OUR NETWORK

Detoks Gula, Apa yang Terjadi Jika Kamu Tidak Mengonsumsi Gula Sebulan Penuh?

Detoks Gula, Apa yang Terjadi Jika Kamu Tidak Mengonsumsi Gula Sebulan Penuh?
Foto: unsplash.com/joannakosinska

Kita tengah mengalami krisis kecanduan gula nih, Ladies. Kok bisa? Gula memiliki rasa manis dan memberi efek menyenangkan sehingga membuatmu ingin memakannya lagi dan terus menerus. Ingat-ingat lagi Ladies, pernah nggak sehari dalam sebulan ini kamu tidak mengonsumsi gula? Ingin mengurangi konsumsi gula atas dasar kesehatan ataupun kecantikan? Kamu bisa melakukan detox gula ini nih, Ladies. Berikut ya langkah-langkahnya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh

1. 3 hari pertama

3 hari pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghentikan sama sekali konsumsi gula, tidak juga mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung pati seperti jagung dan ubi. Kamu hanya boleh memakan sayuran, protein, dan lemak baik seperti lemak ikan.

2. Hari keempat

Setelah 3 hari, di hari keempat kamu bisa mulai memakan satu buah apel dan satu produk dairy seperti yoghurt atau keju yang bebas dari pemanis dan tinggi lemak. Kamu juga sudah bisa memakan sayuran yang mengandung pati. Ikuti pola ini sampai hari ke-7.

3. Minggu ke-2

Mulai minggu ke-2 atau hari ke-8, kamu bisa menambah beri yang mengandung antioksidan tinggi dalam menu makananmu. Kamu juga bisa menaikkan porsi buah, sayuran berpati, dan produk dairy yang kamu konsumsi.

4. Minggu ke-3

Di hari ke-15 atau minggu ke-3, kamu bisa memasukkan serealia seperti oatmeal, quinoa, dan barley, serta buah anggur. Di minggu ini juga kamu bisa memakan sepotong coklat hitam tanpa pemanis setiap harinya.

5. Minggu ke-4

Minggu keempat adalah masa-masa paling menyenangkan nih, Ladies. Kamu bisa mulai memakan pati-patian seperti oatmeal, ubi, hingga nasi dan roti sebanyak dua kali sehari. Kamu bisa membuat sandwich nih mulai minggu ini.

6. Minggu ke-5 dan selanjutnya

Setelah sebulan penuh melakukan detox gula, kamu bisa sesekali mengonsumsi kue atau es krim. Tetap mengonsumsi buah ya, Ladies.

Baca juga: 10 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuhmu Bila Terlalu Banyak Makan Gula

Inti dari detox gula ini adalah menghilangkan kebiasaan kecanduan konsumsi gula. Diharapkan setelah melakukan detox gula ini kamu bisa mengontrol konsumsi gula kamu secara sadar. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: CNN

Comments

Loading...