OUR NETWORK

Begini Cara Jaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Begini Cara Jaga Kadar Gula Darah Tetap Normal
Foto: greatbritishchefs.com

Menahan diri untuk tidak menyemil selama masa karantina diri menjadi tantangan tersendiri yang cukup sulit untuk dilalui, bukan? Kemudahan untuk meraihnya hingga sebagai pengalihan dari stres dan depresi, seringkali berhasil menjebakmu untuk mengemil secara berlebihan. Pada akhirnya, hal ini bisa mengancam kadar gula darah dalam tubuhmu meningkat hingga berisiko diabetes. Well, jangan sampai ya, Ladies. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan beberapa bahan alami berikut ini, agar kadar gula tubuhmu tetap terkendali. Apa saja, ya? Simak, yuk!

Ekstrak ginseng berry

Ginseng Amerika Utara telah terbukti dapat membantu mengendalikan gula darah dan menjaganya tetap rendah. Cukup dengan mengonsumsi sebanyak 3 gram, bahan alami ini dapat menekan gula darahmu hingga hampir 60 persen. Ilmu pengobatan tradisional China telah membuktikannya selama lebih dari 5000 tahun. Untuk memperoleh manfaatnya ini kamu dapat mengonsumsinya melalui berbagai bentuk, mulai dari capsule, hingga teh panas.

Kayu Manis

Meski namanya mengandung kata “manis”, bahan ini justru dapat mengurangi glukosa darah, loh! Bahan kimia dalam kayu manis dapat membantu pancreas memproduksi insulin. Kayu manis juga dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Bila kamu berminat mencoba pengobatan menggunakan kayu manis, para ahli mengingatkanmu untuk membeli kayu manis asli, Ladies, bukan cassia yang menyerupai kayu manis. Alih-alih menyembuhkan, terlalu banyak mengonsumsi cassia justru dapat merusak hatimu. Untuk membedakannya, kamu dapat melihat dari warna dan ketebalan. Cassia pasti berwarna gelap, coklat kemerahan, dan tebal, sementara kayu manis asli berwarna coklat muda, tipis, dan rapuh.

Aloe Vera

Begini Cara Jaga Kadar Gula Darah Tetap Normal
Foto: halodoc.com

Yuhuuu, bahan yang seringkali menjadi holy grail di dunia per-skincare-an ini ternyata memberi manfaat yang baik juga loh untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuhmu. Senyawa dalam gelnya ternyata mampu menurunkan kadar hemoglobin dan glukosa dalam tubuh. Berdasarkan hal ini, banyak orang cenderung memilih aloe vera untuk dibuat jus dan dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengurangi risiko diabetes. Tapi, pastikan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, ya, atau kamar mandi akan menjadi ruangan utamamu, Ladies.

Zinc

Zinc memiliki peran yang cukup besar dalam memproduksi dan menyimpan insulin yang sangat baik dalam tubuh. Kabar baiknya, kandungan ini tidak sulit untuk ditemukan. Ia terkandung dalam banyak makanan, seperti kacang pecan, kuning telur, kacang almond, ayam, jahe, gandum hitam, kacang polong, dan sarden. Zinc juga terkandung di dalam suplemen kalsium.

Baca juga: Makanan Alternatif Sumber Gula dan Garam Bagi Tubuh

Magnesium

Salah satu dari sekian fungsi yang dimiliki magnesium ialah mengatur kadar gula darah. Mengonsumsi magnesium dapat menurunkan resistensi terhadap insulin yang sangat baik bagi penderita diabetes. Kekurangan magnesium telah terbukti dapat memperburuk keadaan orang yang menderita diabetes tipe 2. Bahan ini bisa kamu temukan pada sayuran dengan daun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, dan whole grains.

Tidak hanya mudah untuk memperolehnya, bahan-bahan alami pada ulasan di atas dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau bukan? Mengingat tubuh memiliki keterbatasan terhadap bahan kimia dari obat-obatan, bahan makanan alami ini dapat menjadi pilihan alternatif yang baik untuk menjaga kadar gula darah sekaligus tetap menjaga kesehatan organ tubuh lain. Tentunya, kamu bisa menerapkannya dengan mudah dalam asupan keseharianmu di rumah. So, stay at home and stay health, ya Ladies.

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...