test
OUR NETWORK

2 Perubahan Sederhana untuk Usus yang Lebih Sehat

Menurunkan berat badan itu mudah, tetapi memelihara usus agar tetap sehat, dan selanjutnya akan memperbaiki kesehatan pencernaan secara keseluruhan, adalah persoalan lain yang lebih sulit.

Perlu Ladies ketahui, pencernaan adalah otak kedua tubuh. Hal ini disebabkan oleh pengaruh besar pencernaan terhadap perkembangan otak serta emosi, begitupun sebaliknya. Jadi jika Ladies ingin memiliki tubuh dan emosi yang lebih prima, pastikan untuk menjaga kesehatan pencernaanmu, Ladies, salah satunya adalah usus.

Jika Ladies ingin memperbaiki kesehatan usus, para ahli kesehatan menyarankan kita untuk beralih dari makanan olahan ke makanan sehat usus seperti makanan fermentasi (kefir dan tempe) dan yang berserat tinggi (biji-bijian dan sayuran). 

Makanan-makanan sehat ini telah terbukti secara ilmiah meningkatkan kondisi bakteri usus, yang setara dengan mengurangi kembung, pencernaan lebih baik, dan mengurangi ketidaknyamanan. 

Makan Makanan Fermentasi

2 Perubahan Sederhana untuk Usus yang Lebih Sehat
Foto: pexels.com

Usus mengandung serangkaian mikroorganisme unik, terutama bakteri yang disebut sebagai mikrobioma. Bakteri ini berperan dalam kekebalan tubuh, pengaturan berat badan, hormon, kesehatan mental, dan hampir semua bidang kesehatan dalam beberapa cara. 

Bakteri dalam mikrobioma terdiri dari bakteri baik dan bakteri jahat. Ketika dua bakteri ini tidak seimbang, efek samping negatif terjadi, mulai dari peradangan, pencernaan yang buruk, dan penurunan kekebalan di antara banyak lainnya.

Ahli diet Trista Best dari Balance One memaparkan, “Terdapat dua cara untuk meraih probiotik, zat yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan bakteri baik. Cara pertama adalah suplemen probiotik, cara kedua adalah makanan fermentasi, tetapi seringkali keduanya diperlukan.”

Makanan fermentasi yang dapat Ladies coba adalah yoghurt, kefir, asinan kubis, acar, cuka sari apel, miso, dan kimchi.

Mengapa makanan fermentasi sangat baik untuk kesehatan pencernaan?

“Proses fermentasi membutuhkan banyak bakteri baik. Nah, bakteri-bakteri ini akan tersimpan dalam makanan fermentasi. Ketika tertelan, usus akan mengambil bakteri ini untuk mengisi pasokan bakteri baiknya,” jelas Trista.

Baca juga: 10 Tips Simpel Gut Health yang Dijamin Bisa Meningkatkan Kesehatan Kamu

Makan Lebih Banyak Serat

2 Perubahan Sederhana untuk Usus yang Lebih Sehat
Foto: pexels.com

Serat adalah salah satu makanan terbaik untuk manusia. Makanan berserat memiliki kandungan gizi yang tinggi serta memberi manfaat kesehatan lainnya, seperti penurunan berat badan. Lebih kerennya lagi, ada banyak makanan berserat yang sangat lezat untuk disantap, seperti roti gandum utuh, buah, sayur-sayuran, atau mungkin suplemen serat.

Selain itu, serat pun membantu dalam proses pengaturan gula darah. Semakin banyak serat yang dikonsumsi, semakin lambat gula diserap tubuh. Hal ini tentu saja akan mencegah terjadinya lonjakan glukosa pada tubuh. Terakhir, serat pun membantu mengimbangi kandungan karbohidrat makanan. Perlu Ladies ketahui karbohidrat berserat tidak dihitung sebagai karbohidrat sehingga dianggap lebih bersih daripada karbohidrat biasa. 

Bagaimana Ladies, siap untuk mencoba dua tips ini untuk usus yang lebih sehat?

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles