OUR NETWORK

Essential Oil di Masker? Amankah?

Essential Oil di Masker? Amankah?
Foto: pexels.com

Sudah lebih dari setengah tahun kita menghadapi pandemi global bernama Covid-19. Berbagai sisi kehidupan kita pun terpengaruh akan adanya pandemi ini. Nggak heran jika tren yang bermunculan banyak mengambil tema pandemi yang bikin gemes saking kreatifnya. Kamu pasti mulai melihat banyak masker kain dengan motif lucu-lucu dan custom yang sedang populer di pasaran. Nah, ada juga nih tren baru yang muncul dan berhubungan dengan masker.

Tengah populer di Instagram, banyak orang yang menaruh essential oil ke masker mereka. Entah itu dengan cara di spray atau di dab, ditepuk-tepuk dengan jari yang sudah dilumuri essential oil. Tujuannya adalah untuk memberikan udara yang lebih segar saat memakai masker. Tapi apakah tren yang satu ini aman dilakukan?

Essential Oil di Masker? Amankah?
Foto: cosmopolitan.com

Menurut Mona Gohara, MD, Professor Yale School of Medicine, mengatakan bahwa essential oil diketahui dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi di kulit.

Menaruh essential oil langsung ke kulit dapat menyebabkan rasa gatal, kemerahan, dan kulit terbakar. Ugh ngeri juga ya, Ladies!

Terus bagaimana dengan essential oil yang dilarutkan? Apakah aman dipakai? Dr. Mona memberi perumpamaan, racun yang dilarutkan dalam air tidak membuat racun tersebut bukan racun lagi. Essential oil yang dilarutkan masih berbahaya untuk mereka yang punya kulit sensitif, rosacea, eczema, ataupun rentan berjerawat. 

Essential Oil di Masker? Amankah?
Foto: cosmopolitan.com

Dr. Mona juga mengatakan bahwa mereka yang alergi dengan emas palsu atau perhiasan palsu lainnya juga akan mengalami reaksi alergi yang kuat dengan essential oil. Essential oil juga dapat mengganggu filter dari masker, mengurangi efektivitas fiber dalam menyaring udara saat kita bernapas.

Baca juga: Essential Oils yang Ampuh untuk Mengatasi Dark Spots

Dengan segala risiko yang ada, kamu yang masih penasaran dan pingin banget mencoba tren satu ini bisa mencoba langkah-langkah berikut. Langkah berikut mengurangi risiko yang ada, tapi bukan berarti risiko tadi benar-benar hilang ya! Proceed with your own risk!

Essential Oil di Masker? Amankah?
Foto: cosmopolitan.com
  1. Siapkan mangkuk kecil. campurkan 1-2 tetes essential oil favorit kamu dengan 1 sendok teh carrier oil (bisa berupa coconut oil atau olive oil) pada mangkuk tersebut.
  2. Menggunakan cotton bud, dab essential oil bagian luar masker kamu. Pastikan jumlah essential oil yang kamu taruh tidak akan merembes dan menyentuh kulit.

Jika setelah dipakai masker kamu menyebabkan iritasi kulit, cuci dengan detergen yang bebas parfum dan berhenti lakukan tren ini ya, Ladies. Kesehatan kulit kamu tetap yang paling utama dibanding ngikutin tren-tren yang tengah populer.

 

Sumber: cosmopolitan

Comments

Loading...