OUR NETWORK

Begini Cara Mudah Menemukan Warna Foundation Yang Tepat Untuk Kulitmu

Begini Cara Mudah Menemukan Warna Foundation Yang Tepat Untuk Kulitmu
Foto: elle.com

Dari berbagai tahapan makeup, pengaplikasian foundation menjadi hal paling krusial dalam membangun tampilan secara keseluruhan. Sebagai dasar makeup, formula dan warna dari foundation yang melekat pada wajahmu akan memengaruhi hasil akhir dari makeup. Tidak seperti eyeshadow dan blush on yang ingin ditonjolkan, foundation yang terbaik biasanya yang memiliki warna paling mulus, alami, dan berbaur dengan warna kulit. Bahkan, jika menemukan warna dan formula yang tepat, foundation ini tidak akan terlihat sama sekali di kulitmu. Sayangnya, untuk menemukan warna foundation yang tepat tidaklah mudah.

Bahkan, berdasarkan sebuah studi tahun 2007 yang dilakukan oleh Estee Lauder, sebanyak 94% perempuan telah menggunakan foundation dengan warna yang salah. Padahal, hal ini dapat membuat kulitmu tampak kusam, kucel, kemerahan, dan alih-alih bercahaya justru tampak berminyak dengan kilau tidak beraturan.

Nah, untuk mengatasinya, dilansir dari Hellogiggles, para makeup artists akhirnya berbagi tips nih yang bisa kamu terapkan terkait cara menemukan warna foundation yang tepat untuk kulitmu. Ada enam cara mudah yang dapat kamu amati dulu nih sebelum membeli foundation yang kamu inginkan.

Begini Cara Mudah Menemukan Warna Foundation Yang Tepat Untuk Kulitmu
Foto: beautylish.com

1. Pahami jenis undertones kulit

Secara sederhana, undertones ialah warna puncak di bawah warna kulitmu yang dapat dilihat dengan mata alami. Pro makeup artist sekaligus YouTuber, Kat Sketch, menjelaskan, undertones ini terbagi menjadi tiga jenis, ada cool, neutral, dan warm.

Untuk mengetahui jenis undertones pada kulit caranya cukup mudah kok, Ladies. Cukup balikkan tanganmu, kemudian amati pembuluh darah di pergelangan tangan. Perhatikan warna pembuluh darah yang dan tampilannya. Jika, pembuluh darahmu terlihat kehijauan, berarti kamu memiliki warm undertones. Jika pembuluh darahmu terlihat lebih biru, maka, kamu termasuk ke dalam cool undertones. Sementara itu, jika pembuluh darahmu terlihat lebih dekat dengan warna kulit atau lebih tidak terdeteksi, maka, kemungkinan kamu memiliki neutral undertones.

Baca juga: Cara Menentukan Undertone Kulitmu

Nah, berdasarkan undertones tersebut, warna foundation yang tepat untuk cool undertones ialah foundation yang menunjukkan sedikit warna merah muda atau biru pada formulanya. Kemudian, untuk warm undertones kamu perlu memilih foundation dengan nuansa kuning atau emas agar menyatu secara alami dengan kulit. Sementara, untuk kamu pemilik kulit dengan neutral undertones, kamu bisa menggunakan foundation dengan campuran kedua warna sebelumnya dalam kadar yang merata.

Tapi, untuk kamu yang ingin menciptakan tampilan tertentu, artistry educator for shade-inclusive line di KVD Vegan Beauty, Luis Carrero, menyarankanmu untuk bermain dengan tone dari foundation. Misalnya, ketika kamu ingin memperoleh efek brightening, kamu bisa menggunakan sedikit foundation dengan nuansa cooler tone. Sebaliknya, jika kamu ingin memperoleh hasil akhir sun-kissed complexion, kamu bisa menambahkan sedikit foundation dengan warmer tone pada kulitmu.

