OUR NETWORK

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Usus dengan 5 Makanan Ini

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Usus dengan 5 Makanan Ini
Foto: brandsworld.com

Semakin sehat organ usus seseorang, maka, akan semakin seimbang aktivitas di dalam tubuhnya. Usus yang sehat sangat bergantung pada kehadiran bakteri baik di dalamnya. Pasalnya, bakteri baik memberikan manfaat yang cukup banyak untuk tubuh, mulai dari membantu melawan racun dalam tubuh, menyeimbangkan hormon, memproduksi serotonin bagi otak untuk mencegah depresi, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan memperlancar pencernaan. Untuk itu, kamu perlu memastikan keberadaan bakteri baik di ususmu agar tubuhmu tetap sehat dan seimbang. Caranya, kamu dapat mengonsumsi suplemen atau makanan-makanan tertentu yang kaya probiotik. Tidak perlu khawatir kesulitan menemukannya, Ladies, karena makanan-makanan itu justru ada di sekitar kita dan mudah didapatkan. Apa saja, ya itu? Simak ulasan berikut ini, yuk Ladies!

Baca juga: Kenali Probiotik dan Manfaatnya Lebih Dalam, Yuk!

1. Kimchi

Kimchi merupakan makanan yang terdiri dari gabungan kubis, lobak, dan timun yang difermentasi dengan air dan beberapa rempah-rempah, seperti bawang putih, tepung beras, garam, jahe, pasta cabai merah, daun bawang, bubuk lada merah, dan lainnya. Makanan khas Korea ini sangat kaya akan enzim, vitamin, mineral, dan probiotik yang baik untuk kesehatan usus. Cukup mengonsumsi satu hingga dua sendok makan Kimchi, kesehatan sistem pencernaan dalam tubuhmu akan meningkat drastis.

2. Sauerkraut

Sauerkraut ialah makanan klasik Amerika yang terbuat dari kol, garam, dan air yang difermentasi untuk menghasilkan probiotik dan membantu pengawetan makanan. Biasanya ia digunakan untuk topping hot dog. Asinan kubis ini juga telah dikenal sebagai obat penyakit usus yang telah digunakan sejak awal 1900-an. Selain itu, sauerkraut juga dapat membantu program dietmu, loh! Pasalnya, makanan yang satu ini dapat membantu tubuh melawan hasrat makan berlebihan dan membantu memperlancar pencernaan makanan dalam tubuh.

3. Yogurt

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Usus dengan 5 Makanan Ini
Foto: timesindonesia.co.id

Sebagaimana telah diketahui, yoghurt ialah salah satu sumber probiotik terbaik dan cukup terjangkau oleh masyarakat luas. Yoghurt bekerja melawan ragi dalam tubuh, mencegah tubuh mengidam gula, kaya akan protein, dan rendah kalori, khususnya Greek yoghurt tanpa lemak. Kandungan proteinnya yang tinggi membuatnya dapat menggantikan asupan daging pada pola makan dietmu, Ladies. Ia juga bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan kalsium, vitamin D dan vitamin B12 yang membantu melawan hasrat mengidam suatu makanan dan meningkatkan energi tubuh.

4. Kefir

Kefir terbuat dari kumpulan ragi bakteri baik. Butir kefir difermentasi dengan cairan untuk menghasilkan kefir. Kefir berbasis susu, mirip dengan yoghurt, namun, memiliki kandungan probiotik yang lebih kaya dari yogurt. Tidak seperti beberapa bahan makanan sebelumnya, kamu justru dapat menemukan kefir ini dalam berbagai macam jenis minuman. Mulai dari susu kambing, susu kelapa, susu almond, hingga air kelapa.

Baca juga: Mengurangi Penuaan dengan Masker Kefir

5. Acar

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini, bukan Ladies? Yup, ia selalu hadir menjadi makanan pendamping nasi goreng, martabak, hingga salad. Kehadirannya ini tidak sembarangan, loh, karena ternyata acar merupakan salah satu sumber probiotik yang sangat baik bagi tubuh kita dan sangat mudah untuk diperoleh, Ladies. Cukup dengan mengonsumsi satu sendok makan acar dalam sehari, bakteri baik di dalam ususmu akan segera meningkat yang juga tentunya mendorong kualitas kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, Ladies.

Dengan memasukkan berbagai makanan dan minuman ini ke dalam pola dietmu sehari-hari, kamu tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan ususmu, tetapi juga tubuh yang sehat dari pola diet yang efektif dan seimbang.

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...