OUR NETWORK

Segudang Manfaat Kesehatan dari Daun Pepaya, Si Pahit Penuh Khasiat!

Segudang Manfaat Kesehatan dari Daun Pepaya, Si Pahit Penuh Khasiat!
Foto: suzandtell.wordpress.com

Pengobatan tradisional menggunakan banyak tumbuhan untuk mengobati penyakit-penyakit sederhana. Mulai dari daun kemangi, lidah buaya, daun mint, sampai daun pepaya. Yup, sudah dari zaman kakek nenek kita dahulu, daun pepaya banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bahkan dimanfaatkan untuk jamu. Ekstrak daun pepaya ini memiliki banyak sekali vitamin, mulai dari A, B, C, E, dan beragam mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu daun ini memiliki phytochemical yang tinggi seperti halnya saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid. Karena kandungan yang beragam itulah tidak mengherankan jika ekstrak daun pepaya yang pahit ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat kesehatan dari daun pepaya?

Baca juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas

Mengobati Demam Berdarah 

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakutkan karena sudah terbukti banyak merenggut korban jiwa. Gejalanya memang membutuhkan waktu. Mulai dari demam tinggi, ruam, sampai dengan sakit kepala yang parah bersamaan dengan nyeri sendi dan otot, menggigil, dan sakit mata. Dan ini menyebabkan berkurangnya jumlah trombosit di dalam tubuh.

Nah, untuk itu kamu bisa meminum 25 ml jus daun pepaya, dua kali sehari untuk meningkatkan jumlah trombosit, sekaligus bisa mengurangi infeksi. Kandungan di dalam daun pepaya memiliki senyawa bioaktif yang berperan penting seperti halnya papain, chymopapain, dan juga karicain yang mengobati mual dan meningkatkan sistem pencernaan.

Membantu Masalah di Sistem Pencernaan

Sudah bukan rahasia bahwa makanan lembut seperti buah pepaya sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan. Tapi bukan hanya buahnya, kamu juga bisa mencoba meminum jus daunnya, Ladies. Jusnya ini bisa mengatasi masalah pada pencernaan seperti halnya perut kembung, konstipasi, mulas karena refluks asam, sampai dengan meredakan buang air besar yang menyakitkan. Jus daun pepaya memiliki antioksidan dan senyawa aktif papain dan erat esensial yang membantu pencernaan protein dan melepaskan enzim pencernaan serta meningkatkan nafsu makan. 

Jus daun pepaya juga ampuh menenangkan kerusakan yang terjadi pada dinding lambung yang diakibatkan dari terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan tekanan lain karena unsur biokimia.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Berperan Sebagai Anti-Kanker

Pengobatan tradisional memanfaatkan buah dan daun pepaya untuk menyembuhkan penyakit seperti kanker. Mengonsumsi jus daun pepaya dapat meningkatkan aktivasi komponen utama sistem kekebalan tubuh seperti halnya limfosit T yang bisa memicu produksi berbagai chemical messengers seperti halnya IL-12, Interferon, dan juga TNF-a. Komponen-komponen itu memiliki peran yang sangat bagus untuk melawan jenis stres-stres tertentu seperti halnya dari kemoterapi.

Baca juga: Sederet Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Bagi Tubuh

Menjaga Hati dari Pembengkakan

Hypercholesterolemia atau kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular kompleks, kegemukan, dan penyakit hati. Memilih jus daun pepaya bisa membersihkan darah dan menurunkan kolesterol. Hal ini terjadi lantaran daun buah pepaya memiliki potosterol yang bentuknya mirip dengan kolesterol jahat (LDL). Caranya, mereka memindahkan LDL dari sel dan bersaing dalam penyerapan usus, dan mencegah akumulasi LDL yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. 

Memiliki Sifat Anti-Malaria

Sebuah studi pada tikus pada tahun 2011, menunjukkan jika ekstrak daun pepaya secara efektif ampuh mengobati malaria. Karena daun pepaya memiliki sifat plasmodium statik yakni memperlambat laju pertumbuhan Plasmodium di dalam tubuh yang secara tidak langsung mengendalikan demam malaria. Jus daun pepaya meningkatkan kadar antioksidan pada pasien sehingga mencegah anemia.

Jus daun pepaya memang pahit ya, tapi segudang manfaat kesehatannya akan membuatmu berpikir beberapa kali untuk menolaknya, Ladies.

 

Sumber: stylecraze

Comments

Loading...