OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 1)

Jika Ladies tidak memiliki masalah kesehatan, Ladies termasuk beruntung. Namun masih ada banyak ruang perbaikan untuk kesejahteraan dirimu, ladies. Faktanya, hal-hal yang Ladies abaikan setiap hari bisa menjadi tanda bahwa kamu sebenarnya tidak terlalu memerhatikan diri sendiri. Baca terus untuk mengetahui apakah Ladies mengalami gejala-gejala ini—dan cara menghindari penyebabnya.

1. Mengalami kabut otak besar

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Setelah bangun dari tidur nyenyak, Ladies bangun tidur dan merasa linglung, lalu kamu pergi tanpa membawa dompet atau ponsel.

Faktanya saat Ladies menjadi pelupa, sebaiknya jangan segera menganggapnya sebagai tanda penuaan, kata Martin G. Bloom, MD, seorang ahli jantung dan ahli kedokteran fungsional. 

Kabut otak dapat dikaitkan dengan hal-hal seperti kurang tidur dan stres, tetapi Dr. Bloom mengatakan kabut otak juga bisa menjadi indikasi sesuatu yang lebih serius, seperti ketidakseimbangan hormon yang berdampak pada masalah kognitif, misalnya. Khususnya bagi wanita, penyimpangan pikiran dapat mengindikasikan disfungsi tiroid. 

“Pertimbangkan tes darah komprehensif yang mengukur semua hormon dan biomarker Anda, dan tes tiroid lengkap yang tidak hanya mengukur hormon tiroid Anda, tetapi juga kemungkinan antibodi tiroid, untuk menentukan akar penyebab kabut otak Anda,” katanya.

Karena mikrobioma usus dapat memengaruhi seluruh tubuh, makan sehat dapat membawa kejernihan dan kemampuan berkonsentrasi yang lebih besar. “Sebagian besar pasien kagum dengan perbedaan yang dapat dibuat oleh usus yang sehat dalam fungsi kognitif mereka. Mereka melaporkan merasa lebih tajam, lebih pintar, dan lebih cepat dengan peningkatan kemampuan untuk fokus, mengingat berbagai hal, dan menyelesaikan tugas mental,” kata Dr. Bloom. Makan lebih banyak makanan probiotik dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma pncernaanmu, Ladies.

2. Gairah seks rendah

Tuntutan pekerjaan atau kesibukan mengasuh anak dapat gairah seksual; begitu juga hubungan bertahun-tahun yang terasa hampa, untuk beberapa pasangan. Bicaralah dengan doktermu tentang tes laboratorium untuk menganalisis hormonmu, seperti testosteron, estradiol, estriol, progesteron, dan banyak lagi. Ketidakseimbangan hormon dapat dikaitkan dengan kondisi yang lebih serius, seperti kelelahan, depresi, penambahan berat badan, dan bahkan masalah jantung. “Tes hormon akan bertindak sebagai peta jalan, dan 99% dari waktu pengujian akan mengungkap akar penyebabnya,” jelas Dr. Bloom.

3. Kamu sangat stres

Baik itu pekerjaan, keluarga, hubungan, atau masalah umum dengan dunia tempat kita tinggal, stres terus-menerus dapat memengaruhi kesehatanmu secara keseluruhan. Hormon stres kortisol dapat tetap tinggi, kata Dr. Bloom: “Ketika kadar kortisol tidak seimbang atau melonjak, ini dapat menyebabkan kita merasa murung, cemas, depresi, atau menderita fungsi kognitif yang buruk–semuanya sama dengan libido yang lebih rendah dan harga diri. Kortisol yang tinggi juga dapat menyebabkan peningkatan lemak tubuh dan peradangan, yang dapat menyebabkan kurang percaya diri, frustrasi, dan berkurangnya energi dan kesejahteraan secara keseluruhan,” katanya. 

Baca juga: 8 Cara Simpel Membuat Pikiran Tenang Saat Sedang Stres Berat

Seperti kabut otak, Dr. Bloom mendorong pasien untuk memulai jalan menuju relaksasi melalui usus mereka. “Stres adalah sesuatu yang dapat dikelola dan diperbaiki dengan dukungan yang tepat, dan pengurangan stres dapat menjadi pemain utama dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan,” tambahnya.

4. Merasa mengantuk sepanjang waktu

9 Tanda Senyap bahwa Kamu Tidak Merawat Diri Sendiri dengan Baik (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Selain membentuk diri berolahraga dan menjaga pola makan yang baik, tidur malammu adalah komponen kunci untuk kesehatan, Ladies. Jadi ketika Ladies berjuang untuk bisa tidur dan tetap tertidur, atau Ladies merasa seperti tidak pernah bisa mendapatkan cukup waktu beristirahat, segeralah berdiskusi dengan dokter secepatnya, saran Dr. Bloom. 

Ada kemungkinan Ladies sedang berjuang melawan sleep apnea—gangguan tidur di mana saluran napasmu kolaps dan mengganggu siklus tidurmu sepanjang malam. Kondisi ini terkait dengan tekanan darah tinggi, penambahan berat badan, dan penyakit jantung. 

Tidur juga penting untuk mengatur ulang jam internalmu, kata Dr. Bloom: “Dalam skenario yang sempurna, tubuh Anda akan memiliki pola tidur regeneratif yang menakjubkan,” jelasnya. “Seiring bertambahnya usia dan beberapa kadar hormon internal ini menjadi tidak seimbang, dan ini dapat menyebabkan efek domino ketidakseimbangan dan kekurangan, sehingga menyebabkan kurang tidur.” Obrolan sederhana dengan dokter dapat mengingatkannya tentang tes yang mungkin Ladies perlukan untuk menemukan apa yang tidak seimbang di tubuhmu, membantu mereka mengubah pola dan memberi Ladies tidur yang dibutuhkan.

Masih ada lima tanda lain yang perlu kamu ketahui, Ladies. Nantikan bagian duanya hanya di MeraMuda ya!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles