test
OUR NETWORK

Apa Arti Istilah ‘Penyakit Autoimun’ yang Sebenarnya?

Ladies mungkin mengetahui satu atau dua hal tentang sistem kekebalan tubuhmu, yaitu  jaringan yang ingin Ladies pertahankan dalam kondisi prima sepanjang musim. Sistem kekebalan mencakup organ, sel darah putih, dan antibodi (atau protein) yang membantu tubuh kita menangkal penyerang seperti virus dan bakteri. Namun, pernahkah Ladies bertanya-tanya bagaimana jika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi? Selanjutnya, bagaimana jika kerusakan itu melibatkan sistem kekebalan tubuh seseorang yang menyalakannya dan menyerangnya? Dalam kasus ini, orang tersebut dapat memiliki “penyakit autoimun”. 

Apa sebenarnya penyakit autoimun itu? Ladies mungkin pernah mendengar istilah autoimun, terutama selama pandemi. Namun, apa sih sebenarnya arti penyakit autoimun, dan apa bedanya dengan gangguan kekebalan? Dapatkan faktanya di bawah ini!

Pengertian Penyakit Autoimun

Cleveland Clinic mengatakan penyakit autoimun mengacu pada suatu kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan menyerang tubuhnya sendiri alih-alih melindunginya dari virus, bakteri, parasit, dan sel kanker. Tentu saja hal ini tidak berjalan dengan semestinya. Sistem kekebalan dirancang untuk melindungi tubuh dari penyerbu asing dari luar. Sistem kekebalan tidak dirancang untuk menyerang tubuh, dan pemicu penyakit autoimun masih tidak jelas.

Apa Contohnya?

Apa Arti Istilah 'Penyakit Autoimun' yang Sebenarnya?
Foto: freepik

Ada lebih dari 100 penyakit autoimun yang kami ketahui, per Cleveland Clinic.

Beberapa yang umum termasuk:

  • Artritis reumatoid (RA)
  • Lupus
  • Diabetes tipe 1
  • Penyakit Crohn
  • Penyakit celiac
  • Kolitis ulseratif
  • Dermatomiositis
  • Psoriasis
  • Sklerosis ganda (MS)

Dari Mana Asalnya?

Pada pergantian abad terakhir, Paul R. Ehrlich mencatat bahwa seseorang dapat memiliki reaksi kekebalan yang dapat memicu pembentukan antibodi yang berbahaya bagi individu tersebut. Dia menyebutnya sebagai “horror autotoxicus” atau kengerian toksisitas diri. Pada 1950-an, penyakit autoimun menjadi lebih dikenal dan diterima secara luas, menurut tinjauan tahun 2022.

Baca juga: Ladies, Ketahui 4 Penyakit Autoimun yang Paling Sering Menyerang Wanita

Istilah Lain

Beberapa kata terdengar seperti dan bahkan mungkin bingung dengan istilah lain dari autoimun. Berikut adalah beberapa, ditambah apa yang mereka benar-benar berarti.

  • Immunocompromised: Istilah ini menggambarkan sistem kekebalan yang kurang aktif yang berjuang untuk melawan penyerang. Tetapi sistem kekebalan tidak serta merta membuat antibodi berbahaya yang menghidupkan tubuh. Arti lainnya dari immunocompromised adalah imunodefisiensi.
  • Immunosuppressants: Ini adalah obat yang menghentikan sistem kekebalanmu dari merusak sel dan jaringan yang sehat. Penerima transplantasi organ dan orang dengan penyakit autoimun dapat menggunakan penekan kekebalan.
  • Underlying conditions: Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi medis yang menempatkan seseorang pada peningkatan risiko untuk hal lain. Misalnya, diabetes tipe 2 menempatkan orang pada peningkatan risiko COVID-19 yang parah.
  • Antibodies / Antibodi. Sistem kekebalanmu menghasilkan antibodi untuk menghilangkan penyerbu asing seperti virus.
  • Autoantibodies / Autoantibodi. Autoantibodi dapat menghancurkan sel dengan antibodi pada mereka. Akibatnya, sel darah putih lebih mudah merusak sel-sel ini. Beberapa penyakit autoimun dipicu oleh autoantibodi.

 

Sumber: parade.com

Must Read

Related Articles