OUR NETWORK

Ini 4 Tanda Kamu Kekurangan Kalsium, Perhatikan Supaya Kesehatan Tetap Terjaga

Ini 4 Tanda Kamu Kekurangan Kalsium, Perhatikan Supaya Kesehatan Tetap Terjaga
Foto: montclairbreastcenter.com

Kalsium merupakan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan gigi dan juga kulit. Kandungan ini sangat bagus, tidak hanya untuk anak-anak namun juga bagi orang dewasa. Kalsium penting untuk energi, fungsi otak, dan juga proses pembekuan darah. Kebutuhan kalsium ini berbeda untuk setiap usia.

“Kita cenderung menganggap kalsium adalah sesuatu yang perlu dipenuhi saat anak-anak, untuk perkembangan tulang dan gigi. Namun, kita juga memerlukan kalsium setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap sehat, selama mungkin,” papar Helen Bond, pakar diet terdaftar dan juru bicara dari British Dietetic Association.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Kesehatan Usus dengan 5 Makanan Ini

Public Health England memberikan rekomendasi berapa hitungan kalsium yang dihitung. Berikut ini adalah rinciannya berdasarkan usia.

Ini 4 Tanda Kamu Kekurangan Kalsium, Perhatikan Supaya Kesehatan Tetap Terjaga
Foto: otrafforddental.com
  • Anak berusia 1-3 tahun – 350 mg kalsium.
  • Anak berusia 4-6 tahun – 450 mg kalsium.
  • Anak berusia 7-10 tahun – 550 mg kalsium.
  •  Usia 11-18 tahun – 100 mg untuk anak laki-laki; 800mg untuk anak perempuan.
  •  Dewasa (19-64 tahun) – 700 mg kalsium.

Ciri-Ciri Kekurangan Kalsium untuk Orang Dewasa

Karena manfaatnya yang sangat banyak itulah, kekurangan kalsium di tubuh akan memberikan banyak dampak. Inilah ciri-ciri jika kamu sedang kekurangan kalsium ya, Ladies. Perhatikan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Lelah Sepanjang Waktu

Hal pertama yang menjadi pertanda kamu sedang defisit kalsium adalah merasa lelah sepanjang waktu. Mungkin kamu merasakan bangun susah di pagi hari atau kelelahan lainnya meskipun cukup istirahat. Bahkan inilah yang juga menjadi alasan orang hamil secara lebih sering merasakan lelah. Ibu yang sedang menyusui juga membutuhkan kalsium dalam jumlah yang lebih besar, direkomendasikan sebanyak 1.250 mg per hari.

Kamu Berjuang untuk Tetap Bugar

 Sudah memiliki istirahat yang cukup dan minum yang teratur namun masih susah untuk tetap bugar? Mungkin kamu sedang kekurangan kalsium. Maka dari itulah, cukupi kebutuhan kalsium dengan tetap mengonsumsi susu, keju, dan lain-lainnya. Kalsium sangat bagus untuk fungsi otot, termasuk juga untuk detak jantung. Melakukan diet boleh-boleh saja, namun pastikan kebutuhan kalsium tetap terjaga ya.

Kamu Mudah Berdarah

Hal lainnya yang menjadi ciri-ciri kamu sedang kekurangan kalsium adalah mudah mengalami cedera dan berdarah. Saat kekurangan kalsium, darah akan susah menggumpal. Akibatnya, kamu bisa saja kehilangan lebih banyak darah saat tergores benda tajam atau lainnya. Kalsium merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembekuan darah. Jadi pastikan terpenuhi dengan baik.

Mudah Patah Tulang

Kehilangan kepadatan tulang merupakan bagian alami dari proses penuaan tubuh. Lindungi diri dari masalah yang seperti ini dengan menjaga kadar kalsium tetap baik. Jangan sampai karena jatuh ringan saja, tulangmu gampang patah. Kamu harus memenuhi asupan kalsium dengan lebih baik.

Baca juga: Segudang Manfaat Kesehatan dari Daun Pepaya, Si Pahit Penuh Khasiat!

Ada beberapa makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Sebut saja susu, keju, sarden, dedaunan hijau, produk dari kedelai, dan lain-lain. Selalu penuhi kebutuhan kalsium ya, Ladies.

 

Sumber: netdoctor

Comments

Loading...