OUR NETWORK

Ini Cara Tetap Aman Berolahraga Meski Virus Corona Melanda

Ini Cara Tetap Aman Berolahraga Meski Virus Corona Melanda
Foto: goodfon.com

Supaya tubuh tetap sehat, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan tetap aktif bergerak atau olahraga. Keringat keluar dan sistem kerja tubuh lancar, pikiran pun jernih. Jika sudah begini sistem kekebalan tubuh akan tetap optimal, tidak akan mudah terpapar virus. Namun karena virus corona, banyak orang takut melakukan olahraga di luar ruangan.

Aturan sosial distancing membuat banyak orang hanya berdiam diri tanpa banyak aktivitas. Takutnya, bukan virus corona yang menghantui, bisa jadi penyakit lainnya juga loh. Sebenarnya keadaan masih cukup aman untuk berolahraga di luar. Berikut ini ada tips aman berolahraga menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention atau CDC).

Bisa Lakukan di Luar Rumah dengan Tetap Waspada

Ini Cara Tetap Aman Berolahraga Meski Virus Corona Melanda
Foto: commons.org

Pihak CDC merekomendasikan orang-orang untuk tetap aktif bergerak untuk membuat tubuh tetap bugar. “Ciptakan jadwal-jadwal untuk aktivitas self-care, ini termasuk juga dengan olahraga teratur.” Aktivitas fisik terbukti meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal tersebut sudah terbukti dalam penelitian yang ditemukan pada tahun 2018 yang diunggah di Journal of Sport and Health Science.

Bahkan saat ini, San Francisco yang melakukan semi-lockdown masih membiarkan orang untuk olahraga di luar ruangan. Sementara untuk kegiatan-kegiatan luar ruangan yang tidak terlalu penting seperti halnya ke salon, belanja untuk foya-foya, atau pesta malam hari untuk sementara dilarang.

Jangan Gunakan Masker

Ini Cara Tetap Aman Berolahraga Meski Virus Corona Melanda
Foto: runtastic.om

Sebenarnya penggunaan masker ini diperuntukkan bagi mereka yang sakit supaya tidak menyebarkan virusnya. Namun, karena banyak orang panik dan sebagai tindakan pencegahan, hampir semua orang sekarang menggunakannya. Namun saat olahraga, jangan gunakan masker, baik yang tipis atau tebal.

Olahraga yang sehat memerlukan banyak oksigen untuk masuk ke dalam tubuh. Jika memakai masker akan panas dan menimbulkan rasa kurang nyaman. Lepaskan masker dan menikmati udara segar di sekeliling lingkungan saat olahraga.

Lakukan Social Distancing

Ini Cara Tetap Aman Berolahraga Meski Virus Corona Melanda
Foto: dallasnews.com

Hal lainnya yang diinstruksikan untuk dilakukan adalah melakukan social distancing, setidaknya jarak 6 kaki dari orang lain, 1,8 meter. Karena virus ini sangat mudah menyebar melalui udara, tetap berada di jarak aman. Supaya tidak bertemu dengan orang lainnya. Lakukan olahraga di lokasi yang tidak terlalu banyak keramaian.

Terapkan Tindakan Pencegahan

Ini Cara Tetap Aman Berolahraga Meski Virus Corona Melanda
Foto: wellandgood.com

Satu hal lagi yang perlu untuk ditekankan dalam diri baik-baik. Yaitu selalu patuhi semua aturan yang diinstruksikan. Misalnya saja mencuci tangan lebih sering, hindari menyentuh area wajah, dan sebisa mungkin lakukan pembersihan pada barang-barang di sekitar lingkungan dan areamu. Dan segera ganti baju serta bersihkan tubuh setelah berolahraga dan kembali ke rumah. 

Baca juga: Corona Anxiety: Lakukan Hal Berikut Ketika Cemas saat Dikarantina

Mungkin kamu bosan dengan anjuran cuci tangan atau jangan menyentuh wajah plus social distancing, tapi karena memang virus ini sudah memakan banyak korban, mau tidak mau perlu untuk dilakukan. Ingat Ladies, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. 

 

 

Sumber: Prevention, ayobandung

Comments

Loading...