OUR NETWORK

Do and Don’t yang Perlu Diperhatikan Ketika Latihan Abs

Dari berbagai bentuk workout, area perut tampak menjadi favorit yang difokuskan oleh banyak orang. Meski telah banyak bertebaran tips mudah memperoleh perut “rata” atau “kencang”, tidak berarti semuanya membuat tubuh sehat, loh! Tak jarang ada tips yang justru membahayakan bagi tubuhmu. Untuk itu, ketika melakukan latihan abs, penting untuk memperhatikan do and don’t yang dilansir dari She Knows berikut ini, ya Ladies.

Don’t!

Jangan jadikan abs training sebagai inti latihan

Ubah rencanamu untuk memfokuskan seluruh gerakan olahraga hanya untuk abs-mu. Ingat, tubuh memiliki banyak organ berbeda yang perlu dilatih juga, loh! Meski sit-up dapat membantu mengembangkan kekuatan perut, kamu juga memerlukan cardio dan beragam gerakan workout untuk benar-benar merasakan perubahan pada penampilan dan kondisi tubuhmu, Ladies.

Hindari latihan abs setiap hari

Tidak ada salahnya memberi otot waktu istirahat di antara workout rutin yang kamu lakukan. Alih-alih memaksa otot perutmu dilatih tanpa henti hingga kesakitan, memberi waktu rehat pada abs justru bisa lebih efektif dan memberikan hasil yang lebih baik, loh! Selain mengembalikan kondisi fit abs-mu, cara ini juga dapat melatih kekuatan dan daya tahan abs milikmu. Tidak perlu melewatkan jadwal gym, kamu hanya perlu fokus pada area otot lain ketika memberi waktu istirahat pada abs-mu.

Baca juga: Workout yang Bisa Dilakukan di Rumah, Simple Banget!

Hindari meletakkan tangan di leher ketika crunches

Kebanyakan orang berpikir bahwa meletakkan tangan di belakang leher ketika crunches dapat mendukung dan mengoptimalkan gerakan crunches atau sit-up yang kamu lakukan. Padahal, tindakan ini dapat menyebabkan cedera pada leher. Sebaiknya, letakkan tangan di telinga atau silangkan di depan dada ketika melakukan crunches atau sit-up.

Jangan paksakan punggung

Pastikan untuk selalu menjaga tulang punggungmu ketika latihan abs. Mengingat latihan abs berkaitan dengan kondisi punggung, untuk mencegah cedera punggung, lakukan latihan dengan kecepatan yang membuatmu nyaman, ya. Tidak perlu melakukan sit-up atau crunches terlalu cepat, karena hal ini dapat meningkatkan risiko otot punggung tegang. So, di saat mengencangkan otot perut, tetap lindungi tulang belakangmu sepanjang latihan, ya Ladies.

Do and Don’t yang Perlu Diperhatikan Ketika Latihan Abs
Foto: dailyburn.com

Do!

Atur asupan dan pola makan

Ladies, bentuk perut six-pack tidak hanya diperoleh dari olahraga, loh, tetapi juga dukungan pengelolaan asupan dan pola makan yang baik. Alih-alih melakukan diet yang ekstrem, sebaiknya kamu menerapkan pola makan yang sehat dan nyaman bagi tubuh. Tentu di dalamnya kamu perlu menurunkan asupan makanan olahan dna gula, serta meningkatkan protein dan karbohidrat yang sehat. Apapun akhirnya pilihan menu makananmu, fokuskan pada keseimbangan gizi yang nyaman bagimu, ya.

Lakukan beragam gerakan

Jika menurutmu crunches terasa tidak cukup bagimu, tak perlu ragu untuk mengubahnya. Misalnya dengan sit-up di atas bola yoga, atau lakukan plank untuk melatih kekuatan intimu. Ketika bosan dengan alat-alat gym, kamu bisa mencicipi Pilates atau yoga. Cara ini akan membantu ototmu beradaptasi dengan berbagai latihan dan menguatkannya secara bersamaan dengan lebih efisien.

Lakukan olahraga secara rutin

Jarak jadwal olahraga yang terlalu jauh tidak akan memberimu hasil yang diinginkan, Ladies. Kamu perlu melakukan olahraga secara rutin, setidaknya tiga hingga empat kali seminggu. Ingat juga, untuk melibatkan cardio dan melatih kekuatanmu setiap minggunya untuk meningkatkan efisiensi latihan perutmu, ya Ladies.

Lakukan abs training di akhir olahraga

Tindakan ini penting dilakukan mengingat abs dapat mendukung kekuatan inti tubuhmu. Melatih abs di akhir juga dapat mencegah terjadinya cedera ketika kamu berolahraga. Jika kamu menempatkan latihan abs pada awal atau di tengah olahraga, kemungkinan besar otot perut terlalu lelah untuk melindungi punggung dari cedera saat melatih otot-otot lain pada tubuhmu.

Terakan do and don’t pada ulasan di atas ini setiap kali kamu berolahraga, ya. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti cedera otot tertentu ketika kamu berolahraga. Salam sehat, Ladies!

 

Sumber: She Knows

Must Read

Related Articles