OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat

Saluran pencernaanmu dihuni oleh mikroba yang secara kolektif disebut mikrobioma, yang mencakup bakteri, jamur, dan bahkan virus. Meskipun kedengarannya menjijikkan dan bahkan mungkin tidak sehat, faktanya sebenarnya kebalikannya, Ladies. 

Bakteri usus melakukan banyak fungsi penting dalam tubuh termasuk membantu sistem kekebalan tubuh; memproduksi serotonin kimia otak yang membuat perasaan senang; menyediakan energi bagi tubuh dari makanan yang kita makan; dan membuang zat asing dan racun, menurut Lisa Dreher, RDN, ahli diet terdaftar di UltraWellness Center di Lenox, Massachusetts. 

Meskipun sebagian besar dari kita memiliki campuran bakteri baik dan jahat, terkadang bakteri jahat berada di atas angin, menyebabkan dysbiosis, atau ketidakseimbangan bakteri usus, yang dapat berperan dalam sejumlah kondisi kesehatan. Jadi, bagaimana Ladies tahu ketika ususmu memiliki ketidakseimbangan? Tanda-tanda yang jelas ini menunjukkan disbiosis yang berpotensi membuatmu sakit. Simak baik-baik ya!

1. Perut terasa tidak enak

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat
Foto: heartfoundation

Diare, sembelit, kembung, mual dan mulas adalah gejala klasik masalah kesehatan usus. “Ketidaknyamanan gastrointestinal—terutama setelah makan makanan kaya karbohidrat—bisa menjadi hasil dari pencernaan dan penyerapan karbohidrat yang buruk,” kata Dreher. Refluks, penyakit radang usus, sindrom iritasi usus, dan radang usus besar semuanya telah dikaitkan dengan ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus.

2. Ngidam makanan tertentu

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat
Foto: heartfoundation

Mengidam makanan, terutama permen dan gula, bisa berarti Ladies memiliki ketidakseimbangan bakteri usus. Meskipun tidak terbukti, beberapa ahli percaya bahwa jika ada pertumbuhan ragi yang berlebihan dalam sistem, yang mungkin terjadi setelah satu atau dua kursus antibiotik menghapus semua bakteri baik, maka pertumbuhan ragi yang berlebihan itu sebenarnya dapat menyebabkan Ladies menginginkan lebih banyak gula.

3. Timbangan naik atau turun

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat
Foto: heartfoundation

Jenis bakteri usus tertentu dapat menyebabkan penurunan berat badan atau penambahan berat badan—terutama ketika mereka berkoloni di usus kecil, suatu kondisi yang disebut SIBO (small intestine bacterial overgrowth/pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil). 

Terlalu banyak mikroba di usus kecil dapat mengacaukan kesehatan usus dengan mengganggu penyerapan vitamin, mineral, dan lemak. 

“Jika Anda tidak dapat mencerna dan menyerap lemak secara normal, Anda sebenarnya dapat melihat beberapa penurunan berat badan,” kata Dreher. Jenis bakteri lain telah dikaitkan dengan penambahan berat badan, karena mikroba tertentu mampu memanen lebih banyak kalori dari makanan daripada yang lain.

4. Cemas atau merasa sedih

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat
Foto: heartfoundation

Sekitar 80% hingga 90% serotonin, neurotransmitter yang memengaruhi suasana hati, perilaku sosial, tidur, nafsu makan, memori, dan bahkan libido, diproduksi di usus. Ketika lebih sedikit serotonin diproduksi, itu dapat berdampak negatif pada suasana hati. “Ketidakseimbangan mikrobioma usus dapat memicu gejala depresi,” kata Todd LePine, MD, seorang dokter di UltraWellness Center di Lenox, MA.

Baca juga: 2 Perubahan Sederhana untuk Usus yang Lebih Sehat

5. Tidur tidak nyenyak

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat
Foto: heartfoundation

Tidak memiliki cukup serotonin dapat menyebabkan serangan insomnia atau kesulitan tidur, menurut Dreher. Dan Dr. LePine mengatakan kelelahan kronis dan gejala fibromyalgia dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan bakteri usus juga.

6. Kulitmu bertingkah

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat
Foto: medicalnewstoday

Ruam kulit dan eksim, suatu kondisi kronis yang ditandai dengan bercak merah yang meradang dan gatal pada kulit, bisa menjadi tanda kesehatan usus yang buruk karena mereka berkembang ketika ada ketidakseimbangan bakteri usus, menurut Victoria Maizes, MD, direktur eksekutif dari Arizona Center for Integrative Medicine dan profesor kedokteran, kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat di University of Arizona di Tucson, AZ.

7. Memiliki kondisi autoimun

7 Tanda Ususmu Tidak dalam Kondisi Sehat
Foto: healthline

Ketidakseimbangan dalam mikrobioma dapat menyebabkan lebih dari sekadar gejala GI. Menurut Dr. LePine, penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan, yang dikenal sebagai penyakit autoimun, juga dapat menunjukkan ketidakseimbangan. “Rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis terkait dengan ketidakseimbangan bakteri usus,” katanya.

Kalau kamu mengalami tanda-tanda di atas, segera atasi dengan mengonsumsi makanan kaya akan probiotik, seperti kefir, kombucha, dan kimchi. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles