OUR NETWORK

Cara Menanggulangi Migrain Karena Berolahraga Menurut Ahli Neurologi

Cara Menanggulangi Migrain Karena Berolahraga Menurut Ahli Neurologi
Foto: pexels.com

Pernah merasakan sakit kepala berulang setiap kali olahraga? Ternyata memang ada migrain yang terjadi karena kita berolahraga, Ladies. Sakit kepala tersebut cukup umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Jika kamu mengalami migrain tersebut, cari tahu penyebab dan cara menanggulanginya di bawah ini ya, Ladies.

1. Gejala

Sakit kepala dapat muncul setelah 45 menit berolahraga dengan intensitas tinggi. Olahraga yang menyebabkan migrain tersebut antara lain olahraga lari, mendayung, tenis, renang, dan angkat beban. Migrain atau sakit kepala sebelah terjadi dari salah satu sisi bagian depan kepala. Tidak hanya itu, Ladies, migrain karena olahraga juga biasanya diikuti dengan sakit leher. 

Cara Menanggulangi Migrain Karena Berolahraga Menurut Ahli Neurologi
Foto: pexels.com

2. Penyebab migrain

Thomas Pitts, neurologis dari Hudson Medical & Wellness, New York, mengatakan bahwa disaat berolahraga, banyak hal yang terjadi pada tubuh seperti hormon stress meningkat, tekanan darah naik, detak jantung serta napas yang semakin cepat. Semua hal tersebut saat terjadi bersamaan dapat menyebabkan migrain. 

Terlebih apabila kamu berolahraga dengan perut kosong dan kurang minum. Kekurangan gula dan dehidrasi saat olahraga inilah yang menyebabkan sakit kepala. Jadi pastikan kebutuhan gula dan air pada tubuh kamu terpenuhi sebelum berolahraga ya.

Baca juga: Tips Mudah untuk ‘Jaga Jarak’ dengan Migrain

3. Berhenti olahraga?

Menurut Carolyn Zyloney, spesialis kepala dan neurologis Rochester Regional Health, olahraga yang menyebabkan migrain berbeda-beda di setiap orangnya. Penyebab migrain lebih kepada intensitas olahraga yang berlebihan dan tidak bisa diterima tubuh orang tersebut.

Cara Menanggulangi Migrain Karena Berolahraga Menurut Ahli Neurologi
Foto: pexels.com

Jadi kamu nggak perlu langsung menghentikan semua jadwal olahraga kamu, Ladies. Sayang kan kalau sepeda olahraga yang baru kamu beli jadi tidak terpakai hehe… Modifikasi dan turunkan tingkat intensitas olahraga kamu untuk mencegah migrain terjadi. 

4. Pencegahan

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah migrain saat olahraga. Pertama, lakukan pemanasan. Pemanasan itu hukumnya wajib untuk olahraga jenis apapun, Ladies. Pemanasan dapat menurunkan risiko cedera serta mempersiapkan tubuh agar tidak kaget saat berolahraga. Lakukan pemanasan minimal 15 menit sebelum berolahraga.

Baca juga: Picu Sakit Kepala, Hindari 5 Kebiasaan Ini

Dehidrasi juga merupakan salah satu faktor pemicu migrain. Jadi pastikan asupan air di tubuh kamu selalu terpenuhi. Minum air sebelum, selama, dan sesudah workout ya, Ladies. Lebih baik mencegah daripada menanggulangi kan.

Walaupun tidak langsung hilang sepenuhnya, setidaknya sakit kepala kamu akan berkurang di saat olahraga nanti. Lakukan trial and error dan temukan intensitas olahraga yang cocok untuk dirimu, Ladies. Kamu yang paling tau batas toleransi dirimu sendiri. So, keep it fun and safe!

 

Sumber: byrdie

Comments

Loading...