2. Swatch pilihan foundation di pipi dan leher

Penting untuk me-swatch foundation untuk memastikan warna foundation mana yang paling dekat dengan warna kulitmu. Tapi, tidak sembarang area bisa mewakili warna kulit yang tepat untuk memilih foundation-mu. Makeup artist, Lauren D’Amelio menyarankanmu untuk mengaplikasikannya secara vertikal pada pipi ke leher. Terapkan pilihan foundation itu secara berdampingan untuk melihat secara jelas, mana yang paling tepat untuk kulitmu.

Langkah ini penting, mengingat, pengaplikasian foundation tidaklah berhenti hanya sampai rahang, melainkan juga perlu diterapkan pada leher dan sedikit pada dada bila diperlukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari foundation tampak seperti topeng di wajah, dan memperoleh tampilan foundation dengan warna yang alami dan mulus pada kulit.

Begini Cara Mudah Menemukan Warna Foundation Yang Tepat Untuk Kulitmu
Foto: beautymnl.com

3. Cek warna foundation di bawah pencahayaan yang berbeda

Ketika kamu membeli foundation di toko kecantikan tertentu, mereka akan menggunakan pencahayaan yang mendukung makeup terlihat baik. Pencahayaan yang digunakan ini terkadang cukup sulit membuat pigmen tampak jelas. Tetapi, ketika kamu mencobanya di tempat dengan pencahayaan terlalu terang pun, foundation itu tidak akan terlihat baik, justru tampak washed-out atau ashy. Begitu pula ketika kamu mencobanya di tempat yang gelap, warna kulitmu malah akan terlihat kemerahan. Idealnya ialah temukan foundation yang membuatmu tampak tidak memakai foundation di bawah cahaya alami, Ladies.

4. Pertimbangkan tingkat coverage yang diinginkan

Untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti jerawat, bintik hitam, warna kulit yang tidak merata, biasanya membuat foundation dengan full-coverage menjadi pilihan favorit. Namun, formula yang cenderung lebih tebal ini biasanya akan berdampak fatal pada makeup-mu secara keseluruhan jika warna yang diaplikasikan tidak cocok. Sementara, foundation dengan formula medium atau sheer coverage memberikan hasil akhir yang lebih mudah dibentuk dan lebih mudah di-blend dengan warna kulitmu. So, pertimbangkan tingkat coverage dari foundation yang kamu pilih disesuaikan dengan kebutuhanmu, ya Ladies.

Begini Cara Mudah Menemukan Warna Foundation Yang Tepat Untuk Kulitmu
Foto: freepik.com

5. Shade-matching quiz

Di samping mencocokkan warna foundation secara manual, kamu juga bisa memperoleh bantuan dari digital color-matching technology, loh! Teknologi kecantikan terbaru ini bisa membantumu menemukan warna foundation yang tepat secara online. Biasanya diwujudkan melalui kuis yang berisi pertanyaan-pertanyaan di mana kamu perlu memilih foto-foto yang menunjukkan warna kulit yang paling dekat denganmu, mengidentifikasikan kebutuhan atau masalah kulitmu, dan memilih jenis undertones-mu. Hingga pada akhirnya, kamu bisa memilih shade yang tepat untukmu beserta rekomendasi foundation dari website terkait.

6. Pilih brand yang menawarkan banyak pilihan warna

Carrero merekomendasikanmu untuk mencari brands yang menawarkan foundation dengan banyak warna dan undertones. “Ini dikembangkan dengan cermat agar sesuai dengan berbagai macam warna kulit dan undertones, sehingga kamu dapat degan mudah menemukan sesuatu yang cocok denganmu,” jelasnya.

Selain keenam langkah di atas, dalam memilih foundation, kamu juga perlu mempertimbangkan hasil akhir yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin hasil akhir yang matte atau dewy sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu. So, selamat berbelanja, Ladies.

 

Sumber: Hello Giggles

Comments

Loading...