OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Air Kelapa, Bahan Holy Grail Untuk Perawatan Rambut Sehat dari Para Dermatologis

Siapa yang tidak tahu manfaat dari minyak kelapa? Kemampuannya dalam mengunci kelembaban ini tidak hanya membuatnya menjadi salah satu holy grail di dunia skincare, tetapi juga di dunia haircare. Ia dinilai efektif dalam membuat rambut menjadi halus, sehat, tanpa membuatnya tampak terlalu berminyak. Tapi ternyata, tidak hanya minyaknya, air di dalam kelapa juga terbukti memberikan efek yang baik pada rambutmu.

Air di dalam kelapa ternyata kaya akan nutrisi sebagaimana ada di dalam minyaknya. Ia pun mampu menghidrasi tanpa memberikan efek yang berat pada kulit. Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan fitohormon di dalamnya-lah yang bekerja menghidrasi ketika air ini dioleskan secara langsung pada rambut. Bahan yang satu ini dapat menjadi alternatif yang tepat untuk kamu pemilik rambut tipis atau berminyak yang kurang cocok menggunakan minyak kelapa karena dirasa terlalu berat.

“Minyak kelapa kaya akan lemak yang menghidrasi, dengan fungsi yang serupa, airnya memiliki tekstur yang lebih ringan dan tidak akan membebani rambut tipis maupun berminyak,” aku Nazarian menyetujui.

Air Kelapa, Bahan Holy Grail Untuk Perawatan Rambut Sehat dari Para Dermatologis
Foto: thatsugarmoment.com

Selain itu, air kelapa juga memiliki manfaat lainnya yang mendukung kesehatan rambutmu, Ladies.

Pertama, menghidrasi rambut dan membuatnya tampak lebih bervolume. Pada praktiknya, air kelapa bekerja menembus jauh ke dalam batang rambut sehingga menjadi sumber hidrasi yang sangat bagus untuk rambut. Ditambah lagi dengan tidak adanya sifat emolien seperti pada minyak kelapa, di saat bersamaan ia juga dapat membuat rambut tampak lebih bervolume.

Kedua, air kelapa berfungsi menutrisi kulit kepala. Vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam air kelapa bekerja sebagai agen anti inflamasi yang dapat menenangkan hingga menghilangkan gatal pada kulit kepala. Ketiga, mencegah munculnya ketombe. Kemampuan menghidrasi serta sifat anti inflamasinya, membuat air kelapa dapat mencegah pengelupasan akibat kekeringan pada kulit kepala. Hal ini membuat air kelapa dapat dikatakan mampu mencegah serta mengobati ketombe yang diakibatkan dari peradangan atau bakteri.

Keempat, kemampuan hidrasi pada air kelapa juga mampu membuat kelembaban rambut tetap terjaga sehingga rambut menjadi mudah diatur, serta terasa lebih lembut dan berkilau. Hal ini dapat membantu kamu yang memiliki rambut kering dan sulit diatur. Selain itu, air kelapa juga dapat menjadi holy grail untuk kamu yang sedang mengalami rambut rontok, loh! Karena, hidrasi dari air kelapa mencegah rambut menjadi kering yang akhirnya membuat rambut lebih rentan patah dan rontok. Di saat bersamaan, ia juga meningkatkan elastisitas setiap helai rambut dan mencegah terjadinya kerusakan. Kedua hal ini kemudian menjadi manfaat kelimanya, Ladies.

Kabar baiknya lagi, menurut para ahli, holy grail yang satu ini aman digunakan untuk seluruh jenis rambut, termasuk rambut yang diwarnai. Menurut William, teksturnya yang ringan dinilai cukup lembut untuk digunakan pada semua jenis perawatan rambut tanpa terasa berat, apalagi untuk kamu pemilik rambut tipis dan berminyak. Tapi, untuk kamu pemilik rambut kering, meski air kelapa mampu menghidrasi, Nazarian tetap merekomendasikanmu untuk menggunakan minyak kelapa dibandingkan air kelapa. Mengingat, rambut yang kering memerlukan efek melembapkan yang lebih dalam daripada jenis rambut lainnya.

Sebelum menggunakannya pada rambutmu, pastikan air kelapa yang kamu siapkan merupakan air kelapa murni, ya, tidak ada tambahan gula atau perasa di dalamnya.

Air kelapa yang organik akan memberikan manfaat maksimal pada rambutmu tanpa meninggalkan efek lengket. Nah, pada praktiknya, ada beberapa cara nih menggunakan air kelapa untuk perawatan rambutmu. Pertama, kamu bisa menjadikannya air bilasan setelah kamu membersihkan rambut dengan shampo. Cara ini dapat memberikan efek hidrasi tambahan pada rambutmu tanpa mengurangi fungsi dari shampo atau produk lain yang kamu aplikasikan sebelumnya.

Air Kelapa, Bahan Holy Grail Untuk Perawatan Rambut Sehat dari Para Dermatologis
Foto: beautypie.com

Kedua, kamu bisa mencampurkannya dengan shampo atau conditioner itu sendiri. Bila kamu tertarik dengan cara yang satu ini, William merekomendasikan untuk mencampurkan ¼ gelas air kelapa yang telah kamu siapkan dengan produk haircare favoritmu. Atau, ketiga, kamu bisa menggunakan air kelapa ini sebagai penyegar yang menghidrasi rambutmu sehari-hari dengan menjadikannya hydration spray. Campurkan ¼ gelas air kelapa dan 1 gelas air, lalu tuangkan paduan itu ke dalam botol spray. Semprotkan spray pada rambut dan kulit kepala yang basah sebelum menyisirnya.

Baca juga: 5 DIY Hair Mask dari Pisang untuk Rambut Kusam dan Kering

Keempat, kamu juga bisa melibatkannya dalam perawatan mingguan sebagai leave-in treatment. Menurut William, cara ini memungkinkanmu untuk menggunakannya bersamaan dengan minyak favoritmu yang lain. Campurkan air kelapa dengan minyak favoritmu, kocok sebelum digunakan dan dinginkan produk untuk mencegah kerusakannya. Ingat, karena leave-in ini merupakan produk homemade, maka daya tahannya hanya sekitar 7 hari, ya Ladies.

Berbeda dengan cara lainnya, pada cara kelima, kamu tidak mengaplikasikan air kelapa langsung ke rambut, melainkan meminumnya, Ladies!

Air kelapa merupakan sumber elektrolit alami dan banyak vitamin serta mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Kandungan nutrisi yang tinggi ada di dalamnya juga membuat air kelapa dapat mendorong peningkatan pertumbuhan rambut. Antioksidan, lauric acid (asam lemak), cytokinins (protein) dan vitamin serta mineral penting seperti potassium, magnesium, zat besi dan vitamin B sangat baik bagi aliran darah. Hal ini secara langsung memberikan nutrisi pada sel-sel rambut untuk aktif membentuk folikel yang kuat dan mendorong pertumbuhan rambut yang baru.

Well, cara manapun yang kamu pilih, sebelum mengaplikasikannya, hal penting yang perlu kamu lakukan ialah mengenali kebutuhan rambutmu. Karena, hal ini akan membantumu memilih metode apa yang tepat dan efektif untuk mengaplikasikan air kelapa pada area rambut yang membutuhkan nutrisinya. So, selamat mencoba, Ladies.

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles