OUR NETWORK

Ini Cara Cek Kesehatan Tubuh dari Visualisasi Kukumu

Ini Cara Cek Kesehatan Tubuh dari Visualisasi Kukumu
Foto: mybeautyandgo.co.uk

Sekilas, kuku hanya terpikir sebagai salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi kulit dan mempercantik penampilanmu. Namun, ternyata, tidak hanya itu loh, fungsi kuku. Si kecil di setiap jemarimu ini ternyata dapat memberikan petunjuk-petunjuk penting tentang kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Kuku Tebal: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Menurut seorang dokter, Monisha Bhanote, pola makan yang buruk dan kurangnya nutrisi di dalam tubuh akan langsung terlihat pada kondisi kuku. Namun, tidak berhenti sampai situ, kuku juga mampu memperlihatkan pertanda-pertanda gangguan lain pada tubuhmu yang perlu kamu perhatikan, loh! Apa saja ya itu, simak yuk!

Ini Cara Cek Kesehatan Tubuh dari Visualisasi Kukumu
Foto: cbsnews.com

1. Kuku bertekstur

Menurut Bhanote, kuku yang bertekstur merupakan salah satu pertanda awal tubuh kamu mengalami peradangan sendi atau psoriasis.

2. Bintik putih

Bintik putih yang muncul pada kuku bukanlah hal yang normal. Dokter Luiza Petre menyatakan, kemunculan bintik putih dapat disebabkan oleh banyak hal yang berbeda, diantaranya infeksi jamur, reaksi alergi, cedera kuku, kekurangan vitamin atau penyakit sistemik. Selain itu, ini juga dapat menjadi pertanda adanya perubahan dalam diet yang kamu lakukan.

“Tingkatkan asupan kalsium dan vitamin C untuk mengurangi potensi bintik-bintik putih tersebut berkembang pada kuku. Ketika bintik-bintik putih ini bertambah bersamaan dengan gejala penyakit lain seperti infeksi atau paparan bakteri, maka, kamu perlu mencari bantuan medis,” jelasnya.

3. Kuku bergerigi

Bila kamu menemukan permukaan kukumu bergerigi, hal pertama yang perlu kamu perhatikan ialah apakah arahnya vertical atau horizontal. Jika arahnya vertical dan terjadi pula perubahan warna pada kukumu, menurut Bhanote, bisa jadi ini pertanda kamu tengah mengalami anemia defisiensi besi. “Namun, bila geriginya berbentuk horizontal, ini merupakan indikasi penyakit ginjal atau reaksi obat,” jelasnya.

Ini Cara Cek Kesehatan Tubuh dari Visualisasi Kukumu
Foto: prevention.com

4. Kuku berwarna kuning

Ladies, perhatikan warna ini bukan setelah memegang kunyit, ya, tapi saat dalam kondisi kukumu bersih. Bila kukumu masih menunjukkan warna kuning, Dokter Richard Honaker menyatakan, ini merupakan pertanda beberapa penyakit, diantaranya infeksi jamur, penyakit hati atau penyakit ginjal.

5. Alas kuku tampak pucat

Bila alas kukumu tampak lebih putih pucat dari biasanya, ini bisa jadi merupakan pertanda penyakit. Ada beberapa penyakit yang menurut Bhanote membuat kukumu menjadi tampak pucat, diantaranya anemia, penyakit hati atau gagal jantung kongestif.

6. Kuku berwarna kebiruan

Warna kuku yang kebiruan merupakan pertanda kamu tidak mendapatkan cukup oksigen. Hal ini dapat menjadi indikasi penyakit paru-paru atau kardiovaskular.

7. Kuku terasa kering, rapuh atau mudah retak

Bhanote menyatakan, kuku yang terasa kering, rapuh, atau mudah retak, merupakan gejala dari hipotiroidisme atau anemia yang kekurangan zat besi. Hal ini dapat terlihat ketika kamu terus menerus mencuci tangan. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, ia menyarankanmu untuk melindungi tangan dengan sarung tangan atau menggunakan lotion.

Ini Cara Cek Kesehatan Tubuh dari Visualisasi Kukumu
Foto: onhealth.com

8. Pigmen kuku berwarna biru tua atau hitam

Bila terjadi perubahan warna pada satu kuku dan tampak gelap, Bhanote menyarankan untuk segera diperiksa oleh dokter ahli, bahkan dibiopsi. Ia menyatakan, ada kemungkinan ini merupakan pengendapan dari melanosit yang berpotensi menjadi entitas jinak, seperti nevus, ke entitas yang lebih serius, seperti melanoma.

9. Kuku lunak

Kuku yang terasa lunak merupakan pertanda kekurangan nutrisi, terutama protein. “Untuk memperkuat struktur kuku, kamu perlu asupan makanan sehat yang dapat meningkatkan kadar keratin, diantaranya daging, telur, kuinoa, kacang-kacangan atau makanan kaya protein lainnya, sekitar 6 ons per hari,” saran Petre terkait mengembalikan kesehatan kuku dan tubuh.

10. Lipatan kuku bengkak

Ini merupakan area antara alas kuku dan jaringan lunak jarimu. Jika ini terlihat bengkak, hal ini dapat menunjukkan connective tissue disorder, lupus, penyakit autoimun lain atau infeksi.

Baca juga: Waspada, Ladies, Tanda di Kuku Seperti Ini Bisa Jadi Pertanda Kanker

Meski begitu, biasanya selain pertanda dari kuku akan diiringi dengan gejala pada bagian tubuh lainnya, Ladies. Bila pertanda ini muncul namun kamu masih ragu, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. So, stay health, ya Ladies!

 

 

Sumber: Sheknows

Comments

Loading...