OUR NETWORK

Ini Dia! Rekomendasi Roti yang Sehat untuk Dietmu

Ini Dia! Rekomendasi Roti yang Sehat untuk Dietmu
Foto: kumparan.com

Kamu pencinta roti tapi harus menyingkirkannya demi program dietmu? Hmm, jangan khawatir, Ladies. Kabar baiknya, meski sedang menjalani program diet, kamu masih bisa kok mengonsumsi karbohidrat  dalam bentuk roti.

Meningkatnya popularitas diet ketogenik atau yang lebih dikenal dengan program diet keto dengan menekankan makan banyak tanpa karbohidrat membuat karbohidrat sangat dihindari oleh para pelaku diet. Karbohidrat seolah menjadi pantangan bagi mereka yang sedang menjalani program diet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan proporsional.  

Baca juga: No Rice Diet: 5 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Padahal Ladies, karbohidrat ini merupakan jenis nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, lho. Karbohidrat merupakan sumber energi utama berupa glukosa yang diubah oleh insulin tubuh kita menjadi bahan bakar yang digunakan untuk mendukung fungsi dan aktivitas tubuh.

Rupanya, menurut US News and World Report, ada cara yang jauh lebih baik untuk mengatur pola makan dan pola diet, yaitu dengan mengikuti pola diet Mediterania. Diet ini justru dinilai lebih sehat. Tanpa harus bermusuhan dengan karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh, diet ini justru menganjurkan kita untuk mengonsumsi makanan dari hasil bumi seperti ikan, minyak zaitun, bahkan roti.

Pilihlah Roti dari Biji-Bijian Utuh yang Kaya Nutrisi

Ini Dia! Rekomendasi Roti yang Sehat untuk Dietmu
Foto: alodokter.com

Tentu saja tidak semua jenis roti memiliki nilai gizi yang sama ya, Ladies. Kita harus memilih jenis roti yang sehat dan tepat untuk kebutuhan tubuh kita, terutama sih kebutuhan diet kita. Nah, tahukah Ladies? roti yang sehat ini justru terbuat dari biji-bijian utuh, lho. Hal ini karena biji-bijian utuh masih mengandung bekatul, kuman, dan endosperma yang justru memiliki komponen nutrisi yang besar seperti serat, vitamin B, seng, magnesium, zat besi, dan tembaga. Inilah yang kemudian membuat roti dari biji-bijian utuh berbeda dengan produk roti olahan seperti white bread yang sudah melalui banyak proses pengolahan di mana kualitas gizinya lebih rendah.   Salah satu yang paling sering kita temui adalah roti gandum utuh.

Sprouted Grain Bernutrisi Tinggi

Nah, ada yang lebih menarik lagi, Ladies. Roti gandum utuh pun memiliki varian yang menentukan nilai kandungan nutrisi di dalamnya. Roti gandum utuh dengan kualitas tinggi adalah roti gandum yang berasal dari biji-bijian yang sudah bertunas atau berkecambah atau lebih familiar dengan istilah “sprouted grain”.

Ini Dia! Rekomendasi Roti yang Sehat untuk Dietmu
Foto: youbeauty.com

Dilansir dari Instyle, ahli gizi nabati, Sharon Palmer mengatakan bahwa proses perkecambahan pada biji-bijian inilah yang mengakibatkan nutrisinya lebih besar. Perkecambahan berfungsi meningkatkan ketersediaan fosfor, zat besi, seng, kalsium, mangan, kalium, magnesium, asam folat, vitamin A, C, asam amino, serat, dan senyawa fenolik dalam biji. Inilah yang kemudian membuat biji yang berkecambah lebih bernutrisi dibanding biji biasa. Selain itu, tingginya kandungan tersebut juga membuat roti dari biji gandum yang tumbuh ini lebih mudah dicerna.

Lalu bagaimana Ladies bisa mendapatkan roti yang terbuat dari sprouted grain ini? Ladies tetap harus jeli ya, karena bisa saja istilah sprouted grain ini hanya sebatas istilah yang digunakan untuk kepentingan pemasaran produk. Beberapa hal yang harus Ladies perhatikan ketika mencari roti gandum utuh di toko adalah sebagai berikut!

  1. Coba lihat bahannya! Roti yang sehat harus terbuat dari tepung gandum 100% atau murni bukan tepung gandum yang diperkaya.
  2. Perhatikan kadarnya! Paling tidak roti yang kamu pilih harus mengandung 2 gram serat dan 3 gram protein atau lebih per sajian.
  3. Tidak mengandung banyak gula dan hanya boleh 4 gram atau kurang dari itu.
  4. Tidak mengandung lemak jenuh ya, Ladies. Harus diteliti apakah di kemasan tertulis 0 gram lemak per sajian.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Diet Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Gimana nih, Ladies? sudah dapat gambaran kan bagaimana harus mengatur pola diet sehatmu dengan tetap mengonsumsi karbohidrat? Kalau kamu masih bingung untuk memilih roti gandum utuh terbaik, Instyle merekomendasikan beberapa merek yang mungkin bisa kamu pertimbangkan seperti Angelic Bakehouse 7-Grain Sprouted Bread, Food for Life Yehezkiel 4:9 Original Sprouted Bread, dan Silver Hills 100% Sprouted Mack’s Flax Power Bread. Tiga jenis roti ini bisa jadi pilihan baik buat kamu yang ingin diet sehat dengan karbohidrat, nih. Sekarang udah nggak bingung lagi kan, Ladies?

 

Sumber: instyle

Comments

Loading...