OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Deretan Manfaat Kecantikan Minyak Kayu Putih, Bisa untuk Kulit sampai Rambut

Ada banyak sekali jenis minyak esensial, baik itu yang digunakan untuk kecantikan atau kesehatan. Di antara banyaknya jenis minyak esensial, ada beberapa yang populer namun tidak sedikit yang kurang dikenal. Meski kurang dikenal, bukan berarti tidak memiliki manfaat lho. Di Indonesia sendiri juga banyak sekali jenis minyak esensial yang bisa dicoba.

Contohnya saja salah satu yang populer adalah minyak eucalyptus atau yang lebih familiar disebut dengan minyak kayu putih. Selama ini, minyak kayu putih ini banyak digunakan untuk kesehatan. Misalnya saja untuk meredakan pilek, menghangatkan tubuh, dan mengurangi bentol akibat gigitan serangga.

Bagi kamu yang selama ini lebih gemar menggunakan bahan alami, tentunya ini merupakan kabar yang sangat membahagiakan ya. Tambah satu lagi minyak esensial yang bisa diandalkan. Berikut adalah deretan manfaat kecantikan dari eucalyptus oil.

Melembapkan Kulit

Kandungan di dalam minyak eucalyptus digadang-gadang mampu meningkatkan produksi ceramide. Ini merupakan asam lemak yang membantu melembapkan kulit serta menambah pertahanan kulit. Bahan ini juga akan sangat membantu jika kamu selama ini memiliki masalah dengan kulit kering yang ekstrem, contohnya saja psoriasis atau atopic dermatitis.

Menyehatkan rambut

Deretan Manfaat Kecantikan Minyak Kayu Putih, Bisa untuk Kulit sampai Rambut
Foto: shopify.com

Tanpa kamu sadari, ternyata minyak kayu putih yang aromanya cukup menyengat ini bagus untuk menunjang kesehatan rambut lho. Pasalnya, ada banyak sekali kandungan minyak kayu putih, misalnya saja ada anti jamur, antimikroba, sampai dengan bersifat herbisida. Kandungan-kandungan tersebut digadang-gadang merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak kayu putih juga bisa menghilangkan ketombe. Dalam sebuah penelitian yang diunggah pada tahun 2018, dihasilkan jika ekstrak daun kayu putih membantu mengurangi rasa gatal di kulit kepala, kemerahan, bersisik, dan juga kekeringan.

Baca juga: Yang Harus Kamu Ketahui tentang Minyak Tamanu

Menghilangkan bau mulut

Jika kamu selama ini harus berjuang melawan bau mulut yang mengganggu, minyak kayu putih bisa sedikit meringankan. Kamu bisa berkumur dengan minyak kayu putih yang dicampur dengan air. Masukkan satu sampai dua tetes minyak kayu putih ke segelas air, lalu kumur-kumur, tapi jangan sampai tertelan ya. Kandungan anti mikroba di minyak kayu putih akan berfungsi sebagai pencuci mulut alami.

Meredakan sunburn

Deretan Manfaat Kecantikan Minyak Kayu Putih, Bisa untuk Kulit sampai Rambut
Foto: unsplash/ Towfiqu barbhuiya

Setelah banyak beraktivitas di bawah terik matahari, kulit terkadang merasa panas dan kurang nyaman ya. Kamu bisa mengandalkan minyak kayu putih untuk meredakannya. Karena di dalamnya, ada kandungan anti-inflammatory dan pain-relieving properties. Selain itu anti bakteri yang terdapat di minyak ini juga mencegah kulit dari infeksi.

Itulah deretan manfaat minyak kayu putih ya. Bisa jadi alternatif kecantikan jika kamu sedang coba berbagai bahan alami.

 

Sumber: News24, greatist

Must Read

Related Articles