OUR NETWORK

Waspada, Ladies, Tanda di Kuku Seperti Ini Bisa Jadi Pertanda Kanker

tanda di kuku pertanda kanker melanoma

Tanpa disadari seringkali tubuh kita memberikan tanda-tanda kondisi kesehatan yang tengah dialami. Cotohnya saja seperti kasus baru-baru ini, sebuah tanda di kuku merupakan pertanda seseorang terkena kanker. Emang ngeri ya Ladies, tapi seenggaknya si pemilik akan segera aware dan melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa dideteksi sejak dini.

Cerita ini dibagikan oleh akun Facebook, Jean Skinner yang mengunggah foto (tentunya dengan izin pemiliknya) kuku wanita yang memiliki garis gelap yang jelas di tengah-tengah kuku, warnanya menyerupai warna tato. Yup, Jean Skinner mengunggah foto tersebut agar bisa jadi pelajaran banyak orang.

tanda di kuku pertanda kanker melanoma
Foto: Facebook, Jean Skinner

Singkat cerita, Jean Skinner bekerja di sebuah salon kuku. Dia bercerita bahwa dia memiliki seorang klien yang memintanya untuk menutupi garis hitam di kuku. Si pelanggan bercerita, ia diberitahu jika tanda hitam di kuku itu bisa menunjukkan banyak hal, mulai dari kekurangan kalsium, blood blister, sampai tanda lahir saja.

Namun, Jean sadar betul jika tanda garis hitam di kuku pelanggannya itu merupakan indikasi melanoma, suatu jenis kanker kulit.

“Saya tidak ingin menakut-nakutinya tapi saya bilang dia perlu untuk segera menemui dokternya. Dia menelepon saya hari ini dan memberitahu saya bahwa itu memang merupakan melanoma yang sangat agresif dan sudah menyebar ke kelanjar getah bening,” tulis Jean di postingannya tersebut.

Maka dari itulah Jean ingin membagikan hal tersebut kepada siapapun. Karena tidak bisa dipungkiri deteksi sejak dini akan bisa menyelamatkan banyak nyawa. Meskipun sangat sepele, itu perlu untuk diperhatikan.

tanda di kuku pertanda kanker melanoma
Foto: Facebook, Lauren Ann

Pengguna Facebook lainnya yakni Lauren Ann juga memiliki teman yang kurang lebih memiliki masalah yang sama. Lantaran terlalu sering melakukan manicure dengan menggunakan sinar UV, kemungkinan besar itu yang membuat munculnya kanker. Dalam kasus ini kanker belum menyebar, namun untuk jaga-jaga supaya tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya, si pemilik kuku harus rela kukunya dihilangkan.

Jadi, ingat satu hal ya, Ladies. Jika kamu mengalami hal serupa segera periksakan diri ke dokter dan jangan menunda-nundanya. Tidak hanya itu saja sih, sebenarnya apapun itu jika dirasa ada yang kurang beres, kamu sebaiknya lakukan pemeriksaan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan, Ladies?

Sumber: Prima, Foto cover: dailystar.co.uk

Comments

Loading...