OUR NETWORK

8 Manfaat Menulis Jurnal Harian

Jurnal harian atau lazim disebut diary identik dengan kegiatan menye-menye nan melankolis yang berisi curhatan, dan selalu diawali dengan sapaan ‘dear diary’. Haduh, hapuskan pikiran itu jauh-jauh ya ladies! Sekarang ini jurnal itu bermacam-macam bentuk dan formatnya. Lagipula, ternyata ada banyak manfaat menulis jurnal harian loh. Bukan hanya bagi kemampuan menulis, tetapi juga kecerdasan dan perilaku. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Tempat Menyimpan Kenangan

Ada kalanya ladies pelan-pelan akan melupakan sebuah kenangan, baik itu yang membahagiakan maupun menyedihkan. Menulis adalah salah satu cara untuk mengawetkan kenangan. Dengan menulis, ladies akan bisa mengingat kembali kenangan melalui membaca ulang tulisan-tulisan mengenai masa lalu.

2. Lebih Menyadari Masa Lalu

Jurnal harian bukan hanya merekam peristiwa penting, tetapi juga menunjukkan sikap serta sifat ladies di masa penulisannya. Ladies mungkin akan merasa ‘geli’ karena ke-alay-an di masa lalu, atau merasa kagum dengan kedewasaan ladies saat memaafkan dan mengikhlaskan. Dengan kembali mengarungi kenangan saat peristiwa berlangsung, ladies akan lebih mudah bercermin untuk melakukan introspeksi.

3. Belajar dari Kesalahan

Salah satu manfaat terbesar dari menulis jurnal harian adalah ladies memiliki kesempatan lebih besar untuk belajar dari kesalahan. Jurnal harian sudah pasti akan mengenal ladies, yang adalah penulisnya. Dengan membaca dan membaca kembali jurnal harian, ladies akan mampu mengidentifikasi kesalahan serta kekeliruan ladies. Selanjutnya, ladies hanya tinggal mengevaluasi diri dan mencegah diri untuk mengulangi kesalahan yang sama.

4. Melatih Kemampuan Menulis

Saat menulis jurnal harian, tentu saja ladies akan menjadi sering menulis. Perlahan-lahan, kemampuan menulis ladies akan lebih terasah. Bagi ladies yang memiliki cita-cita sebagai penulis, mulailah dari menulis jurnal harian, dan cobalah untuk mengungkapkan peristiwa yang ladies alami dengan kata-kata sekreatif mungkin.

5. Meningkatkan Kecerdasan

University of Victoria mengungkapkan bahwa menulis berkaitan dengan kecerdasan. Dalam jurnal harian, ladies akan mengungkapkan peristiwa melalui bahasa, dan secara alami, ladies akan memiliki keinginan untuk menemukan kata baru dan meningkatkan pengetahuan akan kosakata. Kekayaan kosakata adalah salah satu cara untuk mengukur kecerdasan seseorang.

6. Membantu Meraih Mimpi

Jurnal harian akan menyimpan mimpi dan cita-cita ladies. Jurnal harian akan bertindak seperti blue print dari mimpi dan cita-cita ladies, dan akan mengirim sinyal ke otak bahwa “mimpi dan cita-cita ini penting untuk diraih”. Reticular activating system (RAS) akan menyimpan perhatian besar pada mimpi dan cita-cita ladies, dan membantu ladies menggapainya sehingga kemungkinan tercapainya sebuah mimpi akan lebih besar.

7. Menyembuhkan

Menulis dapat membantu menyembuhkan secara emosi, fisik, dan psikologi. Dr. James Pennebaker, penulis buku Writing to Heal melihat adanya peningkatan sistem kekebalan tubuh pada partisipan yang melakukan latihan menulis. Stress seringkali muncul dari masalah emosi dan pikiran, dan dengan menulis, stress ini akan terlepas dari pikiran karena kita telah ‘menumpahkannya’ ke dalam tulisan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa pengungkapan emosi melalui jurnal dapat mengurangi kecemasan, stress, dan memperbaiki tidur.

8. Percaya Diri

Menulis pengalaman positif akan membuat otak ‘hidup kembali’ dan kembali meyakini kemampuan diri saat keraguan muncul. Keyakinan ini akan melepaskan hormon endorfin dan dopamin yang akan menambah kepercayaan diri, dan memperbaiki mood. Tulisan pengalaman positif akan akan menjadi katalog keberhasilan yang akan membantu ladies meraih capaian-capaian berikutnya.

Wow, banyak juga ya manfaat dari menulis jurnal. Nah apabila ladies ingin mulai menulis jurnal, mulailah dengan menulis tiga hari dalam seminggu saat bangun tidur atau sebelum tidur. Lakukan secara rutin hingga menjadi kebiasaan. Pastikan lakukan dengan sabar dan konsisten agar dapat meraih semua manfaat dari menulis jurnal. Kalau ladies belum terbiasa, ladies bisa memulai dengan satu kalimat per entry, dan tingkatkan lagi di tulisan selanjutnya. Selamat menulis, ladies!

Sumber: Huffington Post, Merdeka

Comments

Loading...