OUR NETWORK

Ini Manfaat Olahraga Tinju dan Muaythai Bagi Tubuhmu

Ini Manfaat Olahraga Tinju dan Muaythai Bagi Tubuhmu
Foto: pexels.com

Beberapa tahun ini, tren olahraga yang tengah digemari banyak orang ialah olahraga bela diri, seperti tinju dan muaythai. Tapi jangan khawatir, Ladies, olahraga ini tidak semenyeramkan yang ditunjukkan di pertandingan yang dimuat di layar kaca, di mana wajahmu akan berakhir bonyok. Justru, olahraga ini memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh kita, loh! Tidak hanya manfaat baik untuk fisik, tetapi juga untuk mentalmu.

Baca juga: Subscribe 5 YouTube Channel Ini, Dijamin Motivasi Olahragamu Makin Tinggi

Meski tampak seperti olahraga yang berat, orang-orang yang melakukan olahraga ini juga tidak semuanya telah memiliki tubuh yang build-up atau berotot. Beragam bentuk dan ukuran tubuh melakukan olahraga ini. Karena memang berbagai manfaat yang didapatkan dengan melakukan olahraga yang berdurasi kurang lebih 45 menit ini. Penasaran, bukan, apa saja manfaatnya? Simak, yuk!

Melatih Kepercayaan Diri

Buat kamu yang pertama kali mencoba olahraga ini, wajar bila kamu merasa takut dan khawatir kamu akan menjadi minoritas dengan tubuh yang belum ideal. Namun, saat dengan kamu memberanikan untuk ikut latihan, kemudian kamu menemukan bahwa orang-orang yang tergabung di latihan tersebut tidak memiliki tubuh seperti yang kamu khawatirkan. Dalam tahap ini secara tidak langsung, kamu telah melatih kepercayaan dirimu.

Berolahraga sambil Bersenang-senang

Iringan musik yang berdentum di dalam studio latihan sepanjang berolahraga tinju atau muaythai akan memberikan nuansa pesta dansa di siang hari, di mana, pasangan dansamu ialah punching bag yang siap kamu ajak bergoyang.

Full Body Sport

Selama 45 menit, instruktur tinju atau muaythaimu tentunya akan memberikan beberapa variasi gerakan seperti, jab, strike, hook, dan uppercut punches. Meski tidak seperti muaythai yang juga melibatkan gerakan kaki, tidak berarti kaki dalam olahraga tinju tidak digunakan. Pada olahraga tinju, sikap kaki yang tepat sangat diperlukan untuk memastikan setiap pukulan dilakukan dengan benar dan untuk menghindari cedera. Dengan kata lain, olahraga ini mendorong seluruh bagian tubuhmu untuk berolahraga secara maksimal.

Olahraga yang melibatkan seluruh bagian tubuh ini ditunjukkan dengan melakukan berbagai gerakan tersebut dengan cepat dengan urutan yang berubah-ubah, sehingga membuat detak jantungmu naik dengan cepat, yang merupakan inti dari olahraga ini.

“Jika kamu melakukan tinju dengan benar, setiap pukulan akan dimulai dari dorongan kaki yang akan membuat seluruh tubuhmu bekerja, sehingga kamu akan mendapatkan olahraga kaki, olahraga ab, dan olahraga lengan pada setiap pukulan yang kamu luncurkan, karena inti kekuatannya berasal dari rotasi pinggulmu,” jelas salah satu pendiri dan pemilik BoxUnion, Alexander. Ditambah dengan ritme lagu yang cepat, tubuhmu akan terus terdorong untuk bergerak, sehingga kamu tubuhmu akan terus berolahraga sepanjang latihan.

Baca juga: Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu

Pereda Stres Terbaik

Alexander mengatakan bahwa olahraga tinju atau muaythai bukan hanya memberikan manfaat bagi fisik, tetapi juga pikiran seseorang, dalam hal ini untuk mengurangi stres. Sama seperti olahraga cardio yang intens, olahraga tinju atau muaythai juga dapat menjadi pereda stres yang baik. Olahraga ini memungkinkan dirimu untuk meluapkan kegelisahan, amarah, frustasi ke ujung tinjumu pada samsak.

Dengan kata lain, olahraga ini juga dapat menjadi terapi untuk menyeimbangkan dan antara kekuatan otot dan pikiran. Di mana, kekuatan setiap pukulan yang dikeluarkan tidak hanya berasal dari otot, melainkan juga kombinasinya dengan kekuatan pikiran.

Namun, sebagaimana tujuannya untuk mencapai keseimbangan, jangan sampai kekuatan salah satu elemen lebih besar dibandingkan yang lain. Misalnya, karena kamu tengah kesal kepada seseorang atau kamu sedang mengalami hari yang buruk, kemudian kamu meluapkannya secara berlebihan pada samsak dengan meninjunya sekencang mungkin. Bukannya memberikan kelegaan, kamu justru akan berakhir cedera.

Refleksi Diri

Tidak hanya meredakan amarah, Alexander menambahkan bahwa pada setiap pukulan yang diluncurkan saat latihan juga dapat menjadi refleksi diri. Terapi ini bekerja di saat pola pikir yang terbentuk bukan lagi seberapa keras kita memukul, melainkan betapa lembut tubuh kita di hadapan samsak, untuk menyadari atau merefleksi kekuatan kita, dalam hal ini tidak hanya terkait kekuatan fisik, melainkan juga kekuatan mental kita.

Disiplin Jalani Pola Hidup Sehat

Mengingat cardio yang diterapkan dalam olahraga tinju dan muaythai yang cukup berat, olahraga ini tidak diperuntukkan untuk dilakukan setiap hari, melainkan sekitar dua kali seminggu. Pasalnya, jika dilakukan setiap hari, bukannya meningkatkan stamina, justru membuat tubuh menjadi mudah lelah sehingga, akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Pola dua kali seminggu ini juga secara tidak langsung membantumu untuk disiplin dalam pola hidup sehat, loh!

Nah, dari ulasan-ulasan di atas, sudah jelas bukan manfaat olahraga tinju dan muaythai ini yang juga menjadi alasan mengapa olahraga ini beberapa tahun ini menjadi tren yang digemari. So, buat kamu yang tertarik berolahraga sekaligus belajar beladiri, tidak ada salahnya kamu mencoba olahraga ini, Ladies.

Sumber: thezoereport  Foto cover: pexels.com

Comments

Loading...