OUR NETWORK

Ini Alasan Makanan Kaya Kalium Penting Bagi Tubuh

Ini Alasan Makanan Kaya Kalium Penting Bagi Tubuh
Foto: thejakartapost.com

Setidaknya tubuh membutuhkan 3.500 miligram asupan kalium setiap harinya untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Kekurangan kalium dapat membuatmu mudah lelah, otot melemah, refleks tidak aktif, denyut jantung tidak normal, jantung berdebar lebih cepat dari biasanya, anemia, sakit kepala parah, tekanan darah tinggi, nyeri usus, dan pembengkakan kelenjar. Nutrisi kalium ini dapat kamu peroleh dari beberapa sumber makanan yang ada di sekitarmu, seperti kentang, ubi, bit hijau, hingga Swiss chard. Tapi, apakah kamu sudah tahu apa yang dilakukan kalium pada tubuh untuk menjaganya tetap sehat? Nah, dilansir dari All Women’s Talk, kita kenali manfaat kalium lebih dalam, yuk!

1. Kelola gula darah

Salah satu manfaat penting kalium ialah mengelola gula darah dalam tubuhmu, Ladies. bila kadar kalium terlalu rendah, tubuhmu akan mengalami hipoglikemia. Kondisi ini akan menyebabkan tubuhmu berkeringat, sakit kepala, lemas, gemetar, dan gugup. Di samping itu, kadar gula yang terlalu tinggi seperti penderita diabetes juga tidak baik. Oleh karena itu, kalium dalam hal ini membantu tubuh mengatur gula darah melalui dorongan pada tubuh mengubah glukosa menjadi glikogen yang kemudian disimpan dalam otot untuk menjadi energi.

Ini Alasan Makanan Kaya Kalium Penting Bagi Tubuh
Foto: noted.co.nz

2. Tingkatkan kesehatan otot

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, sebagian besar kalium dalam tubuh terletak dalam sel-sel otot. Dalam hal ini, ia mengatur kontraksi otot dan membuatnya rileks dengan baik. Ia juga membantu pertumbuhan sel otot dan menyediakan energi metabolisme yang mendukung kekuatan otot. Dari berbagai manfaat, salah satu manfaat penting kalium bagi otot ialah mempercepat penyembuhan kram otot, menyenangkan, bukan?

3. Mencegah stroke

Sebagai vasodilator, kalium dapat melemaskan pembuluh darah yang memungkinkan darah bergerak lebih bebas. Fungsi ini sangat penting untuk mencegah stroke. Mengingat, stroke dapat terjadi ketika aliran darah berhenti ke bagian otak dan sel-sel otak mati karena kekurangan oksigen dan darah. Selain itu, kalium juga dapat membantu oksigen mencapai otak, sehingga merangsang aktivitas safat dan meningkatkan kemampuan kognitif. Dengan kata lain, selain mencegah, kalium juga dapat membantu pemulihan kamu atau orang terdekatmu yang telah mengalami stroke. Karena kalium dapat membawa oksigen ke otak.

Baca juga: Cegah Stroke, Pantau Tekanan Darah di Pagi dan Malam Hari

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium biasanya menjadi mineral yang seringkali dikaitkan dengan kesehatan tulang. Namun, jangan salah, Ladies, kalium juga sama pentingnya, loh, untuk memperoleh tulang yang sehat. Dalam hal ini, kalium mampu menetralkan asam dalam tubuh yang mencegah tubuh menarik kalsium dari tulangmu. Dengan kata lain, kalium mampu mengurangi risiko osteoporosis di dalam tubuhmu, Ladies. Di saat bersamaan, berdasarkan informasi dari Linus Puling Institute, asupan kalium juga dapat meningkatkan kepadatan tulang, loh!

Ini Alasan Makanan Kaya Kalium Penting Bagi Tubuh
Foto: health.harvard.edu

5. Menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental seperti stres maupun kecemasan berkaitan dengan kondisi hormone yang berantakan dalam tubuh. Dalam hal ini, kalium memiliki fungsi untuk mengatur hormon-hormon tersebut, khususnya kortisol dan adrenalin. Kedua hormon inilah yang membuat tubuh berada dalam keadaan stres, hingga berakibat pada tubuh mudah lelah, kekebalan tubuh menurun, kelelahan adrenal, dan masalah tiroid. Dengan asupan kalium, hormon fight-or-fight dalam tubuhmu itu dapat diatur hingga kadar yang sesuai.

Dari ulasan di atas, sudah diketahui bukan kalau kalium ternyata memiliki banyak fungsi baik untuk tubuh. So, tunggu apalagi, jadikan makanan yang kaya akan kalium sebagai salah satu asupan dalam diet keseharianmu, ya Ladies.

 

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...