OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Awas! Gaya Rambut Ini Kamu Bisa Bikin Rambut Kamu Rontok

Apakah kamu tipe yang suka mengikat rambut? Ternyata gaya rambut dengan cara mengikat atau mengepang rambut secara kuat dapat menyebabkan kerontokan, Ladies. Fenomena rontok ini juga punya istilah sendiri yaitu traction alopecia. Ulasan lebih lengkapnya, simak dibawah ini yuk, Ladies!

Gejala kerontokan yang terjadi

Menurut Gretchen Friese, trichologist dari BosleyMD, traction alopecia dapat terjadi akibat perilaku mengikat rambut selama bertahun-tahun. Penyebabnya yakni kerusakan folikel rambut akibat terlalu sering ditarik. Karena itu cara terbaik mencegahnya yakni dengan mengganti gaya rambut. Kamu perlu perhatikan juga nih, Ladies. Tidak hanya mengikat rambut ponytail yang dapat menyebabkan kerontokan. Membuat bun dan mengepang rambut juga dapat menyebabkan rambut rontok. 

Gejala yang terjadi dapat bervariasi namun yang paling sering yakni rasa gatal dan jerawat di kulit kepala. Iritasi dapat terjadi, kulit kepala kemerahan dan garis rambut berubah. Menurut Dr. Green, jangan tunggu sampai rambut kamu rontok parah. 

Cara menanggulanginya

Awas! Gaya Rambut Ini Kamu Bisa Bikin Rambut Kamu Rontok
Foto: pexels.com

Dr. Michele Green, dermatologist dari New York mengatakan jika kegiatan sehari-hari kamu membutuhkan rambut kamu diikat atau dibuat bun, segera lepas ikatan tersebut saat kegiatan kamu selesai. Jangan juga meninggalkan rambut tetap terikat selama tidur. 

Baca juga: Suplemen yang Baik untuk Mengatasi Rambut Rontok

Nah kalau kamu memang butuh hairstyle yang rapi, kamu bisa menggunakan gel dan hairspray untuk membuat rambut kamu tetap di tempat dan rapi tanpa harus terlalu ditarik. Jika kamu harus membuat bun, buat bun lebih ke bawah dan belah rambut sebelum membuat bun tersebut. Cara ini akan meminimalisir kerusakan rambut karena tertarik. Penggunaan wig dan ekstension juga dapat menjadi beban pada rambut dan membuat rambut rusak.

Apa yang biasanya dokter rekomendasikan?

Jika kerontokan juga disertai dengan inflamasi, biasanya akan diberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi. Shampoo antifungal juga membantu mengurangi inflamasi dan bengkak yang mungkin terjadi. Sebenarnya ada banyak penyebab kerontokan seperti pola diet yang tidak sehat, anemia, genetik dan lain sebagainya. Karena itu konsultasi dan uji laboratorium dapat sangat membantu kamu untuk tahu tentang masalah rambut kamu, Ladies!

 

Sumber: Dance Magazine

Must Read

Related Articles