap sehat, ada beberapa pilihan cairan yang bisa dijadikan asupan. Misalnya saja air putih, air kelapa dan juga susu hangat. Ketiga jenis minuman yang disebutkan sebelumnya memiliki kandungan bahan-bahan yang begitu bagus untuk kesehatan tubuh. Maka dari itulah, jangan sungkan untuk memperbanyak stoknya di rumah.

Baca juga: Terlalu Banyak Minum Air Putih Juga Berbahaya Lho, Berikut Dampaknya

Nah, bagi kamu yang dirasa memiliki rasa haus yang berlebih dan tidak terkontrol, lagi bisa segera memeriksakan diri ke dokter ya. Supaya segera diketahui penyakit yang sedang mengintai.

 

Sumber: Hello Sehat, Alo Dokter, Foto cover: foodsforbetterhealth.com

Comments

Loading...