OUR NETWORK

Bunga Segar dapat Mengurangi Kecemasan dan Rasa Sakit, Benarkah?

Bunga Segar dapat Mengurangi Kecemasan dan Rasa Sakit, Benarkah?
Foto: pixabay.com

Selama ini, bunga identik dengan momen-momen romantis ya, Ladies. Tak hanya warnanya yang cantik, aromanya yang harum juga memberikan kenyamanan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa selain sebagai simbol keindahan dan kecantikan ini, bunga ternyata memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kita, Ladies. Benarkah?

Penelitian yang dilakukan oleh American Society For Horticulture Science telah mengungkapkan bahwa bunga segar sebenarnya memiliki kapasitas untuk meringankan rasa sakit yang kita rasakan dan juga mengurangi kecemasan. Untuk mencari tahu apakah bunga memiliki kualitas terapi untuk pasien bedah, penelitian ini dilakukan dengan membagi 90 pasien menjadi dua ruangan. Satu ruangan diberi bunga dan tanaman di setiap sudutnya dan satu ruangan lainnya tidak.

Baca juga: 5 Tanaman Ini Dapat Membantumu Tidur Lebih Lelap

Rupanya, para pasien yang ada di ruangan dengan bunga segar dan tanaman menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan dibanding mereka yang tidak.

Berdasarkan temuan itu, pasien yang dikelilingi oleh bunga mengalami banyak peningkatan kesehatan, tekanan darah menurun, peringkat nyeri rendah, kecemasan dan kelelahan jadi lebih rendah, dan detak jantung berkurang. Selain itu, bukan hanya berpengaruh terhadap fisik mereka, bunga juga terbukti memiliki pengaruh demikian besar terhadap emosial mereka yang menjadi lebih positif dibanding pasien yang berada di ruangan tanpa bunga.

Penelitian ini bukan satu-satunya penelitian yang mengungkap manfaat bunga dan tanaman untuk kesehatan, Ladies. Ada beberapa penelitian lain yang juga menemukan bahwa baik bunga dan tanaman dalam ruangan maupun yang ditanam di kebun memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat besar bagi kita serta hampir setara dengan manfaat orang yang sedang berolahraga di gym. Wow.

Baca juga: Butuh Mood Booster? Manfaatkan 8 Bunga dan Tanaman Herbal Berikut

Menaruh bunga segar di dalam ruangan setiap hari benar-benar bisa memberi banyak manfaat ya, Ladies. Ladies bisa memilih bunga apa saja mawar, lili, anggrek, dan lain-lain untuk Ladies letakkan di dalam ruangan setiap hari. Hal ini tentu akan memberikan efek positif buat Ladies kalau sedang suntuk dan bad mood.

Luar biasa kan, Ladies? Nggak hanya cantik, bunga ternyata bisa bermanfaat buat kesehatan. Kesehatanmu bisa terjaga hanya dengan menghirup aroma bunga segar di kamarmu atau di ruang tamu rumahmu. Yuk ah, cobain! Yang mau kirim bunga ke kantor redaksinya MeraMuda juga boleh banget loh. Hihihi…

 

Sumber: harpersbazaar

Comments

Loading...