OUR NETWORK

Atasi Mabuk Perjalanan Sampai Cegah Kanker, Ini Manfaat Kesehatan dari Teh Jahe

Atasi Mabuk Perjalanan Sampai Cegah Kanker, Ini Manfaat Kesehatan dari Teh Jahe
Foto: nelliebellie.com

Air jahe biasanya banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk menghangatkan badan saat musim dingin tiba, baik itu di malam ataupun di pagi hari. Efek menghangatkan tubuh dengan cepat membuat teh jahe banyak dibawa-bawa. Banyak juga jenis minuman khas Indonesia yang menggunakan jahe sebagai bahan baku utamanya. Sebut saja wedang ronde, sekoteng, bandrek, dan lain sebagainya. Ternyata, selain menghangatkan tubuh, teh jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Apa saja?

Mengatasi Mabuk Perjalanan

Atasi Mabuk Perjalanan Sampai Cegah Kanker, Ini Manfaat Kesehatan dari Teh Jahe
Foto: verywellfit.com

Bukan tanpa alasan orang-orang meminum teh jahe sebelum melakukan perjalanan. Ternyata, kandungan di dalam jahe bisa mengurangi efek mabuk perjalanan. Bahkan sudah terbukti dalam penelitian jika jahe sangat ampuh mengurangi efek-efek mabuk perjalanan seperti lemah dan pusing-pusing. Jika kamu selama ini masih mengalami mabuk perjalanan, darat, laut ataupun udara, cobalah untuk mengonsumsi teh jahe sebelum berangkat.

Mengurangi Mual dari Morning Sickness atau Chemotherapy

Beberapa ahli percaya jika kandungan aktif di dalam jahe, yakni volatile oil dan phenol yang disebut dengan gingerols bisa membantu mengurangi mual yang disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan, chemotherapy, ataupun juga operasi. Untuk penggunaan teh jahe setelah operasi ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Tapi untuk diminum setelah kemoterapi dan pada saat mual kehamilan, bisa langsung dicoba, Ladies!

Menstabilkan Berat Badan dan Mengontrol Gula Darah

Atasi Mabuk Perjalanan Sampai Cegah Kanker, Ini Manfaat Kesehatan dari Teh Jahe
Foto: livin3.com

Sebuah penelitian di tahun 2012 dari Universitas Columbia, mengambil sampel 10 pria obesitas untuk mengonsumsi teh jahe. Dalam kasus ini, teh jahe yang digunakan adalah jahe bubuk yang diseduh dengan air hangat. Hasilnya, teh jahe bisa meningkatkan perasaan kenyang lebih lama dan mengurangi lapar. Disimpulkan, jahe efektif mengurangi kegemukan. Selain itu, jahe juga ampuh untuk meningkatkan kontrol gula darah di tubuh, mengurangi A1C, insulin, dan beberapa kandungan yang terdapat pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

Pereda Rasa Sakit

Selain itu, jahe juga sudah digunakan selama berabad-abad lamanya dan telah terbukti secara ilmiah. Jahe ditunjukkan sebagai salah satu bahan untuk menghilangkan rasa sakit dari osteoarthritis untuk lutut khususnya. Teh jahe juga ampuh dipercaya untuk meringankan sakit kepala, kram saat menstruasi, sakit otot, dan nyeri jenis lainnya.

Baca juga: Rahasia Selena Gomez Supaya Nggak Gampang Sakit? Jahe!

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Pencegahan Kanker

Atasi Mabuk Perjalanan Sampai Cegah Kanker, Ini Manfaat Kesehatan dari Teh Jahe
Foto: classic105.com

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari jahe adalah memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi stres. Ini lantaran terdapat kandungan antioksidan di dalamnya. Menghirup uap jahe juga digadang-gadang mampu meredakan hidung tersumbat dan masalah pernapasan lainnya seperti halnya pilek ataupun alergi. Peneliti bahkan menunjukkan jika jahe ampuh untuk mencegah kanker. Penelitian di laboratorium menunjukkan jika jahe bisa menangkal beberapa jenis sel kanker, seperti halnya kanker pankreas dan kanker usus besar.

Dengan banyaknya manfaat kesehatan dari teh jahe, ada baiknya untuk rutin mengonsumsinya. Jangan ragu untuk menjadikannya sebagai minuman yang rutin dikonsumsi ya, Ladies.

Sumber: Healthline

Comments