test
OUR NETWORK

4 Kesalahan saat Workout yang Harus Dihindari

Saat ini, kesadaran untuk melakukan workout tampaknya terlihat lebih tinggi daripada sebelumnya. Tren workout di rumah semakin viral di masa pandemi, di mana para instruktur senam mengajak masyarakat untuk menghabiskan waktu di rumah dengan workout.

Nah saat ini Ladies sudah memiliki kebebasan untuk melakukan workout baik di rumah maupun studio latihan. Yang jelas, di mana pun Ladies melakukan workout, Ladies harus menghindari 4 jenis kesalahan yang membuat workout-mu kurang optimal atau bahkan membahayakan tubuhmu, Ladies. Tidak main-main, saran ini datang langsung dari pelatih bersertifikat, Louis Chandler, kepala instruktur di Alo. Simak ulasannya hanya di sini, Ladies!

1. Melewatkan pemanasan

4 Kesalahan saat Workout yang Harus Dihindari
Foto: pexels.com

“Sangat penting untuk melakukan pemanasan di setiap workout Anda,” kata Chandler. Memilih meninggalkan pemanasan dan menyelam langsung ke dalam gerakan workout dapat menempatkanmu pada risiko besar untuk cedera, yang pada akhirnya akan mengganggu rutinitas workout-mu di masa depan.

“Tubuh yang kencang lebih rentan cedera jika Anda mencoba menggerakkannya terlalu cepat atau mengangkat terlalu berat tanpa persiapan otot,” kata Katie Merrick, Pelatih Pribadi Gold’s Gym, NCSF. “Saya suka membandingkannya dengan balon baru. Lebih sulit untuk segera mulai menggembungkan balon. Jika Anda meregangkan dan menggerakkannya dengan baik terlebih dahulu, itu akan lebih mudah mengembang. Tubuh kita sangat mirip.”

Jika Ladies tidak yakin apa yang perlu Ladies capai dalam persiapan pra-latihan, aturan umum yang berlaku adalah Ladies harus mengaktifkan kelompok otot yang Ladies rencanakan untuk digunakan, meningkatkan suhu tubuh, dan memobilisasi sendi. Misalnya, jika Ladies akan berlari, cobalah memasukkan gerakan seperti squat, side lunges, high knees, dan butt kicks ke dalam pemanasanmu. Kemudian, perhatikan apakah larimu terasa lebih ringan. 

2. Berolahraga tanpa rencana

4 Kesalahan saat Workout yang Harus Dihindari
Foto: pexels.com

“Saya selalu suka memiliki rencana tindakan saat memulai latihan karena membantu saya menciptakan konsistensi dengan tujuan saya,” kata Chandler. Jika Ladies sudah menaklukkan rasa malas dan berhasil memasuki gym, Ladies mungkin berpikir, “Okay, selanjutnya apa yang harus kulakukan?”

Nah sebaiknya, yang Ladies lakukan adalah memiliki rencana workout agar benar-benar menikmati waktu latihanmu. Jika Ladies masih kebingungan untuk membuat jadwal latihan sendiri, Ladies dapat melihat inspirasinya dari instruktur workout favoritmu. 

Baca juga: Sudah Olahraga Tapi Nggak Keringetan? Ini Alasannya!

3. Berolahraga tanpa bahan bakar yang tepat

4 Kesalahan saat Workout yang Harus Dihindari
Foto: pexels.com

“Ketika berbicara tentang makanan sebelum berolahraga, saya biasanya merekomendasikan makan camilan kecil sekitar satu jam sebelum berolahraga untuk meningkatkan energi, kinerja, dan kejernihan mental saat berolahraga,” Tamanna Singh, MD, seorang ahli jantung klinis. Kombinasi karbohidrat dan protein akan memanjakan tubuhmu sebelum berolahraga, jadi cobalah makan sesuatu seperti roti panggang selai kacang atau sandwich salad ayam.

Jika Ladies gemar berolahraga di pagi hari, Chandler mengatakan Ladies perlu memutar menu makan setiap hari agar tidak kekurangan bahan bakar untuk sesi pelatihanmu. Ini terutama benar jika Ladies adalah seseorang yang mempraktikkan puasa intermiten. “Saya merasa berolahraga lebih dari jam 10 pagi dengan perut kosong membuat simpanan energi Anda terkuras,” katanya.

4. Gerakan yang terlalu rumit

4 Kesalahan saat Workout yang Harus Dihindari
Foto: pexels.com

Jika Ladies menggunakan media sosial, Ladies pasti tahu bahwa gerakan kebugaran semakin kompleks dari hari ke hari. Namun semewah dan serumit apapun gerakan tersebut mungkin terlihat di layar, melakukan gerakan latihan kompleks ketika dasar-dasarnya masih sulit bagimu itu sangat berbahaya, kata Chandler.

“Melebih-lebihkan latihan Anda dengan latihan yang belum pernah Anda latih sebelumnya hanyalah cara mudah untuk cedera,” katanya. “Selalu kerjakan latihan baru dengan pelatih atau pelatih, atau beban dan pita yang sangat ringan, untuk membangun bentuk.” Ingat: Gerakan “empat besar” yang paling dasar—squat, push-up, pull-up, dan deadlift—dapat membantumu mendapatkan banyak kekuatan. Tinggalkan gerkakan yang tampak mewah itu untuk pamer di TikTok.

Semoga tips di atas membantumu melakukan workout secara tepat dan optimal, Ladies. Semangat berlatih!

 

 

Sumber: wellandgood.com

Must Read

Related Articles