test
OUR NETWORK

Angka Indeks Massa Tubuh Menentukan Kesehatan, Benarkah?

Body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh sering kali dijadikan indikator untuk menentukan kesehatan seseorang. Lalu, benarkah kalau indeks massa tubuh menentukan kesehatan? Ternyata, menurut penelitian terbaru, indeks massa tubuh bukan lagi pengukuran yang akurat untuk menentukan kesehatan seseorang, lho.

Baca juga: Berat Badan Turun Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ada Masalah Kesehatan!

Apa itu Indeks Massa Tubuh?

Indeks massa tubuh adalah ukuran standar yang digunakan untuk menentukan golongan berat badan yang ideal, sehat, ataupun tidak. Indeks massa tubuh membandingkan berat badan kamu dalam kilogram dengan tinggi badan kamu dalam meter kuadrat.

Contohnya, jika kamu memiliki berat badan 55 kg dan tinggi badan 157 cm atau 1,57 m, maka kamu harus mencari tahu dulu tinggi kamu dalam meter kuadrat. Kalikan terlebih dahulu tinggi badan dalam kuadrat, yaitu 1,57 x 1,57 = 2,4649. Lalu, hitung 55 dibagi 2,4649. Hasilnya, 22,3132 atau (22,3 jika dibulatkan).

Menurut National Health Institute, indeks massa tubuh yang sehat ialah antara 18,5 hingga 22,9. Jika melebihi angka tersebut, seperti 23 hingga 29,9, maka kamu dianggap sudah kelebihan berat badan. Sedangkan, jika melebihi 30, maka kamu termasuk obesitas nih, Ladies.

Berdasarkan contoh perhitungan di atas dan jika dibandingkan dengan kategori berat badan di atas, maka kamu memiliki berat badan yang ideal atau sehat. Meski begitu, berdasarkan penelitian dari University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, indeks massa tubuh bukan satu-satunya indikator untuk menentukan kesehatan.

Benarkah Indeks Massa Tubuh Menentukan Kesehatan?

Dalam penelitiannya, A. Janet Tomiyama membandingkan indeks massa tubuh setiap individu dengan ukuran kesehatan lainnya, seperti tekanan darah, trigliserida, kolesterol, dan kadar gula darah. Lalu, ia menemukan bahwa hampir setengah dari para peserta penelitian dianggap mengalami kelebihan berat badan.

“Banyak orang yang percaya indeks massa tubuh menentukan kesehatan. Padahal, ada puluhan juta orang yang mengalami kelebihan berat badan dan tergolong obesitas, namun sebenarnya sehat,” jelas Janet.

Baca juga: Rilis Aplikasi Diet untuk Anak, Weight Watchers Mendapat Kritik Pedas

Ahli lainnya juga berpendapat bahwa indeks massa tubuh tidak bisa dijadikan satu-satunya indikator untuk menentukan kesehatan seseorang. Beberapa ahli bahkan melihat distribusi lemak dalam tubuh untuk menentukan ideal, sehat atau tidaknya seseorang.

So, jika kamu ingin mengetahui apakah berat badan kamu tergolong ideal atau sehat, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter ya, Ladies. Hal ini karena banyak faktor yang bisa menentukan kesehatan seseorang.

 

Sumber: The Healthy

Must Read

Related Articles