OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 2)

Menjalani gaya hidup sehat ternyata tidak cukup untuk merawat dirimu dengan baik, Ladies. Lalu apa tanda bahwa kamu tidak merawat dirimu dengan cukup baik? Simak daftarnya di bawah ini, Ladies! 

1. Memiliki otot berkedut di kaki

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Jika Ladies menghabiskan sebagian besar hari dengan duduk di depan komputer atau di depan TV, Ladies mungkin tidak berpikir memikirkan kedutan otot atau kram di kaki yang sesekali terjadi. Namun, direktur medis di Carillon Miami Wellness Resort, Adonis Maiquez, MD, memperingatkan seringnya kejang pada otot dapat mengindikasikan kadar magnesium yang rendah. Seiring waktu, itu dapat menimbulkan masalah kesehatan. “Ini membawa risiko aritmia jantung [detak jantung abnormal],” tambahnya.

Untuk membantu meringankan kedutan tiba-tiba ini, Dr. Adonis merekomendasikan untuk meningkatkan konsumsi makanan kaya magnesium seperti almond, biji labu, dan pisang. Atau, jika dokter menyarankan jumlah yang lebih tinggi dari vitamin esensial ini, pertimbangkan untuk meminum suplemen.

2. Tangan dan kakimu kesemutan

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Kesemutan sesekali memang tidak masalah, tetapi jika tangan dan kakimu kesemutan secara teratur, kata Dr. Adonis, kamu mungkin kekurangan vitamin B12. Jika tidak diobati, kekurangan nutrisi penting ini dapat menyebabkan anemia. Untuk memastikan asupan nutrisimu seimbang, konsumsilah makanan seperti telur, daging, dan susu. FYI, hanya produk hewani yang biasanya mengandung vitamin B12. Jika Ladies menjalani gaya hidup vegetarian atau vegan, suplemen B12 dapat membantu asupan yang cukup.

3. Kulitmu super kering

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Kulit kering menjadi perhatian terutama di musim dingin. Meskipun kulit kering lebih mungkin terkait dengan cuaca, Ladies tetap harus selalu mengawasi bintik pda kulit.  Menurut Janet Prystowsky, MD, bintik-bintik gatal yang bersisik itu bisa menjadi petunjuk bahwa diet rendah lemakmu justru membawamu pada kekurangan asam lemak. Selain menambahkan pelembap harian yang sesuai dengan jenis kulitmu, ia merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak lemak baik untuk menu harianmu. Ladies dapat memilih menu seperti alpukat, kenari, zaitun, dan lebih banyak lemak sehat.

Baca juga: 2 Kesalahan Perawatan Kulit yang Harus Dihindari

4. Muncul breakout

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Meskipun jerawat, sebagian besar, merupakan kondisi genetik dan/atau hormonal, menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan satu (atau lebih) jerawat lebih sering.

“Stres dapat memicu kekambuhan,” katanya. “Telah didokumentasikan dengan baik bahwa stres di tempat kerja atau di sekolah selama periode pengujian dikaitkan dengan memburuknya jerawat,” katanya. “Saat Anda tidur, kadar kortisol secara alami turun.” Penyebab lainnya bisa jadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan bertepung, yang menyebabkan kadar gula darah tinggi, mendorong peradangan. Dr. Zeichner menambahkan susu sapi, dengan penekanan besar pada susu skim, juga dikaitkan dengan flare-up.

5. Kamu selalu lelah di sore hari

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 2)
Foto: pexels.com

Setelah mengikuti lebih dari beberapa rapat yang sebenarnya tidak perlu Ladies hadiri, Ladies mungkin mendapati dirimu menghitung mundur menit sampai tiba waktunya untuk camilan atau rehat kopi. Namun jika Ladies terus-menerus merasa lelah, kata Tania Dempsey, MD, Ladies mungkin mengonsumsi makanan yang salah saat makan siang, yang menyebabkan kehilangan stamina jauh sebelum waktunya. 

Menurut Dr. Dempsey, makanan kaya karbohidrat, seperti pizza, sandwich, atau makanan berbasis roti lainnya, dapat menyebabkan gula darah melonjak dan kemudian turun beberapa jam kemudian. “Gula darah rendah, juga dikenal sebagai hipoglikemia, dapat menyebabkan kantuk dan kelelahan yang dialami orang di sore hari tanpa mereka sadari mengapa mereka merasa seperti itu,” katanya. Untuk menyelamatkanmu dari ngidam sesuatu yang manis atau berkafein, Dr. Dempsey mengatakan untuk fokus pada makan siang yang seimbang dengan protein, lemak, dan sayuran kaya serat untuk menjaga kadar gula darahmu.

Apakah kamu memiliki kesembilan gejala di atas, Ladies? Jika iya, segera perbaiki sekarang sebelum terlambat, Ladies. Semangat!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles