OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

9 Fakta Unik Mengenai Suhu Tubuh (Bagian 1)

Apa yang Ladies pikirkan saat mendengar istilah “suhu tubuh”? Mungkin Ladies hanya terbayang suhu panas = sakit, suhu dingin = hipotermia. Namun faktanya ada banyak informasi penting terkait suhu tubuh yang harus kamu ketahui, Ladies. Dengan mengetahui fakta unik mengenai suhu tubuh, kamu dapat mengetahui faktor apa saja yang memengaruhinya dan apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya. Simak ulasan fakta unik tubuh hanya di bawah ini ya!

1. Mengapa wanita tampak lebih sering merasa kedinginan? 

9 Fakta Unik Mengenai Suhu Tubuh (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Wanita memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi dan mampu menghemat lebih banyak panas di sekitar inti tubuh, yang membantu menjaga organ vital tetap hangat, tetapi tidak pada ekstremitas. 

Apa itu ekstremitas? Ekstremitas adalah limb (anggota tubuh) atau pelengkap tubuh, terutama tangan dan kaki. Jika cuaca dingin, Ladies harus memastikan untuk melindungi ekstremitas dari radang dingin dengan mengenakan sarung tangan, kaus kaki hangat, dan sepatu bot. 

Ketika tangan dan kakimu terasa dingin, bagian tubuh yang lain pun akan merasa dingin, jelas  Kathryn Sandberg, direktur Center for the Study of Sex Differences in Health, Aging and Disease di Universitas Georgetown, kepada Reader’s Digest

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita memiliki ambang batas yang lebih rendah untuk pilek daripada pria. Ketika wanita dan pria terkena suhu dinginyang sama, pembuluh darah di jari wanita menyempit lebih banyak daripada pria, itulah sebabnya mereka menjadi pucat lebih cepat.

2. Suhu tubuhmu bukan 37° Celcius

9 Fakta Unik Mengenai Suhu Tubuh (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Angka standar tersebut berasal dari pengukuran pada ribuan pasien yang dihitung oleh dokter Jerman Carl Reinhold August Wunderlich pada abad ke-19—tetapi penelitian yang lebih baru telah membuktikan angka itu salah, menurut Real Clear Science. 

Dengan menggunakan termometer yang jauh lebih akurat, peneliti University of Maryland menemukan bahwa suhu tubuh rata-rata mendekati 36,7° C. Tetapi untuk apa nilainya, suhu tubuhmu pada waktu tertentu tidak mungkin persis 36,7° C. Suhu tubuhmu berfluktuasi sepanjang hari, dari sekitar 36,4° C pada pukul enam pagi hingga 36,94° C pada pukul enam sore. Faktanya, suhu setinggi 37,5° F masih dianggap sehat.

Baca juga: Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Baik Lemak Bagi Tubuh

3. Suhu tubuh semakin rendah seiring bertambahnya usia

9 Fakta Unik Mengenai Suhu Tubuh (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Suhu rata-rata tubuh kita ternyata tidak tetap sama sepanjang hidup. Suhu tubuh memiliki kecenderungan untuk sedikit demi sedikit menurun dari dekade ke dekade, dan perubahan ini menjadi sangat penting pada orang tua. 

Menurut New York Times, penurunan bahkan beberapa derajat dapat menyebabkan demam tidak terdeteksi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatric Society, sekitar setengah dari pasien yang memiliki infeksi memiliki suhu di bawah 38,3°C , meskipun mereka memiliki perubahan besar dalam suhu tubuh (2,4 derajat atau lebih).

4. Ladies tidak kehilangan lebih banyak panas melalui kepala

9 Fakta Unik Mengenai Suhu Tubuh (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Inilah fakta di balik mitos yang telah lama berkembang. Faktanya, kepala hanya mewakili 10% dari luas permukaan tubuh. “Jadi jika kepala kehilangan 75 persen panas tubuh, ia harus kehilangan sekitar 40 kali lebih banyak panas per inci persegi daripada setiap bagian lain dari tubuh Anda,” Richard Ingebretsen, MD, PhD, seorang ahli pengobatan hutan belantara. di Fakultas Kedokteran Universitas Utah, dijelaskan kepada WebMD. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang kehilangan jumlah panas yang sama dari area tubuh mereka yang terpapar. “Alasan sebenarnya kita kehilangan panas melalui kepala kita adalah karena sebagian besar waktu ketika kita berada di luar dalam cuaca dingin, kita berpakaian,” katanya.

Ingin tahu fakta unik lainnya mengenai suhu tubuh? Tunggu bagian duanya ya!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles